• Editor

Catatan Penting Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021

Diselenggarakan 11-21 November 2021, GIIAS 2021 dengan tema Wheels to Move menjadi pernyataan, industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama GAIKINDO.

Saat pembukaan GIIAS 2021 Otoplus Enterprise sebagai sister company Otoplus-Online turut hadir menyapa para pelaku usaha di dunia otomotif, dan sektor-sektor penting yang menyertainya


OTOPLUS-ONLINE I Ada begitu banyak catatan penting yang kami rangkum saat berkunjung ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Salah satunya, pameran otomotif akbar ini menjadi momentum penting bagi Otoplus-Enterprise, yang merupakan sister company dari Otoplus-Online, untuk berkenalan dengan industri otomotif Tanah Air.

Pameran ini bisa diharapkan sanggup mendorong industri otomotif yang memiliki multiplayer effect yang tinggi


Kami merasa, secara kebetulan, tema 'Wheels to Move' yang diusung GIIAS 2021 ini merefleksikan semangat kami untuk berkembang. Tidak hanya sebagai media company, tapi juga business partner bagi para pelaku usaha di dunia otomotif, dan sektor-sektor penting yang menyertainya, lewat kehadiran Otoplus-Enterprise ini.

Harus sudah divaksin dan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi


Diselenggarakan pada tanggal 11-21 November 2021 bertempat di ICE BSD Tangerang, GIIAS 2021 dengan Wheels to Move-nya dapat diartikan sebagai sebuah pernyataan, bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama GAIKINDO.

Merupakan momen World Premiere bagi Honda SUV RS Concept, calon pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky


Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO mengatakan, “GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi. Sebuah tonggak positif bagi pertumbuhan industri otomotif bangsa Indonesia, GIIAS merupakan kebanggaan bangsa dan mencerminkan upaya GAIKINDO untuk terus mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia.”

Hyundai Creta dipasarkan mulai harga Rp 319 juta


Nangoi mengungkapkan bahwa melalui penyelenggaraan GIIAS, berbagai teknologi dan produk terbaru hasil industri otomotif, termasuk kendaraan berbasis listrik yang saat ini hadir dan diperkenalkan, mencerminkan komitmen dari industri otomotif Indonesia akan pentingnya ikut menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

All New Daihatsu Xenia, kini menggunakan penggerak roda depan


Pada kesempatan itu, Nangoi juga menyampaikan berbagai pencapaian yang dicatat Industri otomotif Indonesia, meski dalam masa pandemi akibat Covid-19.

Isuzu tak mau ketinggalan meluncurkan Mux dan D-Max baru bermesin 1.900cc Turbo


Yang pertama adalah bahwa Indonesia sudah swasembada kendaraan bermotor, kedua Kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP adalah kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan Local Purchase lebih dari 60 persen.

KIA Seltos CRD-i, Seltos kini hadir dengan pilihan mesin diesel


Dan periode Januari–Oktober 2021, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen dibandingkan dengan periode yang sama ditahun lalu.

BMW & MINI jadi brand premium yang hadir di gelaran ini


Terakhir bahwa pulihnya industri otomotif Indonesia akan membangkitkan berbagai industri dan UMKM di sektor otomotif, “Sebagai lokomotif industri, pulihnya industri otomotif akan juga membangkitkan kegiatan industri pendukung yang menyerap banyak tenaga kerja,” jelas Nangoi.

Mobil-mobil yang menikmati PPnBM DTP ditandai untuk memudahkan konsumen menemukannya


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam pidatonya mengucapkan, “Selamat atas penyelenggaraan GIIAS yang terus mendorong pergerakan industri otomotif di Indonesia, tentu kita berharap pameran ini bisa mendorong industri otomotif yang memiliki multiplayer effect yang tinggi.”

Era kendaraan listrik dimulai seperti ditunjukkan pada booth Nissan yang salah satunya dihuni LEAF, mobil yang gabungkan motor listrik 100% dengan mesin bensin sebagai generator untuk mengisi daya baterai motor listriknya


GIIAS 2021 diikuti oleh Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania dari kendaraan komersial akan menampilkan berbagai produk dan teknologi inovasi terbaru mereka sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2021.

Mobil Futuristik Lexus LF-30 Electrified Concept berikan gambaran seperti apa kendaraan masa depan


Tidak hanya para peserta APM kendaraan penumpang maupun komersial, GIIAS 2021 juga menghadirkan motor sebagai salah satu peserta. Tahun ini peserta motor yang hadir di GIIAS ada 6 merek yaitu Honda, Benelli, SYM, SM Sport, WMoto dan CF Moto. Beberapa merek motor tersebut melakukan launching di ajang GIIAS 2021.

EV Smart Mobility jadi komitmen Toyota tak hanya menyediakan alat transportasi saja, tapi juga memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat di era elektrifikasi


Puluhan varian kendaraan berbasis listrik akan dipamerkan dan diperkenalkan, diantaranya juga dapat dicoba langsung pada area program test drive GIIAS 2021.

Perdana dihadirkan di Asia, New MG ZS dan MG HS Liverpool FC Limited Edition, hasil kerjasama Official Global Partner antara pabrikan Inggris ini dengan klub sepakbola ternama di dunia


Selama berlangsungnya pameran GIIAS 2021, pengunjung dapat merasakan langsung sensasi berkendara dari berbagai mobil yang turut serta dipamerkan pada program Test Drive yang bertempat di Loading Dock Hall 3-3A dan Loading Dock Hall 7, termasuk di antaranya mobil listrik.

Honda CBX150, launching perdana di GIIAS 2021


Jenis mobil listik yang dapat dicoba oleh pengunjung yaitu Hyundai Kona, Hyundai Ioniq, MG ZS EV, Nissan Kick e-Power dan All New Nissan Leaf. Selain itu pengunjung juga dapat mencoba kendaraan baru lain seperti Daihatsu Xenia, Daihatsu Rocky, Honda City Hatchback, Honda Brio, Honda CR-V, Hyundai Palisade, Hyundai Staria, Hyundai Santa Fe, Isuzu D-Max, Isuzu MU-X 4x4, KIA Seltos, KIA Sonet, KIA Grand Carnival, Mazda CX-9, Mazda CX-5, Mazda CX-3, New Pajero Sport, Xpander Cross, New MG ZS, MG HS i-Smart, All New Ertiga, Suzuki XL 7, Toyota Veloz, Avanza, VW Tiguan, Wuling Cortez dan Almaz.

Benelli Keeway SCR 250


Untuk melakukan Test Drive, pengunjung perlu mendaftar dan memilih jenis mobil yang ingin dikendarai terlebih dulu melalui aplikasi GIIAS Auto360 dan setelah itu hanya perlu membawa bukti registrasi dari aplikasi dan ditunjukkan kepada panitia Test Drive.

Wmoto, motor asal Malaysia


Penumpang yang akan Test Drive wajib memiliki SIM A aktif, menggunakan sabuk pengaman, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, batas kecepatan maksimal 40 km/jam dan dilarang untuk menggunakan telepon genggam saat mengemudi.

Suzuki Gixxer SF250 baru saja dilaunching


Saat melakukan Test Drive, dalam setiap kendaraan maksimal 3 orang dan wajib untuk membuka kaca selama berkendara. Selain itu, penumpang juga wajib mematuhi protokol kesehatan saat mencoba mobil. Pengunjung harus menggunakan masker, menjaga jarak aman dan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah berkendara.

Pengunjung berkesempatan melakukan test drive melalui aplikasi GIIAS Auto360


Tidak hanya menampilkan yang terbaru dari industri otomotif, GIIAS juga memberikan edukasi dan wawasan lewat berbagai program dan acara yang dilaksanakan didalamnya.

Beberapa brand roda dua turut meramaikan


Salah satu program yang menjadi sebuah rangkaian rutin pada penyelenggaraan GIIAS sebagai bentuk kegiatan sosial adalah GIIAS Educare. Educare adalah sebuah program kegiatan sosial yang digalang oleh GIIAS yang dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab kepada generasi penerus. Educare kali ini GIIAS bekerjasama dengan Dompet Dhuafa untuk untuk mendukung pemberdayaan dan membantu menstimulan pemuda untuk dapat mandiri secara jangka panjang.

Jajaran motor custom listrik karya bengkel modifikasi atau UKM ikut dipamerkan


Diresmikan langsung oleh Bupati Kabupaten Tangerang, pada Jumat 12 November 2021. GIIAS Educare akan berlangsung selama dua hari secara online menggunakan zoom meeting.

Motor listrik dari GESITS dan VIAR yang sudah tak asing lagi


GIIAS Educare mentargetkan peserta 250 siswa usia antara 17 – 25 tahun yang mayoritas bersekolah dan berdomisili dikabupaten Tangerang. Peseta akan diarahkan untuk memahami kemampuan teknisi otomotif dan dikuatkan untuk memahami bagaimana mendirikan usaha bengkel.

Juga diberikan program-program edukatif kepada pelajar


Mengangkat tema “Training Virtual, Praktis dan Taktis Memulai Usaha Bengkel”, hadir Bapak Laurentius Iwan Pranoto selaku Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra dan perwakilan dari Dompet Dhuafa Ust. Herman Kang selaku GM Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa, yang memberikan sambutan dan arahan pada pembukaan GIIAS Educare.

Beberapa seminar juga ikut digelar selama 16-18 November 2021


Sejalan dengan tema GIIAS 2021 “Wheels to Move”, GAIKINDO mengajak para peserta sekaligus sejumlah individu dan institusi yang memiliki peran penting terhadap perkembangan industri otomotif untuk memahami lebih lanjut mengenai perkembangan industri ini melalui sejumlah seminar yang diselenggarakan mulai pada tanggal 16 – 18 November 2021 secara online melalui zoom meeting.


Baca juga: Kunjungi GIIAS 2021, Presiden Jokowi Temui Para CEO Produsen Mobil


Termasuk pada rangkaian acara ini adalah The 15th GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC) yang mengusung tema Automotive Industries, The Wheels to Move. Berlangsung pada 16 November 2021, GIAC akan menyoroti isu-isu terkini dan kritis di sektor otomotif. Konferensi ini akan dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi dan direncanakan akan menghadirkan pembicara-pembicara ternama yang mewakili pejabat tinggi pemerintah Indonesia, Asosiasi dari pembuat mobil besar dunia, berbagai pemerhati dunia industri serta konsultan dunia otomotif.


The 15th GIAC 2021 akan menghadirkan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi.


Baca juga: GIIAS 2021 akan Diramaikan 22 APM Mobil dan 100 Merek Otomotif


Berfokus untuk membahas Automotive Industries, the Wheels to Move, GIAC 2021 juga direncanakan akan dihadiri oleh Fu Bingfeng, President OICA; Han Dehong, Vice President Wuling Motors; Eisaku Akazawa, President Director Isuzu; Ted Gorannson, Managing Director Scania yang akan membahas secara mendalam mengenai berbagai prospek tren teknologi otomotif dari sudut pandang mereka.


Dengan konferensi ini diharapkan para stakeholders industri otomotif di Indonesia dapat memperoleh ide dan inspirasi serta semakin mempersiapkan diri untuk maju dan bergerak bersama untuk perkembangan otomotif global yang lebih baik setelah pandemi Covid-19.

Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto