• Editor

Minivelo Mooneyes Ini Hasil Kreasi Bengkel Modifikasi Motor Di Kediri

“Coba cari kesibukan, sebab sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak pecinta motor custom yang beralih main sepeda. Dan kebetulan sepeda minivelo ini sedang diminati!” (Anton Setiawan - KJNR Custom Kediri)

Terinspirasi minivelo, yakni sepeda dewasa dengan roda kecil (biasanya 20 inci) dan model rangka yang unik, Anton Setiawan dari KJNR Custom Kediri coba mewujudkannya dalam sebuah project.

Terinspirasi minivelo, dengan diberikan tematis Mooneyes.


“Coba cari kesibukan, sebab sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak pecinta motor custom yang beralih main sepeda. Dan kebetulan sepeda minivelo ini sedang diminati!” buka Anton saat menerima order dari Irfan Mursyadat asal Kota Pati, Jawa Tengah.

Bahan dasar sepeda fixie Paragon size26.


Diawali dengan bahan dasar berupa frame sepeda fixie. Menurut Anton, customize rangka ini jadi bagian paling sulit dalam project ini. “Sebab saya harus mengubah rangka size 26 jadi 20, seperti yang banyak dipakai minivelo. Dengan kata lain rangka harus dikecilin,” tunjuk Anton.

Bagian rangka seperti top tube (rangka bagian atas), dan downtube (rangka bagian bawah), dan bagian belakang dipotong masing-masing 5 cm.


Caranya, Anton memotong beberapa bagian rangka. “Masing-masing bagian rangka, saya kurangi 5 cm. Biar sepeda kelihatan pendek dan kecil,” ujar Anton sambil menunjuk rangka bagian top tube, down tube, termasuk rangka bagian belakang yang memegang roda. “Total ada 8 bagian rangka yang dipotong.”

Fork BMX size 20 dengan pelek 13/8 - 20.


Untuk fork depan, Anton kemudian memasang punya BMX size 20. Sementara untuk roda, digunakan pelek alumunium ring 20 dengan ukuran 13/8, yang dibalut ban Swallow 20x1.35.

Serba kuning dengan tulisan dan logo Mooneyes yang ternyata enggak mudah mengerjakannya karena bidang kecil.


Paling menarik tentu jika memperhatikan proses finishing yang didominasi warna kuning, dan tulisan serta logo Mooneyes. “Ide Mooneyes ini dari saya, karena kebetulan pemilik sepeda pengin ada tematisnya,” jelas Anton yang kemudian pasang stang model balap agar kesan sport muncul.

Semua komponen sepeda tak luput dari warna kuning dengan aksen hitam, plus tulisan dan logo Mooneyes, termasuk setang, jok dan bahkan ban serta pelek!


Dan ternyata, selain pengerjaan rangka custom, proses finishing berupa detailing tema Mooneyes ini turut menjadi bagian paling sulit.

Butuh waktu 1 bulan untuk merampungkan project Nyelow (pelesetan dari Yellow - nama sepeda) ini.


“Sebab ternyata enggak mudah untuk menambahkan detail tulisan dan logo pada bagian rangka yang sangat kecil,” tutur Anton yang butuh waktu 1 bulan untuk merampungkan project Nyelow, yang merupakan julukan dari sepeda ini.


Baca juga:

Data modifikasi

Rangka: custom

Fork: BMX ukuran 20

Pelek: alumunium ring 20 13/8

Ban: Swallow

Setang: sepeda balap

Sadel: custom

Aksesori/lain-lain:

Bengkel: KJNR Custom

Alamat: Jl. KH. Hasim Asyari No 80, Kediri

HP: 081259696678


Teks: Indramawan

Foto: KJNR

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.