• Editor

Deus Ex Machina Bali Memodifikasi All New XSR 155 dengan Konsep 'Aka-Tombo'

Bekerjasama dengan Yamaha Indonesia dalam program Yard Built 2021.

OTOPLUS-ONLINE I Yamaha Indonesia menggandeng salah satu bengkel custom populer di Bali, yaitu Deus Ex Machina dalam program Yard Built, ajang modifikasi dan custom dengan menggunakan All New XSR 155 sebagai basis.


Nah untuk memahami, apa itu program Yamaha Yard Built yang sudah lebih dulu populer di Eropa, baca selengkapnya di link berikut ini:


Baca juga: Kreasi 4 Builder Bandung Memodif XSR 155 Dalam Yamaha Yard Built Indonesia 2021


Lanjut lagi. Dalam memodifikasi All New XSR 155 Standard agar terlihat menjadi lebih klasik atau heritage dalam istilah konsep desain Yamaha, Deus Ex Machina mengangkat konsep 'Aka-Tombo'.

Yamaha YA1 1955


Melalui konsep tersebut, nantinnya tampilan All New XSR 155 akan menyerupai motor legendaris Yamaha YA1 yang hadir di tahun 1950-an.


‘Aka-Tombo’ sendiri merupakan Bahasa Jepang yang berarti Red Dragonfly yang pada saat itu menjadi julukan bagi motor Yamaha YA1 yang legendaris.

Anthony Mclnerheney, Concept Designer dari Deus Ex Machina


“Aka-Tombo adalah motor pertama produksi Yamaha Motor Company. Garapannya memancarkan jiwa ‘Moto & Surf’ yang memberikan kesenangan dan membawa keseruan,” ungkap Anthony Mclnerheney, Concept Designer dari Deus Ex Machina.


Baca juga: Test Ride Yamaha All New XSR 155: Serasa Naik Motor Sport!


"Motor ini punya platform yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan (motor) custom. Karena sudah sangat support, baik secara design, frame fitur hingga mesin 155cc yang powerful."

Setelah proses pengerjaan beberapa ubahan utama dilakukan, akan masuk tahap finishing


Saat ini proses pembuatan All New XSR 155 ‘Aka-Tombo’ telah memasuki tahap akhir, Deus sudah menyelesaikan beberapa ubahan-ubahan utama pada motor.


Mulai dari subframe, kaki-kaki, dan swingarm, dan selanjutnya mereka akan melakukan proses finishing seperti cat, dan pemasangan part-part kecil.


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha Indonesia, Yamaha Global