• Editor

Dampak Perpanjangan PPKM, GIIAS 2021 Mundur 11 - 12 November, Bagaimana IIMS Series?

"Buat IIMS, kita masih di jadwal semula ya..." (Rudi MF - Project Manager IIMS).

Foto ilustrasi: gelaran GIIAS 2019 di Surabaya


OTOPLUS-ONLINE I Perpanjangan masa PPKM hingga 25 Juli 2021 dan pelaksanaan PPKM Level 3 - 4 membuat beberapa kalender event otomotif mengalami penyesuaian jadwal.


Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, misalnya. Kalau sebelumnya pameran otomotif akbar ini dijadwalkan digelar pada tanggal 9 - 19 September 2021, terpaksa harus dimundurkan.


Baca juga: Stop Press: GIIAS Surabaya 2020 Ditunda Akibat Pandemi Corona!


“Gaikindo sangat mendukung dan menghargai langkah serta kebijakan yang diambil Pemerintah RI," buka Ketua Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Yohannes Nangoi seperti yang dikutip dari website resmi gaikindo.or.id.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi (tiga dari kanan) mendampingi Airlangga Hartarto (Menteri Perindustrian) dan Emil E. Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur) saat pembukaan GIIAS 2019 Surabaya lalu


Ditambahkan oleh Nangoi, Gaikindo mengambil keputusan untuk bekerja sama agar tujuan yang kita semua inginkan, yakni teratasinya pandemi akibat Covid-19 dapat segera terlaksana.


"Dengan penyesuaian kembali jadwal penyelenggaraan GIIAS 2021 ini, kami harap akan menjadi keputusan terbaik bagi semua pihak,” kata Nangoi.


Baca juga: IIMS 2020 Ditunda Sebagai Dampak Covid-19!


Menurut rencana, jadwal pelaksanaan GIIAS 2021 berubah menjadi 11 - 12 November 2021, dan akan berlangsung secara offline di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD City, Kabupaten Tangerang.


Selain pameran offline di ICE-BSD City, GIIAS 2021 juga akan hadir dalam platform aplikasi online GIIAS Auto360 yang dapat ditemukan pada di playstore dan appstore.


Jika Gaikindo memutuskan untuk memundurkan jadwal GIIAS 2021, lantas bagaimana dengan event otomotif akbar lainnya?

Road to Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya dihelat di Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 pada 21 – 25 April 2021. Apakah IIMS Surabaya akan mengalami perubahan jadwal?


Patut dicatat, Dyandra Promosindo selaku event organizer pada 1 Juli 2021 lalu telah melakukan peluncuran Indonesia International Motor Show (IIMS) Series.


Dalam rangkaian seri perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) tersebut, ada dua agenda event yang dijadwalkan digelar pada bulan September 2021.


Baca juga: Sekitar 10 APM Mobil dan 9 Merek Motor Ramaikan IIMS Hybrid 2021


Pertama adalah BOS Junior Motocross Championship 2021 (Round 2) yang dijadwalkan digelar pada 18 - 19 September di Baja Otomotif Superblok Jakarta.


Kedua adalah IIMS Banaran 2021 yang menurut agenda digelar pada 24 September - 3 Oktober di Kampoeng Kopi Banaran, Semarang.


Baca juga: IIMS Series 2021 Tampilkan Pameran dan Kegiatan Otomotif dengan Konsep Baru di Lima Kota


Perlu dicatat, selain dua gelaran yang termasuk dalam rangkaian IIMS Series tersebut, masih ada tiga gelaran lain yang digelar selama Oktober - Desember, yakni IIMS Motobike Hybrid Show 2021, 29 - 31 Oktober di Senayan Park Jakarta, IIMS Surabaya 2021, 3 - 7 November di Grand City Convex, dan IIMS Makassar 2021, 1 - 5 Desember di Celebes Convention Center Makassar.


Apakah event ini akan ikut mengalami perubahan jadwal terkait dengan perpanjangan masa PPKM hingga 25 Juli 2021 dan pelaksanaan PPKM Level 3 - 4?


"Buat IIMS, kita masih di jadwal semula ya. Pastinya kita selalu lihat sikon di situasi pandemi sekarang. Jadwal menyesuaikan dan mengikuti regulator, izin untuk pameran offline di masa pandemi," tutur Rudi MF selaku Project Manager IIMS kepada OTOPLUS-ONLINE.


Teks: Indramawan

Foto: Dok. OTOPLUS-ONLINE