• Editor

Bedah Suspensi New Peugeot 3008 dan 5008 SUV Active

Dipasarkan Rp 130 juta lebih murah, spesifikasi suspensi Peugeot 3008 dan 5008 Active tak beda dengan varian Allure Plus.

OTOPLUS-ONLINE I Astra Peugeot menghadirkan varian Active pada line up produk New 3008 SUV dan New 5008 SUV sebagai alternatif pilihan buat mereka yang mengidamkan sebuah SUV Eropa harga lebih terjangkau.


New 3008 SUV dan 5008 SUV varian Active dipasarkan Rp 130 juta lebih murah dibandingkan varian Allure Plus yang dipasarkan dengan harga Rp 720 juta (3008) dan Rp 775 juta (5008).


Baca juga: Jajal Peugeot 3008 SUV Allure Plus (5-Habis): Impresi Berkendara


Beberapa fitur dipangkas untuk membuatnya lebih terjangkau, di antaranya panoramic roof, dan lapisan kulit pada jok. Roof rail dan aksen krom di spion juga ditiadakan.


Namun soal spesifikasi teknis, tidak ada perbedaan termasuk spesifikasi suspensinya. Kemampuan pengendalian dan kenyamanan suspensi varian Active diklaim tak berbeda dengan apa yang disuguhkan varian Allure Plus.


Baca juga: New Peugeot 3008 dan 5008 SUV Dipasarkan Mulai Rp 590 Juta


“Bicara kenyamanan, produk ini setara dengan varian sebelumnya (Allure Plus),” ucap Fadjar Tjendikia, Finance and Marketing Department Head Astra Peugeot.

Suspensi belakang dilengkapi active roll control yang mengeliminir gejala limbung di tikungan


Fadjar menambahkan, “Hal itu dikarenakan sistem dan komponen suspensi masih sama dengan varian sebelumnya yaitu GT-Line dan Allure Plus. Sistem suspensi depan independen McPherson Strut dengan suspensi belakang model trailing arm dengan transverse torsion bar dan active roll control."

Merek dan ukuran ban sama dengan bawaan varian Allure Plus


Sementara itu Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot menambahkan, varian Active bahkan memiliki ukuran dan merek ban yang sama yaitu Continental ukuran 225/55-R18 meskipun desain peleknya berbeda dengan Allure Plus atau GT-Line.

Karakter redaman suspensi khas kendaraan Eropa yang menyodorkan kenyamanan level atas


Spesifikasi suspensi yang didukung dengan peredam kejut hidrolik itu membuat mobil tidak mudah limbung di tikungan dan mampu meredam kejutan saat melintas di jalan yang tidak rata. Peugeot 3008 dan 5008 Active pun tetap mampu memberikan kenyamanan level tinggi.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto