• Editor

Cukup Luangkan 30 Menit, Ruang Mesin Terawat


Sebelum & sesudah


Umumnya, pemilik mobil lebih memprioritaskan kebersihan bodi luar kendaraan ketimbang sektor lain seperti interior, kaki-kaki atau mesin.


Padahal menjaga kebersihan sektor lain dari mobil tak hanya menjadikannya enak dilihat tapi juga dapat membuatnya lebih awet dan memudahkan saat akan memantau kondisi komponen-komponen di sekitarnya.


Waktu menjadi salah satu alasan pemilik mobil enggan menyempatkan untuk merawat bagian lain tersebut. Padahal waktu yang diperlukan misalnya untuk merawat ruang mesin enggak butuh waktu lama lho.


“Paling lama 30 menit, itu kalau kondisi mesin sangat kotor,” kata Irfan, yang menggawangi bagian Engine Care di bengkel resmi UMC Suzuki Ahmad Yani Surabaya. Kalau tidak terlalu kotor, Irfan mengaku hanya memerlukan waktu sekitar 15-20 menit.

Semprotkan engine degreaser terutama ke bagian yang banyak terdapat kotoran membandel.


Tahapan membersihkan ruang mesin di bengkel resmi Suzuki UMC bisa nih ditiru. Diawali dengan menyemprotkan engine degreaser. “Fungsinya meluruhkan kotoran membandel, seperti debu yang tercampur minyak,” tukas Irfan. Selanjutnya bilas dengan air sampai seluruh area yang terkena engine degreaser bersih termasuk kap mesin.

Bilas dengan air agar kotoran yang terurai oleh engine degreaser luruh.


Kemudian disambung dengan membersihkan seluruh area ruang mesin menggunakan lap dan sabun. Gunakan sabun untuk car wash.

Bersihkan menggunakan kain lap yang dibasahi air dan sabun hingga ke seluruh bagian mesin.


Bilas kembali dengan air, ingat saat membilasnya hindari menyemprotkan air bertekanan tinggi ke bagian-bagian kelistrikan.

Bilas lagi dengan air lalu keringkan. Bisa menggunakan udara bertekanan atau kain lap.


Jika punya, keringkan seluruh area mesin menggunakan udara bertekanan dari kompresor. Bila tidak, bisa dengan menggunakan lap kain. Langkah penutupnya adalah menyemprotkan silikon.

Tahap akhir semprotkan silikon agar terlihat kinclong, kalau mau lebih aman bisa gunakan tire care seperti Kit Black Magic, 3M Tyre Restorer atau STP One Step Tire Care.


“Layanan engine care ini selalu kami tawarkan ke pelanggan yang melakukan servis di sini,” ujar Handoko, kepala bengkel UMC Suzuki Ahmad Yani Surabaya.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online