top of page
  • Gambar penulisEditor

Cara Supaya Yamaha FreeGo Enggak Bunyi Cit... Cit... Lagi

Segera kunjungi bengkel resmi Yamaha, atau hubungi Customer Service Yamaha untuk layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) di 082287777898.

Yamaha FreeGo 125 Connected keluaran tahun 2023 ini muncul cuara aneh.

OTOPLUS-ONLINE I Keluhan bunyi cit... cit... pada Yamaha FreeGo 125 yang baru dibeli pada November 2023 lalu disampaikan Dian Nanda Birawa kepada salah satu dealer Yamaha di bilangan Rungkut, Surabaya.


“Baru dua minggu saya pakai, muncul bunyi cit... cit... saat berjalan. Keluhan itu saya sampaikan ke bengkel servis resmi Yamaha di Rungkut, Surabaya. Dari analisa mekanik, katanya disebabkan oleh kampas rem yang kotor. Anehnya odometer belum sampai 500 Km dan baru 2 minggu saya pakai,” kata Nanda.


Setelah dibersihkan tak berselang lama dalam perjalanan pulang bunyi cit... cit...  kembali muncul.


FreeGo milik Nanda baru dibeli November 2023.

“Saya langsung kembali lagi ke tempat servis, ternyata rem depan motor saya dikatakan bermasalah. Setelah dibersihkan dan disetting ulang, saya pun pulang. Namun 3 hari kemudian bunyi yang sama muncul lagi,” kesal Nanda. 


Keluhan Nanda itu direspon cepat oleh PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ), main dealer Yamaha untuk wilayah Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Kalimantan Barat.


Yamaha FreeGo 125 itu diserahkan ke bengkel resmi Yamaha SIP di Raya Nginden 139, Surabaya.


Analisa awal bunyi cit..cit..ditengarai dari sistem rem.

“Setelah dibongkar dan dianalisa, sistem rem mulai brake pad dan disc brake semua normal. Pemeriksaan kemudian difokuskan pada komponen as roda termasuk bushing dan oil seal-nya yang rupanya kering,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT STSJ.


“Setelah ditambahkan grease pada komponen oil seal dan bushing roda depan, suara cit... cit...  yang dikeluhkan tak lagi muncul. Itu dibuktikan setelah konsumen mencobanya sendiri ditemani teknisi SA TSG,” imbuh Ilham.


As roda bisa kering akibat beberapa hal, diantaranya pernah melibas genangan air cukup dalam hingga as terendam atau tidak dipakai beberapa lama setelah dicuci.

Selain mengunjungi bengkel resmi Yamaha, Ilham menambahkan konsumen juga dapat menghubungi Customer Service Yamaha untuk layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) di 082287777898 untuk menangani masalah seperti itu dengan menyampaikan keluhan yang dialami oleh kendaraannya.


Dealer terdekat akan segera melakukan konfirmasi pada konsumen sebelum akhirnya mekanik Yamaha datang untuk melakukan penanganan servis.


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page