• Editor

Crosser Jatim, Ananda Rigi Rebut Medali Emas MX 125cc Perorangan, Meski Sempat Terjatuh

Final Motocross 125cc Perorangan PON XX Papua 2021 di Fregeeb Waninggap Circuit, Kabupaten Merauke.
Ananda Rigi Aditya, crosser Jawa Timur merebut medali emas Motocross PON XX Papua kategori MX 125 cc perorangan, di Sirkuit Fregeeb Waninggap Sai Cau Tak, Kabupaten Merauke (Foto: PB PON XX Papua/Yulius Rianto Gozali)

OTOPLUS-ONLINE I Crosser andalan Jawa Timur, Ananda Rigi Aditya tak kuasa menahan luapan kegembiraannya setelah berhasil merebut medali emas Cabang Olahraga Motocross PON XX 2021 Papua untuk kelas 125 cc kategori perorangan.

Pembukaan Cabor Motocross secara resmi oleh Bupati Merauke dengan mengangkat bendera start di Sirkuit Fregeeb Waninggap Sai Cau Tak, Kabupaten Merauke, pada Sabtu, 9 Oktober 2021 (Foto: PB PON XX Papua/Billy)

Pasalnya, kemenangan ini berhasil direbut arek Lamongan ini dengan tidak mudah. Pada kejuaraan yang berlangsung di sirkuit Fregeeb Waninggap, Merauke, Sabtu, 9 Oktober 2021 hari ini, selepas start, Ananda sempat terjatuh di tikungan pertama, dan posisinya pun sempat tercecer di urutan sembilan.

Crosser Jawa Timur, Ananda Rigi Aditya (depan) dan crosser Papua Barat, Nuzul Ramzidan pada final Motocross MX 125cc Perorangan PON XX Papua 2021 (Foto: PB PON XX Papua/Fahrul Jayadiputra)

Namun, dengan fighting spirit yang tinggi, ia bangkit dan memacu kencang motornya, hingga berhasil melibas rival-rivalnya satu per satu, dan berhasil menyelesaikan 20 menit + 2 lap di posisi terdepan.


"Motivasi saya, khususnya dalam tim road race Jatim dan rekan lain di motocross kan semuanya jatuh. Jadi pada saat saya terjatuh, motivasi saya bagaimana berjuang untuk mendapatkan medali emas," ungkap Ananda seperti dikutip dari laman resmi Dinas Kominfo Jatim.

Selebrasi kemenangan Ananda Rigi Aditya di kategori MX 125 cc perorangan (Foto: PB PON XX Papua)

Ananda menyebut bahwa gelar ini dia persembahkan untuk kedua orang tuanya, pelatih dan masyarakat Jawa Timur. "Khususnya untuk Bapak Bupati Lamongan,” pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim, Bambang Haribowo, tak dapat membendung luapan kegembiraan melihat salah satu crosser binaannya menyentuh garis finish pertama.


Baca juga: M. Zulmi Komentar Soal Target 2 Medali Emas Tim Motocross Jawa Timur di PON XX Papua


Ananda Rigi Aditya berhasil mengalahkan crosser Papua, Nakami Vidi Makarim di posisi ke-2, dan crosser andalan Jabar, Lutfi Petrick di urutan ke-3.


"Alhamdulillah berkat Rahmat Allah SWT melalui perjuangan yang berliku-liku kita akhirnya dapat pecah telur mendapatkan medali emas melalui Ananda Rigi Aditya di kelas 125 cc motocross ini," ucap Bambang Kapten sapaannya usai upacara penghormatan pemenang.


Menurut Bambang, kemenangan ini menjadi penghibur dari sederet ketidaknyamanan yang dia rasakan selama pertandingan Cabor Balap Motor.


Baca juga: 40th Anniversary Chevrolet Trooper: Berjasa Sukseskan PON XI Jakarta 1985


Di cabor Road Race, misalnya, menurut Bambang pihaknya dibuat tidak nyaman terutama saat pembalap Robbi Sakera ditabrak pembalap DKI Jakarta di tikungan terakhir jelang garis finish, sampai gagal mendapatkan medali.


Kemudian saat mengawali balapan motocross, di nomor beregu pun, M. Kafa juga ditabrak oleh crosser tuan rumah sehingga gagal mempersembahkan medali.

Ananda Rigi Aditya usai menerima medali emas cabang olahraga Motocross kelas 125 cc perorangan dengan didampingi Bambang Kapten (kiri) (Foto:Dinas Kominfo Jatim)

"Namun Alhamdulillah Ananda di perorangan kelas 125 cc berhasil menyabet medali emas," pungkas Bambang yang tetap mengedepankan sportivitas.


Sebagai informasi, cabang olahraga Motorcross memperebutkan 4 medali emas, yakni kelas beregu MX 250 cc, kelas beregu MX 125 cc. Selanjutnya kelas perorangan MX 125 cc, dan kelas perorangan MX 250 cc.

Sirkuit motocros di Fregeeb Waninggap Sai Cau Tak Tanah miring Merauke, pada Jumat 8 Oktober 2021 (Foto: PB PON XX Papua/John Rogi)

Di kelas beregu, baik MX 125 cc maupun kelas MX 250 cc, dua medali emas berhasil diboyong atlet Papua. Di kelas beregu MX 125 cc berhasil direbut duet Nakami Vidi Makarim dan Akbar Aureliansyah Lubis. Sedangkan untuk kelas MX 250 cc berhasil dipersembahkan pasangan Yosua Patipi dan Lantian.


Sementara untuk kelas Perorangan MX 250 cc, medali emas diperoleh M. Delvintor Alfakizi dari DKI Jakarta. Sedangkan untuk kelas perorangan MX 125 cc medali emas direbut oleh Jawa Timur.


Teks: Indramawan

Foto: PB PON XX Papua, Dinas Kominfo Jatim