• Editor

Cara Ridwan Kamil Tunjukkan Kepedulian Pada UMKM Otomotif Terdampak Pandemi


"... Saya mencoba mendukung UMKM di bidang otomotif agar ekonomi kreatif selama pandemi ini bisa perlahan pulih. Agar bengkel-bengkel yang mati suri bisa hidup lagi.” (Ridwan Kamil - Gubernur Jawa Barat)

OTOPLUS-ONLINE I Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil rupanya punya kepedulian yang besar terhadap UMKM bidang otomotif, dalam hal ini adalah bengkel modifikasi atau custom, yang saat ini juga terdampak pandemi COVID-19.

Unggahan pada akun instagram Ridwan Kamil (@ridwankamil)


Hal itu ditunjukkannya dengan cara yang unik. Melalui akun instagramnya (@ridwankamil), orang nomor satu di Jawa Barat ini mengunggah foto Kawasaki W175 custom yang dia kerjakan bersama Yasashii Garage, salah satu bengkel modifikasi di Bandung.

Motor custom ini hadiah Ridwan Kamil kepada istrinya, Atalia Praratya menandai 24 tahun pernikahan mereka (Foto: @dudisugandi)


“Hadiah 24 tahun pernikahan berupa motor custom yang saya desain khusus untuk Bu Cinta @ataliapr yang selama ini selalu pake motor pinjaman. Basicnya adalah Kawasaki W175 cc.

Kawasaki W175 sebelum dan sesudah modifikasi, hasil kreasi desain Ridwan Kamil yang dieksekusi Yasashii Garage (Foto: @dudisugandi)


Dipermak dan dioprek di @yasashiigarage Bandung, sekaligus saya mencoba mendukung UMKM di bidang otomotif agar ekonomi kreatif selama pandemi ini bisa perlahan pulih. Agar bengkel2 yang mati suri bisa hidup lagi.” Begitulah kutipan dari tulisan yang dibuat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil bersama anak dan istrinya (Foto: @dudisugandi)


Memang benar, pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini tak hanya berpengaruh pada industri otomotif saja. Tapi juga UMKM bidang otomotif, seperti bengkel modifikasi atau custom.


Baca juga:

Di Jawa Timur, misalnya. Sepinya orderan seiring dengan sepinya event otomotif, terutama kontes modifikasi memaksa bengkel-bengkel modifikasi untuk banting setir, mencoba bidang usaha yang lain. Salah satunya adalah menerima pengerjaan atau pengecatan sepeda custom, yang sempat booming beberapa waktu lalu.


Kiranya, kondisi ini membuat prihatin Ridwan Kamil, dan hal itu ditunjukkan dengan menghimbau masyarakat untuk bersepeda atau bersepeda motor, dengan harapan, hobi atau kebiasaan ini bisa menghidupi UMKM otomotif.

Ridwan Kamil mengendarai Royal Enfield mendampingi istrinya berkendara bersama motor barunya (Foto: @dudisugandi)


“Bersepeda atau bersepeda motor juga adalah salah satu kegiatan yang paling sesuai dalam menjaga jarak sesuai protokol kesehatan." Begitu pesan Ridwan Kamil.


Menanggapi hal ini, Franky Mori sebagai owner Yasashii Garage menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kepedulian ini. "Terima kasih banyak kepada Bapak dan Ibu Gubernur atas apresiasinya kepada motor custo, dan UMKM bidang pembuatan motor custom."

Franky Mori juga dikenal sebagai pinstripper dan pegiat budaya kustom Tanah Air (Foto: Increase Indonesia)


Begitu bunyi pernyataan Franky pada akun instagramnya (@yasashiigarage) yang juga dikenal sebagai pegiat budaya custom Tanah Air tersebut.


Teks: Indramawan

Foto: @dudisugandi - Instagram/ ridwankamil