• Editor

Bamsoet Gerak Cepat Selesaikan Masalah Ditundanya Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika!

IMI ajak pengelola Sirkuit Internasional Sentul dan Pertamina Mandalika International Street Circuit siapkan marshal sesuai ketentuan FIM.

Bamsoet menugaskan Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor, Sadikin Aksa, dan Badan Pembina IMI, Tinton Soeprapto yang juga pengelola Sirkuit Internasional Sentul untuk mengurus teknis implementasi di lapangan (Foto: Instagram @bambang.soesatyo)


OTOPLUS-ONLINE I Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang sedianya digelar di Sirkuit Mandalika pada Minggu, 14 November 2021 batal digelar. Penyebabnya adalah, pihak sirkuit dinilai tak mampu memenuhi aspek minimum keselamatan.


Melalui akun instagram-nya, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo memberikan penjelasan terkait hal ini, termasuk langkah-langkah yang diambil.


Baca juga: Komentar Presiden Jokowi Usai Jajal Sirkuit Mandalika dengan Motor Custom Miliknya


Menurut Bamsoet sapaannya, sesuai peraturan FIM (The Fédération Internationale de Motocyclisme), seharusnya terdapat setidaknya delapan orang marshal di setiap pos.


"Saya yang bertanggung jawab sebagai Ketua Umum IMI selaku regulator yang mewakili Federasi olahraga otomitif dunia di Indonesia. Dan kita akan segera memenuhi kelengkapan aspek keselamatan sesuai dengan peratuan yang dikeluarkan FIM," tegas Bamsoet.

Untuk itu, Bamsoet memastikan IMI sebagai perpanjangan tangan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sekaligus Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) akan menyelesaikan berbagai permasalahan terkait penyelenggaraan The Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 serta World SuperBike 2021.


"IMI dan Pengelola Sirkuit Internasional Sentul akan bergotong royong dengan pengelola Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam menyiapkan marshal untuk memenuhi ketentuan FIM yang mengharuskan setidaknya terdapat delapan marshal di setiap pos sirkuit," kata Bamsoet.


Baca juga: BMW 330e M Sport dan BMW X3 xDrive30e Jadi Safety Car di Sirkuit Mandalika


Ditambahkannya, IMI dan kedua pengelola sirkuit internasional tersebut juga akan bergotong royong dalam berbagai hal teknis lainnya terkait pemenuhan prosedur keselamatan kejuaraan.


"Untuk itu IMI menugaskan Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor, Sadikin Aksa dan Badan Pembina IMI, Tinton Soeprapto yang juga pengelola Sirkuit Internasional Sentul untuk mengurus teknis implementasi di lapangan," ujar Bamsoet di Kantor IMI Pusat, di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Senin, 15 November 2021.


Baca juga: Honda ADV150 Jadi Kendaraan Operasional di Sirkuit Mandalika


Lebih lanjut Bamsoet menegaskan gelaran IATC 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat hanya diundur beberapa hari, dan tidak dibatalkan!


"Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku regulator olahraga otomotif di Indonesia, anggota federasi balap motor internasional atau Federation Internationale Motocyclisme (FIM) melalui Wakil Ketua Umum IMI Bidang Roda Dua, Sadikin Aksa telah mendapat konfirmasi dari pihak Dorna Sports dan Mandalika Grand Prix Ascosiation (MGPA), bahwa putaran final ATC yang terdiri atas empat balapan akan tetap berlangsung dari 19 hingga 21 November mendatang," ujar Bamsoet.


Baca juga: Kolaborasi MGPA, IMI, dan Dyandra Promosindo Kembangkan Sport Tourism


Sementara itu, pihak Asia Talent Cup menegaskan bahwa masalah itu kini telah selesai ditangani demi balapan yang harus berlangsung aman bagi pembalap.


"Dorna Sports, bersama dengan MGPA telah mengkonfirmasi bahwa final musim ATC akan terdiri dari empat balapan dan berlangsung dari 19 hingga 21 November, bersama kejuaraan World Super Bike," pungkas Bamsoet.


Teks: Indramawan