top of page
  • Gambar penulisEditor

Cek Fakta Isi Bensin Full Tank Bikin Semakin Irit?

Setelah isi bensin full tank, indikator BBM akan turun lebih lama ketimbang isi setengah tangki.


OTOPLUS-ONLINE I Banyak pemilik kendaraan beranggapan, mengisi bensin full tank akan membuat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dari kendaraan semakin irit, dibandingkan mengisi setengah tangki.


Namun pada kenyataannya, bila memang konsumsi BBM sebuah kendaraan untuk jarak 10 Km adalah 1 liter, maka akan begitu seterusnya walaupun sudah mengisi bensin full tank.


Untuk itu, butuh penjelasan logis yang dapat dipahami banyak orang, apakah isi bensin full tank ini bikin irit?


Ketika mengisi bensin full tank hingga luber, sensor BBM pada indikator akan menunjukkan telah penuh. Dan saat kendaraan digunakan, indikator BBM ini akan turun lebih lama. Ini yang bikin anggapan isi bensin full tank ini bikin irit.


Dari situs resmi Wuling Indonesia didapat keterangan, indikator BBM akan turun lebih lama setelah isi bensin full tank karena sensor BBM hanya dapat membaca sampai dengan leher tangki.


"Dengan begitu, BBM yang berada pada bagian atas leher tangki tidak akan terhitung dan seakan-akan membuat konsumsi BBM lebih irit."


Demikian pernyataan dari pihak Wuling Indonesia.


Namun demikian, mengisi bahan bakar full tank ini punya beberapa manfaat. Pertama adalah mencegah tangki berembun. Ini karena, jika tangki dibiarkan kosong selama beberapa waktu, udara pasti akan masuk ke dalamnya dan kemudian berubah menjadi embun. Air dari embun inilah yang dapat membahayakan bahan bakar dan mesin mobil.


Selain itu, mengisi bahan bakar full tank bisa mencegah timbulnya karat pada tangki. Karat dapat tercampur dengan bahan bakar dan menyumbat karburator atau sistem injeksi mobil. Akibatnya, mesin akan tersendat-sendat atau bahkan tidak akan hidup sama sekali.


Bagi yang menggunakan bahan bakar solar dan sering mengalami mesin yang tersendat-sendat, sangat disarankan bagi kendaraan yang menggunakan mesin diesel untuk mengisi ulang bahan bakar ketika tangki bahan bakar setengahnya kosong. Ini karena jika dibiarkan, kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar mungkin malah tidak mau menyala.


Teks: Indramawan

Foto: Dok. Otoplus-Online

Comments


bottom of page