• Editor

Cara Membuat Kunci Duplikat Piaggio atau Vespa


“Selama mematuhi aturan 3 detik pasti berhasil. Namun bila konsumen gagal mencoba sendiri di rumah, silakan bawa ke bengkel resmi. Kami siap membantu.” (Juna - Sales Advisor Vespa Satya Mandiri Motor, Surabaya Pusat)

Sejak 2002, produk-produk Piaggio atau Vespa telah dibekali sistem immobilizer. Sistem itu membuat mesin tak dapat dihidupkan tanpa kunci bawaan. Pasalnya di dalam kunci tersebut ditanam chip yang berisi kode rahasia.

Setiap pembelian produk Piaggio atau Vespa akan selalu disertakan dua buah kunci. Satu kunci berwarna coklat (master key), satu lagi berwarna biru untuk Vespa, dan hitam untuk Piaggio. Kunci biru atau hitam merupakan kunci untuk digunakan sehari-hari.


Seandainya kunci tersebut hilang, kita dapat membuat duplikatnya menggunakan master key. Kunci berwarna coklat tersebut digunakan sebagai sumber salinan kode.

Key blank bisa didapatkan di dealer-dealer resmi atau lapak online dengan harga sekitar Rp 200-300 ribu.


Pertama tentu membeli dulu kunci mentah (key blank). Saran OTOPLUS-ONLINE, tebus key blank di dealer resmi untuk keamanan original produk. Harganya berkisar Rp 200-300 ribuan. Mahal? Karena itu jangan menghilangkan atau ceroboh dengan kunci Piaggio atau Vespa kalian.

Biaya duplikat kunci Rp 30 ribu.


Selanjutnya dengan membawa master key buatkan duplikat ke tukang kunci. Usai dari tukang kunci, anak kunci duplikat bisa membuat posisi kelistrikan ON yang ditandai dengan hidupnya lampu indikator di panel meter, tapi mesin tidak akan dapat dihidupkan karena chip dalam anak kunci tersebut masih blank. Langkah mengisinya sebagai berikut :

Langkah 1: Masukkan kunci coklat (master key) dan putar ke posisi ignition (ON) lalu kembali ke OFF dalam waktu 3 detik.


Langkah 2: Masukkan anak kunci duplikat, lakukan langkah yang sama ketika kita memasukkan master key juga dalam waktu 3 detik.


Langkah 3: Langkah duplikasi ditutup dengan memasukkan kembali kunci coklat (master key) juga dengan langkah yang sama seperti sebelumnya.


Langkah 4: Petunjuk kunci duplikat bisa digunakan adalah ketika kita posisikan di ON, indikator check engine dan LED immobilizer akan padam. Mesin pun dapat dihidupkan.


“Selama mematuhi aturan 3 detik pasti berhasil. Namun bila konsumen gagal mencoba sendiri di rumah, silakan bawa ke bengkel resmi. Kami siap membantu,” kata Juna, Sales Advisor Vespa Satya Mandiri Motor, Surabaya Pusat.            

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.