• Editor

Bukan Dadakan, Honda Racing Indonesia Umumkan Formasi Tim Balapnya

Jelang ajang balap bergengsi Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021 yang akan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat akhir pekan ini (27-28/3).

OTOPLUS-ONLINE I Jelang ajang balap bergengsi Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021 yang akan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat akhir pekan ini (27-28/3), Honda Racing Indonesia (HRI) justru baru mengumumkan keikutsertaannya Kamis (25/3) petang.


Ada aroma dadakan di sini. Anggapan tersebut langsung ditepis oleh Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) saat berlangsung jumpa pers virtual, Kamis (25/3) petang.


“Tidak dadakan kok. Kami sudah menyiapkan tim HRI dari tahun lalu. Tetapi karena pandemi, terpaksa kita postpone. Namun begitu, pembalap terus mempersiapkan diri melakukan latihan. Kami tidaklah harus terburu-buru, toh pembalap sudah siap masing-masing. Target dengan pembalap-pembalap muda kami yang ada, dapat memberikan yang terbaik untuk ajang ISSOM dan ajang-ajang selanjutnya,” tutur Billy.


Memang dalam kesempatan yang sama, Billy sekaligus memperkenalkan formasi terbaru jajaran pembalap muda yang siap membela tim pabrikan mobil Honda di bawah payung HRI.

  • Avila Bahar (19 tahun) disiapkan untuk turun di ajang Indonesian Touring Car Championship (ITCC) 1.500cc.

  • Canya Prasetyo (21 tahun) turun di ajang Indonesia Touring Car Racing (ITCR) kelas 1.200cc

  • Alvin Bahar turun di Indonesia Touring Car Racing (ITCR) Master Class 1.600cc

  • Anandyo Dwiki turun di ajang slalom

Salah satu pembalap baru yang diperkenalkan HRI untuk musim ini adalah Avila Bahar, disiapkan untuk turun di ajang Indonesian Touring Car Championship (ITCC) 1.500cc. Pembalap berusia 19 tahun itu telah menjuarai berbagai ajang balap. Seperti Juara Pertama dari Honda Jazz Speed Challenge Promotion Class 2018, dan Indonesia Touring Car Racing (ITCR) 1.600cc di Rising Class tahun 2019.


Lalu pembalap baru lain yang diperkenalkan HRI adalah Canya Prasetyo, yang turun di ajang ITCR kelas 1.200cc. Canya adalah pembalap wanita berusia 21 tahun yang telah mengantongi sejumlah prestasi di ajang balap slalom dan rally. Seperti Podium Pertama pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally putaran 5 tahun 2018 di Banten. Kemudian Juara ke-3 BSNC Jakarta, Juara ke-5 Autogymkhana 2019, dan Podium ke-3 Kejurnas Slalom U-23 tahun 2019.


Selain kedua pembalap tadi, tim HRI masih akan diperkuat pembalap senior Alvin Bahar. Bersama HRI, Alvin telah meraih banyak prestasi, termasuk sebagai juara bertahan ITCR 1.600cc Master Class di musim 2019 lalu. Pada musim ini, Alvin yang juga menjabat HRI Director akan kembali turun di ajang yang sama.


Bukan hanya itu, pada musim ini HRI juga persiapkan tim balap slalom, dengan menunjuk Anandyo Dwiki sebagai pembalapnya. Lelaki berusia 21 tahun ini telah meraih juara di Kejurnas Slalom Kelas Rookie dan Seeded B, Juara di Slalom Kelas A, dan Juara ke-7 Kejurnas Slalom 2019.


Bersama Dwiki, ternyata Canya yang notabene juga punya banyak pengalaman di berbagai kejurnas, akan turun pula mewakili tim Honda Racing Indonesia di ajang slalom.


Diakui Billy, HPM sangat antusias dengan komposisi pembalap senior berpengalaman, dan pembalap muda berpotensi besar di tim HRI. Dengan sederetan prestasi yang telah diraih, HPM percaya para pembalap baru ini dapat memberikan performa yang terbaik di musim ini. Sekaligus meneruskan prestasi HRI di masa mendatang.


“Lebih dari itu, keberagaman tim yang kami miliki saat ini sangat sesuai dengan misi HPM; ‘Everyone Can Race’, dimana semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai prestasi di lintasan balap bersama Honda,” pungkasnya.


Teks: Setiawan AS

Foto: HPM