top of page
  • Gambar penulisEditor

Bedah Teknologi Honda CBR250RR Bersama MPM Honda Jatim

Pengembangan CBR250RR di sektor mesin, rangka dan elektrikal untuk meningkatkan performa dan penggunaan super sport.

Honda CBR250RR SP QS.


OTOPLUS-ONLINE I PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT menggelar kegiatan workshop "Bedah Teknologi Honda CBR250RR & Safety Riding For Jurnalis" di MPM Learning Centre dan Safety Riding Center, Sedati Sidoarjo pada 20 Juli 2023.

Teguh Hariyanto dari Technical Service Division MPM Honda Jatim.


Teguh Hariyanto dari Technical Service Division MPM Honda Jatim menuturkan, “Pengembangan yang diterapkan pada CBR250RR menjamah sektor mesin, rangka dan elektrikal, dilakukan untuk meningkatkan performa dan penggunaan super sport. Kebaruan utama yang disematkan di antaranya, ABS, engine power up, assist slipper clutch, quick shifter dan upside down SFF BP.“

Improvement pada fork depan meningkatkan kemampuan pengendaliannya.


Dari dimensi secara total panjangnya bertambah 1 mm jadi 2.061 mm, tinggi terdongkrak 146 mm jadi 1.144 mm imbas redesign windshield, sementara ground clearance naik 3 mm jadi 148 mm.


Kenyataannya pengembangan yang diterapkan pada CBR250RR selain tampilan body cover, fairing dan windshield cukup banyak.

Kehadiran fitur quickshifter memungkinkan naik gigi tanpa menarik tuas kopling.


Basic mesin masih sama, dikembangkan dari CBR250R 2016 yang menggunakan unit 4-tak, 250 cc, dua silinder DOHC 4 katup dengan diameter 62 mm x 41,36 mm.


Detail pengembangan pada versi 2022 di sektor mesin mencakup lifter assy tensioner yang dibuat lebih kaku sehingga memastikan ketegangan rantai lebih stabil untuk mengimbangi peningkatan tenaga, cylinder head component seperti perubahan pada camshaft juga pembesaran diameter intake dan pengurangan permukaan kepala silinder, gear component starter reduction, ring piston, flywheel component lewat pengurangan diameter flywheel sehingga memangkas bobotnya 20 gram, cover AC generator.



Perbandingan kompresi naik jadi 12,5:1 dari sebelumnya 12,1:1. Ubahan disempurnakan dengan pengembangan pada ECM (Electronic Control Module) yang diciptakan untuk menyesuaikan kenaikan tenaga dan karakter mesin.


Hasil dari seluruh pengembangan itu tenaganya meningkat jadi 42 PS pada 13.000 rpm dari sebelumnya 41 PS juga di 13.000 rpm.


Menyesuaikan kenaikan performa,transmission gear disesuaikan lewat perubahan semua angka rasio gigi pada shaft assy main & counter yang juga dibarengi dengan perubahan pada sproket belakang dari sebelumnya 41 menjadi 42.

Achmad Hilmy, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.


Sebelum mencobanya, Achmad Hilmy, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim memberikan tips-tips berkendara dengan motor sport ini utamanya penggunaan fitur baru quick shifter dan assist slipper clutch termasuk memaksimalkan fungsi rem ABS.



Untuk kegiatan ini, MPM Honda Jatim menyiapkan masing-masing satu unit Honda CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter.

Dihelat di Safety Riding Center MPM Honda Jatim, Sedati, Sidoarjo.


“Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus wujud apresiasi kepada media serta ingin mengenalkan produk honda secara langsung dan lebih dekat sekaligus merasakan langsung fitur-fitur serta performa terbaik yang ada pada Honda CBR250RR,” kata Vinensia Kenanga, Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim.



Honda CBR250RR hadir dalam 3 pilihan varian. Varian Standard dengan dua pilihan warna, Black Freedom dan Mat Gunpowder Black Metallic ditawarkan Rp 63.199.500.

Honda CBR250RR SP.


Varian SP dengan pilihan warna hanya Mystique Blue harganya Rp 76.569.000. Kemudian varian SP QS yang punya tiga pilihan warna, Bravery Red Black, Honda Racing Red dan Tri Color price listnya Rp 80.269.000 (on the road Surabaya).


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page