• Editor

Bagian Mobil yang Perlu Diperiksa Setelah Dibawa Berlibur

Perhatikan lima poin kelistrikan, oli mesin, radiator, ban, dan kebersihan interior serta eksterior.

OTOPLUS-ONLINE I Momentum libur Lebaran kemarin, kendati ada larangan mudik, tetap masih banyak masyarakat yang melakukan mobilitas menggunakan kendaraan.


Kini setelah libur usai, saatnya pemilik mobil melakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan, agar kondisinya tetap optimal dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.


“Pemeriksaan kondisi kendaraan perlu dilakukan, karena mobilitas libur kemarin biasanya cukup tinggi. Melewati berbagai kondisi jalan. Sehingga kondisi kendaraan harus dicek kembali,” kata Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK).


Ia pun kemudian mencoba memberi panduan 5 poin yang harus diperiksa pemilik kendaraan usai libur lebaran.


Pantau Sistem Kelistrikan

Pemilik kendaraan bisa memeriksa sistem kelistrikan, dimulai dari memeriksa kondisi aki yang berada di dalam mesin. Pada aki biasanya terdapat indikator yang menunjukan kondisi kerjanya.


Bila indikator aki tampak berwarna merah, maka komponen ini harus segera diganti, karena sudah soak. Kalau indikator berwarna putih, maka aki harus segera dicas, dan jika warna biru menunjukkan aki masih prima.


Setelah itu, pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan dengan mengaktifkan sejumlah komponen, seperti lampu sein, lampu hazard, lampu utama, wiper, dan head unit. Seandainya semua komponen bekerja dengan baik, kemungkinan besar sistem kelistrikan kendaraan juga dalam kondisi baik dan optimal.


Intip Kondisi Oli Mesin

Bagian ini memegang peranan penting untuk menunjang kinerja mesin. Apalagi setelah digunakan untuk perjalanan juah. Cara paling mudah memeriksa oli mesin adalah mengecek pada indikator odometer.


Cara mengecek kondisi oli mesin selanjutnya bisa melalui dipstick. Dengan dipstick ini pemilik kendaraan bisa mengecek kualitas dan volume oli dari luar mesin. Bila volume oli di bawah batas minimal, maka bisa ditambahkan oli yang sejenis, dan kalau sudah hitam pekat maka sebaiknya ganti olinya.


Lakukan Pengecekan Radiator

Peranti ini bekerja untuk mendinginkan panas di mesin, selama mesin bekerja keras menjalankan mobil. Kondisi radiator perlu diperhatikan. Kalau pemilik abai memeriksa kondisinya, bisa-bisa kendaraan overheat mesin.


Cara mudah mengecek radiator adalah melalui cairan radiator, masih sesuai standar atau tidak. Jika sudah berkurang, bisa ditambahkan. Pastikan di bagian bawah mobil tidak ada tetesan kebocoran cairan radiator.


Periksa Keadaan Ban

Sebagai komponen bawah mobil yang paling bekerja keras selama perjalanan. Disamping menopang bobot kendaraan, juga kontak secara langsung dengan permukaan jalan.


Untuk itu pemilik kendaraan perlu memeriksa kondisi ban, baik dari segi ketebalan ban, maupun sebatas tekanan anginnya.


Ban kurang angin, dapat segera ditambah sesuai rekomendasi pabrikan mobil. Pemilik mobil bisa melihat rekomendasi tekanan dan ukuran ban dari pabrikan, yang tertera pada pilar pintu pengemudi. Ban yang permukaannya sudah tipis atau tidak rata, disarankan segera ganti ban baru.


Bersihkan Interior & Eksterior

Menjaga kebersihan eksterior dan interior mobil jelas dapat memberi kenyamanan tersendiri bagi penumpang.

Bersihkan sampah, remah-remah sisa makanan dan barang-barang yang sudah tidak digunakan pada area interior. Lanjut dengan mencuci eksterior menggunakan shampo khusus yang diperuntukan bagi body mobil.


Teks: Setiawan AS

Foto: DFSK