• Editor

Cara Menghilangkan 'Gredek' Pada Honda Vario 150


Naufal Maharditya, salah seorang pembaca setia OTOPLUS-ONLINE ingin berbagi tips terkait cara menghilangkan 'gredek' pada Honda Vario 150. “Ini sekaligus untuk melengkapi tugas akhir kuliah saya,” tulis Naufal melalui email ke Redaksi.


Dan berikut ini tips dari Naufal, sebagaimana yang dikirimkan ke Redaksi. Beberapa bagian sengaja kami edit untuk menyesuaikan dengan gaya penulisan Redaksi, tanpa mengurangi atau mengubah esensi tulisan. Bagi pembaca yang lain, silakan jika ingin menerapkan tips ini, atau lebih aman lagi konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel resmi terkait. Selamat mengikuti! (Redaksi)


Beberapa waktu lalu kami mendapatkan seseorang yang sedikit curcol soal Honda Vario kesayangannya. Bukan rahasia lagi kalau Vario 150 memiliki problem yang bikin jengkel, yakni 'gredek' saat digunakan.


Nah saat bertemu kemarin, dia mengatakan sedang mencari kampas ganda (clutch carrier) milik Yamaha Nmax. Tentu menjadi sebuah pertanyaan bagi kami, kenapa dia yang notabene owner Honda Vario 150 malah mencari part milik kendaraan lain?


Jawabannya adalah, dia sedang melakukan eksperimen dari beberapa saran teman komunitasnya yang mengatakan bahwa kampas ganda Nmax lebih klop dengan rumah ganda Honda Vario 150 karena memiliki gap yang tidak terlalu besar.

  • Kampas ganda punya N-MAX lebih panjang (kiri) dibandingkan kampas ganda punya Vario 150 yang lebih pendek (kanan)

"Kalau kampas ganda bawaan Vario 150 lebih longgar atau pendek, Mas. jadi malah membuat 'gredek' . Nah milik Nmax (kampas ganda) lah yang paling cocok. Toh ini juga digunakan di PCX sebelumnya, dan berhasil!" ujarnya menjelaskan sedikit tentang cara yang baru kami ketahui ini.


Kampas ganda dengan rumah kampas ganda inilah yang kabarnya jadi biang kerok 'gredek' Honda Vario 150, masbro... Tidak ada salahnya coba trik di atas.

  • Mangkok ganda yang masih standar (kiri) dan mangkok ganda yang sudah dilubangi (kanan)

Terus ada juga yang lebih berpengaruh, yaitu dengan cara menambah lubang mangkok ganda standar, dengan cara dibor. Tujuannya untuk membuat sirkulasi udara pada mangkok ganda menjadi bebas dan tidak cepat kotor, sebagaimana salah satu penyebab ''gredek' pada mangkok ganda .


Sekian tips sederhana yang dapat saya sampaikan pada dulur-dulur semuanya. Terima kasih.


Kiriman: Naufal Maharditya

(naufalmaharditya@gmail.com)