top of page
  • Gambar penulisEditor

Berkendara Irit Bahan Bakar Saat Turing Wajib Perhatikan Empat Hal Berikut Ini

Jaga kondisi motor tetap prima, gunakan motor dengan baik, bawa barang sesuai kapasitas, manfaatkan teknologi dan fitur.

OTOPLUS-ONLINE I Turing menjadi kegiatan yang banyak diminati bikers. Namun demikian, tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan, terutama jika perjalanan jauh dan memakan waktu berhari-hari. Namun jangan khawatir, pengeluaran biaya tersebut dapat diminimalisir dengan cara berkendara irit bahan bakar.


“Bikers yang doyan melakukan turing untuk menikmati kenyamanan maksimal motornya, perlu menguasai tata cara berkendara yang irit bahan bakar, karena cukup efektif dalam menghemat pengeluaran biaya saat perjalanan,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.


Turing jadi kegiatan yang menyenangkan bagi bikers


Lebih lanjut Antonius Widiantoro mengatakan, agar bisa berkendara irit bahan bakar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara, baik dari segi kondisi motor, penggunaan motor, hingga pemanfaatan fitur.

Untuk lebih jelasnya mari simak tips berkendara irit yang diberikan Yamaha Indonesia Motor Mfg. berikut ini.



Kondisi Motor Prima

Servis berkala jadi cara yang mudah untuk pastikan motor selalu prima


Kondisi motor yang prima menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang keiritan berkendara. Sebelum berkendara pastikan motor dalam kondisi baik.


Perawatan berkala seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara juga perlu dilakukan untuk menjaga tarikan motor tetap optimal, sehingga konsumsi bahan bakar tidak boros.

Pastikan tekanan udara dalam ban tetap normal


Bahkan hal remeh seperti pemeriksaan tekanan ban dalam kondisi normal juga harus dilakukan. Karena apabila ban kekurangan angin, maka tarikan motor menjadi berat dan ini membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros.


Gunakan Motor dengan Benar

Selain kondisi motor yang prima, hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjaga keiritan bensin adalah cara berkendara. Semakin agresif gaya berkendara dengan bukaan gas dan pengoperasian rem yang tidak teratur akan membuat bensin motor menjadi sangat boros.

Hindari buka-tutup gas dan pengereman secara mendadak


Oleh karena itu, perlu cara berkendara yang smooth atau halus dalam hal pengoperasian motor. seperti membuka gas perlahan dan menjaga kecepatan konstan. Lalu, tidak melakukan pengereman secara mendadak (terkecuali emergency) sehingga suplai bensin yang dialirkan ke ruang bakar menjadi lebih terukur dan irit.


Bawa Barang Sesuai Kapasitas

Satu hal lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga keiritan bensin adalah dengan tidak membawa barang yang melebihi kapasitas angkut motor. Biasanya saat hendak turing, motor kerap dipasangi dengan touring box pada sisi kanan, kiri dan belakang body motor untuk menaruh barang tanpa mengindahkan kemampuan daya angkut motor yang berujung pada kelebihan beban.

Hindari bawa barang berlebihan


Kondisi overload ini, selain membuat kinerja mesin menjadi berat yang berimbas pada borosnya bensin, juga membahayakan bagi pengendara karena dapat menghilangkan keseimbangan motor, terutama saat sedang bermanuver.


Manfaatkan Teknologi & Fitur Motor

Motor baru saat ini dilengkapi fitur melimpah yang memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi pengendara. Untuk itu, pahami fungsi masing-masing fitur ini.

All New NMAX 155 Connected dilengkapi berbagai fitur dan teknologi untuk berkendara ekonomis


Pada motor Yamaha misalnya yang telah dilengkapi teknologi dan fitur fungsional untuk mendukung terciptanya efisiensi bahan bakar.



Ambil contoh mesin Blue Core yang irit, fitur Stop & Start System yang mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti, hingga adanya Eco Riding indicator pada speedometer atau aplikasi Y-Connect untuk memberitahu bahwa pengendara sedang mengoperasikan motor dalam kondisi irit bahan bakar.


Untuk Eco Riding Indicator pada aplikasi Y-Connect, fitur satu ini dapat ditemukan pada All New NMAX 155 Connected dan All New Aerox 155 Connected.


Teks: Indramawan

Foto: YIMM, Dok, OTOPLUS-ONLINE

bottom of page