top of page
  • Gambar penulisEditor

BMW Seri 3 Terbaru Dipasarkan di Surabaya dengan Harga 1M-an

The New 3 hadir dalam dua varian, BMW 320i M Sport dan BMW 330i M Sport Pro.

OTOPLUS-ONLINE I BMW Astra meluncurkan BMW Seri 3 LCI (Life Cycle Impulse) di Surabaya pada 5 Desember 2022. The New 3 hadir dalam dua varian, BMW 320i M Sport dan BMW 330i M Sport Pro.

Untuk BMW 330i M Sport Pro kini dibekali lampu depan full-LED adaptif. Efek cahaya biru di bawah unit lampu depan juga memberikan tampilan mewah dan mencolok pada bagian depan pada saat gelap. Tampak juga Apron belakang baru dengan desain yang ‘clean’ dan modern.


Sanfrantis Tanu Chief Executive Officer BMW Astra menyampaikan, “BMW Seri 3 terbaru hadir dalam beragam penyempurnaan mulai dari desain eksterior yang membuat kendaraan tampil lebih sporty dan dinamis, desain interior modern juga mewah, hingga fitur teknologi inovatif BMW Curve Display.”

Lampu depan dan BMW kidney grille dengan kontur yang sedikit dimodifikasi dan double bars baru memberikan tampilan kidney grille BMW lebih kokoh dan bertenaga. Pada 320i, kidney grille-nya dilapis alumunium satin chrome


Pembaruan eksterior menjamah sisi depan dan belakang dengan penekanan pada performa dan penampilan sporty khas BMW Seri 3. Struktur dan kontur dibuat jelas dan dinamis.

Air intakes berwarna hitam mengilap ditempatkan di bawah kidney grille mendinginkan sistem pengereman dan menambah sentuhan canggih


Desain apron dan air intake yang besar juga lampu depan yang didesain ulang dengan kidney grille baru memberikan tampilan visual yang kuat pada kendaraan ini.

BMW 330i M Sport Pro dibekali pelek 19 inci sebagai standar


Rangkaian warna eksterior telah diperbanyak dan menyertakan Skyscraper Grey metallic dan M Brooklyn Grey metallic sebagai bagian dari paket M Sport.


Sementara pembaruan di sektor interior menurut OTOPLUS-ONLINE bukan sekadar facelift tapi all new. BMW Curved Display beresolusi tinggi yang dilengkapi dengan BMW iDrive dan BMW Operating System 8 menghadirkan modernitas yang diterapkan pada sektor interior.

BMW Curved Display seperti di BMW iX. Memadukan layar infotainment 14,9 inci dan driver display 12,3 inci yang berorientasi ke pengemudi sehingga mudah dipantau dan mengontrolnya.


Driver display di belakang kemudi berukuran 12,3 inci disatukan dengan infotaintment display berukuran 14,9 inci menghadirkan desain kokpit mutakhir.


BMW iDrive dan BMW Operating System 8 kini semakin cerdas, sistemnya memiliki digitalisasi progresif sehingga memungkinkan jumlah tombol dan kontrol dikurangi secara signifikan.



Pengalaman kendaraan multi-sensory BMW iDrive dengan BMW Operating System 8 generasi terbaru yang diperkenalkan pada BMW Seri 3 terbaru memimpin jalan menuju masa depan digital dengan konektivitas yang kuat dan kemampuan pemrosesan data, ditambah interaksi intuitif antara pengemudi dan kendaraan.


Hal yang paling terlihat adalah BMW Curved Display dan kemampuan tambahan dari BMW Intelligent Personal Assistant.

Sistem kontrol iklim otomatis dengan penyesuaian tiga zona dipasang sebagai standar di BMW Seri 3 terbaru. Fungsi iklim hanya bisa dioperasikan dengan perintah suara atau sentuhan melalui tampilan kontrol.


Instruksi lisan atau suara yang diformulasikan secara alami sekarang dapat digunakan untuk menyesuaikan AC dan membuka atau menutup jendela samping atau sunroof kaca panoramik. Fungsi sistem bantuan pengemudi pada BMW Seri 3 terbaru dapat dikontrol dengan perintah suara.



Saat BMW Intelligent Personal Assistant sedang digunakan, grafik baru muncul di layar yang menekankan sistem karakter yang interaktif. Grafik muncul di tempat yang tepat untuk terlibat dengan orang yang berbicara, memvisualisasikan bagaimana sistem mendengarkan dengan penuh perhatian terhadap apa yang dikatakan.

Desain tuas transmisi baru berukuran mini


BMW Seri 3 terbaru kini hadir dengan transmisi Steptronic delapan percepatan dengan tuas transmisi berdesain baru yang didesain mini.


Diposisikan di panel kontrol di konsol tengah bersama dengan tombol Start / Stop, iDrive Controller, tombol Driving Experience Control, rem parkir dan fungsi kendaraan lainnya.



Tersedia sebagai opsi adalah transmisi Steptronic Sport delapan percepatan, yang menonjol dengan dinamika perpindahan gigi yang sangat tajam, menyediakan fungsi Launch Control untuk akselerasi yang dioptimalkan dengan traksi dan membuka semburan daya ultra-cepat jarak menengah dengan Sprint-nya.

Jok Sensatec dipadukan dengan suede selaras dengan trim M Sport


Beberapa fitur yang sebelumnya merupakan opsional kini jadi spesifikasi standar termasuk kaca spion yang meredup secara otomatis, paket penyimpanan tambahan dan Park Distance Control (PDC) dengan sensor di bagian depan dan belakang. Semua model kini juga hadir dengan BMW Live Cockpit Plus termasuk sistem navigasi BMW Maps.


Sejumlah sistem mengemudi dan parkir otomatis tersedia untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan BMW Seri 3 terbaru ke tingkat yang baru seperti: Front Collision Warning dengan intervensi rem, yang mendeteksi keberadaan pengendara sepeda serta kendaraan dan pejalan kaki, Active Cruise Control dengan fungsi Stop&Go, Manual Speed Limit Assist, dan Lane Departure Warning dengan Lane Keeping Assist.



Di antara fungsi yang disediakan oleh Parking Assistant opsional adalah Reversing Assist Camera dan Reversing Assistant


“Sebagai pemimpin di segmennya baik secara global maupun di Indonesia, BMW Seri 3 terus menghadirkan beragam terobosan baru yang akan menjadi tolok ukur baru di segmennya,” tambah Sanfrantis.


BMW 320i M Sport dan BMW 330i M Sport Pro ditawarkan dengan harga OTR Surabaya masing-masing Rp 1.055.000.000 dan Rp 1.161.000.000 yang hadir dengan BMW Service Inclusive 5 tahun, garansi 36 bulan, perlindungan ban 2 tahun, Roadside Assistance 24 jam selama 5 tahun, dan keanggotaan BMW Astra Card.


M Sport Pro Package sebagai standar untuk BMW 330i M Sport Pro.

Mesin di BMW 320i M Sport menghasilkan output 184 hp dan torsi maksimum 250 Nm, sementara mesin milik BMW 330i M Sport Pro hasilkan output 258 hp dan torsi maksimum 400 Nm


BMW 330i M Sport Pro mendapatkan M Sport Pro Package yang menjadikannya makin sporty. Paket itu terdiri dari desain baru untuk apron depan dan belakang, serta pelek alloy ringan M baru dalam format 19 inci dengan ban depan-belakang berbeda ukuran depan dan trim pipa knalpot trapesium untuk sistem pembuangan.


Fitur desain eksklusif mereka juga mencakup mirror caps eksterior M hitam mengkilap, trim Shadowline M High-gloss yang diperpanjang, lampu M Shadowline, dan sistem pengereman M Sport dengan kaliper red high gloss.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page