top of page
  • Gambar penulisEditor

Bedah Teknologi dan Fitur Yamaha E01, Skuter Listrik yang Mulai Diuji Coba Masyarakat

Sebanyak 20 unit Yamaha E01 akan mulai diuji coba oleh masyarakat umum, simak cara mengikutinya.

OTOPLUS-ONLINE I Yamaha Indonesia kini secara resmi memulai program Market Test terhadap kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) terbarunya, yaitu E01.


Sebelumnya, Yamaha E01 mengawali debut masih sebatas produk konsep di ajang Indonesia International Motor Show (IIMOS) 2022 pada April lalu.


Terkait dengan dimulainya program Market Test untuk Yamaha E01 ini, Yamaha Indonesia mengungkap teknologi dan fitur skuter listrik ini.

“Saya merupakan salah seorang yang terlibat pada proyek Yamaha PAS dan Skuter EV di Yamaha Motor Japan sebelum datang ke Indonesia," buka President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., Minoru Morimoto pada kegiatan E01 Media Test Ride yang berlokasi di Pelangi Park, Sentul, Bogor pada Selasa, 25 Oktober 2022.



"Memimpin tim engineering skala besar untuk mengembangkan kendaraan listrik. Dari pengalaman saya di bidang tersebut, dan melihat dari perspektif Yamaha Motor saat ini, saya bisa katakan bahwa Yamaha sangat mempertimbangkan sebuah konsep dan selalu berusaha untuk dapat berbeda serta unik dari para kompetitor, termasuk dalam mengembangkan produk EV di masa depan seperti halnya dengan model E01 yang saat ini akan kita test ride,” ungkapnya

Sebanyak 20 unit Yamaha E01 akan mulai diuji coba oleh masyarakat umum. Tahap awal akan berlangsung di 4 kota besar di Indonesia yang meliputi Jakarta, Bandung, Bali dan juga Medan dengan total target peserta sebanyak 4.000 orang yang dimulai pada bulan November di tahun 2022 ini.

Bukan tanpa alasan, ke-4 kota tesebut dipilih sebagai lokasi uji kendara E01 karena dinilai merepresentasikan karakter jalan, medan geografis, cuaca, suhu udara, serta tingkat eksistensi pengguna EV yang beragam sebagai bahan evaluasi dari market test itu sendiri.


Bagi masyarakat yang ada di wilayah Jakarta, Bandung, Bali dan Medan yang tertarik untuk mengikuti program market test E01, dapat melakukan pendaftaran online melalui link maupun QR code yang tersedia di dealer Yamaha ataupun aplikasi My Yamaha Motor.


Selanjutnya, jika sudah mendapatkan balasan melalui email atau pesan WA, peserta dapat langsung datang ke Flagship Shop atau Sentral Yamaha untuk memenuhi persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Setelah itu, peserta bisa memulai uji kendara E01 dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Untuk mendukung program market test E01, Yamaha telah menyiapkan fasilitas Fast Charger untuk mengisi ulang daya batrai motor yang tersedia di DDS maupun Sentral Yamaha.


Selain itu, jika peserta mengalami kendala pada saat melakukan uji kendara, layanan dalam bentuk Service Kunjung Yamaha (SKY) maupun Yamaha Emergency Service 24 (YES 24) juga telah disiagakan.



Mengenai informasi lebih lanjut terkait program market test E01 silahkan hubungi contact center Yamaha di nomor 021 2457 5555 / 021 461 8000.

Sementara itu, untuk dapat memberikan pemahaman kepada para peserta yang akan berpartisipasi dalam program market test E01, berikut ini adalah informasi singkat mengenai keunggulan produk, baik dari sisi desain, fitur berkendara hingga teknologi baterai dan sistem pengecasannya.


Futuristic Design

E01 tampil dengan konsep Human-Centric Justaposed Design yang menonjolkan kesan modern serta cleanness. Konsep ini menggabungkan dua objek, tema, material dan warna sehingga menghasilkan visualisasi yang sangat kontras.


Bagian body motor dibalut dengan warna putih Mutiara, sementara bagian part fungsional diberi sentuhan warna hitam.


Stripping dan logo Yamaha juga hadir dengan tema warna Cyan atau “Yamaha Aqua”. Ini merupakan gabungan dari warna biru racing Yamaha yang ikonik dengan warna hijau yang merepresentasikan warna alam.


Powerful Electric Scooter

E01 dilengkapi dengan sumber tenaga baterai lithium Ion yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 8.1 kW.


Dengan tenaga itu, kendaraan listrik ini bisa mencapai kecapatan tertinggi hingga 100km/ jam, bergantung pada kondisi jalan, bobot serta cara berkendara penggunanya.


Driving Mode

Untuk mengakomodir karkater berkendara penggunanya yang beragam, E01 juga dilengkapi dengan 3 mode berkendara, yaitu Power, Standard dan Eco.


Mode Power sangat cocok digunakan untuk menghadapi jalanan menanjak yang membutuhkan tenaga dan akselerasi tinggi.


Lalu mode Standard, bisa digunakan untuk berkendara di jalanan perkotaan yang cendrung datar sehingga tidak membutuhkan tenaga besar dalam bermobilitas.


Sementara mode Eco, disarankan untuk digunakan ketika melakukan perjalanan jarak jauh untuk menghemat konsumsi baterai.


Drive Mode Max. Power Max. Torque

Power (PWR) 8.1kW/5,000r/min 30.2Nm/1,950r/min

Standard (STD) 8.1kW/5,000r/min 24.5Nm/1,500r/min

ECO 5.4kW/4,500r/min 21.4Nm/1,500r/min


EV Motor

Salah satu keunggulan dari kendaraan listrik E01 adalah motor penggerak listrik yang memiliki rpm tinggi. Mampu menghasilkan tenaga sebesar8.1kW/5,000r/min dan torsi 30.2Nm/1,950r/min dalam mode berkendara power, membuat tarikan motor tetap responsif ketika berkendara tandem dan melwati jalan menanjak.


Lithium Ion Battery

E01 menggunakan sumber tenaga fixed baterai berjenis Lithium Ion yang dilengkapi dengan built ini Battery Management System.


Memiliki kapasitas sebesar 4.9 kWh dan daya 87.6 V / 56.3 Ah membuat E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km berdasarkan internal test dengan kecepatan konstan 60 km/jam dalam kondisi bateri terisi penuh.


Reverse Mode

Kendaraan listrik E01 juga telah dilengkapi dengan fitur Reverse Mode yang memudahkan penggunanya ketika sedang parkir.


Dengan hadirnya fitur ini, pengendara dapat berkendara mundur dengan kecepatan 1 km/ jam. Adapun cara untuk mengoperasikan fitur ini cukup dengan menekan dan menahan tombol “R” yang berada di bagian kiri stang, hingga muncul tulisan “R” pada layar mode berkendara yang diikuti dengan menyalanya lampu indikator berwarna orange.


Setelah itu, lanjutkan dengan menekan dan menahan tombol “Mode” pada stang kemudi di sebelah kanan untuk menggerakan motor mundur ke belakang.


Regenerative Brake

Fitur unggulan lain yang terdapat pada skutik listrik ini adalah Regenerative Brake. Fitur ini berfungsi layaknya engine brake pada motor konvensional (Internal Combustion Engine) sehingga membuat proses deselarasi menjadi lebih halus.


Y-Connect

E01 telah dilengkapi dengan fitur Y-Connect dan juga SIM card bersifat build in. Dengan hadirnya Y-Connect, pengguna bisa mendapatkan informasi terkait waktu pengisian baterai, jarak tempuh baterai, konsumsi baterai, lokasi parkir, histori pejalanan terkahir, rute berkendara, rata-rata kecepatan, ODO meter, dan notifikasi ketika baterai sudah penuh serta saat motor mengalami malfungsi.


Selain itu, E01 juga dilengkapi dengan perangkat GPS (anti-theft) yang memungkinkan penggunanya dapat memantau lokasi motor secara real time, meskipun motor dalam kondisi mati dan berada jauh dari penggunanya.


3 Charger Option

Kepraktisan dan kemudahan bagi para pengguna E01 dalam mengisi daya baterai kendaraan diberikan oleh Yamaha melalui hadirnya 3 opsi charger yang tersedia, yaitu Fast Charger, Normal Charger, dan juga Portable Charger.


Portable Charger

  • Voltage: 100-240 V

  • Frequency: 50/60 Hz

  • Current: 4.7 A - 2 A

  • Charging Duration: 14 hours (0% - 100%)

Normal Charger

  • Voltage: 200-240 V

  • Frequency: 50/60 Hz

  • Current: 6 A

  • Charging Duration: 5 hours (0% - 100%)

Fast Charger

  • Voltage: 220 V

  • Frequency: 50/60 Hz

  • Current: 130 A

  • Charging Duration: 1 hours (0% - 90%)*


Teks: Indramawan

Foto: YIMM, Dok. Otoplus-Online

Comments


bottom of page