top of page
  • Gambar penulisEditor

Bagaimana Performa Mesin L300 Euro 4 Dibanding L300 Lama? Ini Kata Konsumen!

"Dengan ban tapak lebih lebar ini, saya biasa bawa 100 Km/jam stabil banget. Malah pernah 140 Km/jam juga masih oke."

Yoga Iswara (28 tahun), konsumen asal Pasuruan tiap hari angkut muatan Probolinggo-Surabaya seberat 3 ton menggunakan L300 Euro 4.


OTOPLUS-ONLINE I Kendaraan niaga keluaran Mitsubishi dikenal dengan keandalan mesinnya. Itulah kenapa, Yoga Iswara (28 tahun), salah seorang konsumen loyal Mitsubishi asal Pasuruan ini selalu menggunakan kendaraan niaga keluaran Mitsubishi, yaitu L300.


Begitu pula ketika PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), memperkenalkan NEW Colt L300 Euro 4 pada 28 Juni tahun 2022 lalu.


Yoga pun memutuskan membeli NEW Colt L300 Euro 4 untuk menunjang usahanya di bidang pertanian, terutama sayur-sayuran.



"Alasan pertama, saya pengin nyoba L300 yang Euro4 ini," lanjut Yoga. Sementara alasan kedua, L300 Euro4 ini lebih panjang, sehingga muatan bisa lebih banyak," kata Yoga yang hampir tiap hari mengangkut hasil pertanian dari Probolinggo-Surabaya.


Saat ditanya lebih lanjut soal usahanya, Yoga pun menuturkan, NEW Colt L300 Euro 4 ini dipakainya mengangkut muatan seberat 3 ton, tepatnya dari Seruni Point (kawasan yang berada di puncak tertinggi Gunung Bromo, Probolinggo) menuju Pasar Keputran, Surabaya.


"Kesan saya, NEW Colt L300 Euro 4 ini lebih kencang dipakai di jalan tol," kata Yoga yang telah melakukan modifikasi pada kaki-kaki, yakni berupa penggantian pelek dari ring 14 (bawaan mobil) ke ring 17, yang dibalut ban milik Innova.



"Dengan ban tapak lebih lebar ini, saya biasa bawa 100 Km/jam stabil banget. Malah pernah 140 Km/jam juga masih oke," ungkap Yoga yang selalu pakai bahan bakar DEX.


"Saya pakai DEX terus, karena belum dapat barcode," senyum Yoga yang sehari keluar duit Rp400 ribu untuk bahan bakar dari Probolinggo-Surabaya sejauh 280 km (PP).


Ya, mulai 1 Desember 2022 lalu Pertamina melakukan uji coba penggunaan QR Code bagi mereka yang ingin membeli solar subsidi.

Meski mesin L300 Euro 4 ini lebih kencang, namun Yoga menyebut karakternya di tanjakan sedikit berbeda dengan L300 lama.


"Kalau pakai L300 Euro 4 ini harus pakai ancang-ancang dulu saat akan melibas tanjakan, mirip seperti mobil dengan mesin bensin," kata Yoga.


"Kuatnya sih kuat, tapi kalau langsung digiring nggak bisa. Beda dengan L300 lama," sergah Yoga.


Sebagai informasi, pada 28 Juni tahun 2022 lalu, PT MMKSI memperkenalkan NEW Colt L300. Dengan pembaharuan di sisi dapur pacu, kini NEW Colt L300 melengkapi seluruh lini kendaraan Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia, dan telah memenuhi regulasi pemerintah berkaitan dengan standar Euro-4, baik untuk mesin bensin dan diesel.


Mitsubishi New Colt L300 Euro4 memakai mesin 4N14 dengan kapasitas silinder 2.268 cc dilengkapi common rail dengan VGT turbocharger serta intercooler sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar dan respon yang cepat.


Mesin ini menawarkan tenaga 99,25 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 200 Nm pada 1.000-3.500 rpm.

Raihan angka tersebut artinya naik hingga 40% dibanding model sebelumnya.


Dengan mesin 4N14 pula, mobil ini dibekali dengan akselerasi yang lebih baik, dan suara mesin yang lebih senyap.


Tak hanya mesin lebih STRONG, model generasi terbaru NEW Colt L300 dihadirkan dengan kelebihan utama pada efisiensi bahan bakar.


Mitsubishi New Colt L300 Euro4 juga telah didukung dengan teknologi Common Rail Direct Injection pada sistem bahan bakarnya.


Sehingga mobil yang satu ini jelas lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Selain itu juga jadi lebih ramah lingkungan sesuai standar emisi Euro4.

Selain itu Mitsubishi New Colt L300 Euro4 mempunyai daya angkut 8% lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya.


Mobil ini memiliki kapasitas kargo yang lebih panjang 200 mm, sehingga mampu membawa barang lebih banyak. Dengan begitu, kendaraan ini mampu mengurangi biaya operasional pengiriman barang dan tentunya lebih hemat dari segi biaya operasional.


Mitsubishi New Colt L300 Euro4 memiliki kabin yang luas dan lega dengan jarak pandang lebih baik.


Apalagi dengan disematkannya power steering dan desain spidometer yang baru membuat pengemudi mobil semakin nyaman berkendara.

Sementara dari eksterior, mobil pick up ini dibekali desain bumper dan grille yang baru dengan aksen krom yang membuatnya lebih manis.


Makin asik untuk kebutuhan niaga karena New Colt L300 Euro4 mudah dirawat berkat ketersediaan suku cadang yang tersebar 169 diler Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia.


Teks: Indramawan

Foto: Handi

bottom of page