top of page
  • Gambar penulisEditor

Daimler Commercial Vehicles Indonesia Gelar Tech Masters dan Truck Sales Masters

DCVI diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan andal bagi masyarakat.

Bersama enam pemenang Truck Sales Masters 2022


OTOPLUS-ONLINE I PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) kembali menggelar kompetisi layanan penjualan dan layanan purna jual bertajuk DCVI TechMasters dan Truck SalesMasters 2022 dengan dua kategori, bus dan truk. Lewat dua kompetisi ini, dealer-dealer resmi DCVI diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan andal bagi masyarakat. Tahun ini, kedua kompetisi tersebut digelar serentak di Ciputat dan Wanaherang (6 Februari 2023).


“Kami berharap kedua kompetisi ini bisa menjadi ajang pembelajaran dan pengembangan diri kepada truck sales consultant dan tim purna jual dari dealer resmi DCVI di seluruh Indonesia. Layaknya tahun-tahun sebelumnya, kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan duta-duta baru dari layanan terbaik diler resmi DCVI. Dan saya percaya, kompetisi ini juga dapat meningkatkan kebanggaan dan pencapaian para peserta sebagai bagian dari keluarga besar Daimler Commercial Vehicles Indonesia,” tutur Presiden Direktur PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Naeem Hassim.



Kualifikasi kedua kompetisi yang diikuti oleh 27 dealer resmi DCVI se-Indonesia. Setelah melewati penilaian dan seleksi ketat yang terdiri atas rangkaian preliminary test dan final test selama tiga bulan, kompetisi yang dimulai pada bulan November 2022 babak final kedua kompetisi secara tatap muka langsung diselenggarakan pada 6 Februari 2023.


Berbeda dengan Tech Masters sebelumnya yang merupakan pertandingan antar individu, DCVI Tech Masters 2022/2023 merupakan serangkaian kompetisi yang ditujukan untuk mengasah kemampuan tim dari dealer resmi DCVI.

Penilaian praktik Tech Masters


Ada tiga elemen job profile yang disatukan dalam satu tim, yaitu Service Advisor, Part Process Specialist, dan Technician. Dari 12 tim yang lolos ke babak final kemudian disortir menjadi tiga tim terbaik dari setiap kategori melalui tes pengetahuan job profile secara individu dan tes praktik yang dilakukan per tim.


Dua belas tim yang berhasil lolos ke babak final berasal dari dealer; PT Alun Indah, PT Bintang Kutai Motor, PT Citrakarya Pranata, PT Eurotruk Transindo, dan PT Hartono Raya Motor, serta PT Panji Rama Otomotif.



Babak final kompetisi DCVI Tech Masters 2022/2023 dilaksanakan di DCVI CSP Training, Ciputat, Tangerang Selatan. Kompetisi bertaraf nasional ini menghasilkan beberapa finalis untuk tiga kategori, yaitu Truk Mercedes-Benz Axor, Truk Mercedes-Benz Actros/Arocs, dan Bus Mercedes-Benz.

Babak final di kategori truk Sales Masters


Di waktu yang bersamaan, babak final kompetisi DCVI Truck Sales Masters 2022 juga dilaksanakan di Event Hall Wanaherang, Bogor. Kompetisi DCVI Truck SalesMasters untuk kedua kalinya diadakan untuk truck sales consultant di dealer resmi DCVI.


Terdapat dua rangkaian besar pada kompetisi ini, yaitu rangkaian screening penjualan dan pencapaian retail tiap dealer yang dilanjutkan dengan rangkaian final yang terdiri dari studi kasus, tes pengetahuan produk, tes praktik, hingga kuis pengetahuan.


Kategori yang dilombakan adalah kategori Truk Mercedes-Benz Axor dan Truk Mercedes-Benz Actros/Arocs. Setiap kategori memiliki tiga pemenang berkesempatan untuk jadi juara.



Ada 15 finalis yang mengikuti babak final. Mereka merupakan perwakilan dealer; PT Alun Indah, PT Annapurna Jaya Agung, PT Armada Trans Persada, PT Bintang Kutai Motor, PT Citrakarya Pranata, PT Eurotruk Transindo, PT Gowa Kencana Motor, PT Hartono Raya Motor, PT Kedaung Satrya Motor, PT Mitra Oto Prima, PT Panji Rama Otomotif, dan PT Star Wagen Indonesia. Tiga finalis terbaik untuk dua kategori diseleksi dari 15 finalis tersebut.


Faustina, Kepala Produk dan Pemasaran PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia menuturkan, “Perkembangan dunia otomotif sangat dinamis dan berevolusi dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir dan kendaraan niaga akan mengalami siklus inovasi lebih cepat daripada rencana dan strategi yang telah disusun. Prioritas kami adalah menyediakan produk dan layanan yang tepat untuk pelanggan dan untuk mempertahankan prestasi Truk dan Bus Mercedes-Benz, kita harus mampu mengikuti perkembangan yang ada dan meningkatkan kontribusi kita di pasar.


Kompetisi ini didesain untuk mengembangkan lebih banyak talenta berpengalaman dalam bisnis kendaraan niaga yang kami jalankan sehingga pelanggan dapat menerima produk truk dan bus beserta pelayanannya yang sesuai dengan aktivitas operasional.”

Ini dia para pemenang DCVI TechMasters 2022/2023


Sebagai bentuk apresiasi, para pemenang DCVI TechMasters 2022/2023 selain mendapatkan piagam dan sertifikat juga memperoleh hadiah total senilai 180 juta rupiah.


Sedangkan untuk kompetisi Truck Sales Masters 2022 total hadiah yang didapatkan para pemenang adalah 59 juta rupiah.


Berikut daftar pemenang

DCVI TechMasters 2022/2023

Mercedes-Benz Axor PT Citrakarya Pranata-Bandung

Mercedes-Benz Actros/Arocs PT Eurotruk Transindo-Samarinda

Bus Mercedes-Benz PT Hartono Raya Motor-Denpasar

DCVI Truck SalesMasters 2022

Mercedes-Benz Actros/Arocs PT Alun Indah-Jakarta

Mercedes-Benz Axor PT Starwagen Indonesia-Balikpapan


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: DCVI

Comments


bottom of page