• Editor

Ditawarkan Rp 357 Juta OTR Jakarta, Apa Kelebihan Quadro Qooder?


Kehadiran Quadro Qooder menambah lagi pemain pasar pada kategori maxi scooter Tanah Air. Peluncuran Qooder di Indonesia merupakan yang pertama di wilayah Asia Tenggara. Budi Kurniawan, CEO PT Enduro Republik mengatakan, “Qooder menawarkan sensasi sebuah motor yang nyaman, stylish, dan stabil.”


Piaggio memelopori kiprahnya di kategori ini dengan melansir Piaggio MP3 250 ie, menyusul Piaggio MP3 125 Yourban, Piaggio MP3 300 ie dan Piaggio MP3 500 Business. Peugeot tak mau kalah dengan ikut menghadirkan Metropolis 400i RX-R ABS.

  • Ditawarkan dengan harga Rp 357 juta OTR Jakarta, apa saja kelebihan Quadro Qooder?

Qooder, merek Swiss yang diproduksi di Taiwan ini dipasarkan oleh PT Enduro Republik dengan harga Rp 357 juta OTR Jakarta. Sebagai perbandingan Piaggio MP3 500 Business dan Peugeot Metropolis 400i RX-R sama-sama dijual dengan harga Rp 280 juta.

  • Disediakan 5 pilihan warna, biru, hitam, merah, silver dan putih

“Kami memberikan jaminan garansi mesin selama 2 tahun dan free cost service maintenance termasuk gratis oli dan spare part kecual untuk kampas rem dan ban,” terang Budi. Lalu apa keunggulan Qooder dibandingkan maxi scooter yang sudah ada duluan? Berikut ringkasannya.


Beroda Empat

Kalau Piaggio MP3 500 Business dan Peugeot Metropolis 400i RX-R memiliki 3 roda, Qooder menggunakan 4 roda berdiameter 14 inci. Bannya berukuran 110/80-14.

  • Sistem kemudi menggunakan tie rod seperti mobil

Berbeda dengan Piaggio atau Peugeot yang menggunakan kombinasi roda berukuran 13 inci di depan dan 14 inci di belakang.


Suspensi Independen

  • Sepasang roda belakang bekerja secara independen

Sistem suspensi di Qooder sudah murni independen, tiap roda dikawal oleh sebuah peredam kejut tipe hydropneumatic. Kalau diamati, tak ada pegas pada sistem suspensi Qooder. Guncangan jalan diredam oleh suspensi udara dengan peredam kejut model hidraulis.

  • Suspensi belakang mengandalkan udara dan hidraulis untuk meredam guncangan

Berbeda lagi dengan maxi scooter lain yang masih harus menekan tombol untuk mengunci suspensi ketika akan berhenti, di Qooder, secara otomatis suspensi akan mengunci ketika berhenti. Quadra menyebut system suspensinya dengan nama Hydraulis Tilting System (HTS).

  • Suspensi depan independen murni dengan sokbreker yang mengawal setiap roda

  • Untuk mengunci suspensi HTS dapat dilakukan dengan menarik tuas HTS Block ini

“Kami telah melakukan tes jalan, menjelajah rute Jakarta - Yogyakarta melewati kaki gunung Merapi dengan melintasi lintasan bebatuan vulkanik. Motor ini sangat stabil,” yakin Budi.


Penggerak Dua Roda

  • Daya disalurkan oleh sepasang sabuk penggerak berbahan karbon

Keunggulan lain yang ditawarkan Qooder adalah system penggeraknya. Karena memiliki dua roda, daya dari transmisi CVT diumpan dulu ke sistem diferensial untuk membagi tenaga ke kedua roda belakang melalui perantara sabuk penggerak berbahan karbon. Dengan dua roda otomatis traksi untuk menghantarkan daya lebih baik.


Tuas Handbrake Unik

  • Letak tuas handbrake seolah muncul begitu saja dari bodi di sisi kanan jok

Untuk mencegah motor bergerak, Qooder dibekali dengan tuas rem yang letaknya unik karena nongol di sisi kanan jok. Untuk mengaktifkan tuas tersebut, kunci kontak harus diputar ke posisi paling kiri. Otomatis perlu kedua tangan untuk mengaktifkannya. Satu memutar anak kunci, tangan satunya menarik atau melepaskan tuas handbrake.

  • Lampu depan masih mengandalkan bohlam halogen

  • Lampu belakang LED

  • Informasi yang ditampilkan panel instrument cukup lengkap

  • Lubang pengisian tangka bensin tersembunyi di bawah jok penumpang, kapasitas bagasi tidak sebesar kompetitor tapi cukup untuk menyimpan satu helm full face


Spesifikasi Teknis

Dimensi

PxLxT (mm): 2200 x 840 x 1360

Seat Height (mm): 780

Weight (kg): 281

Kapasitas tangki bahan bakar: 14 liter


Mesin

Tipe: 4-tak, 1 silinder, 4 katup

Kapasitas silinder : 399 cc

Diameter x langkah (mm): 84 x 72

Pasokan bahan bakar: Injeksi elektronik

Sistem pendingin: Cairan

Tenaga maksimum: 23,8 kW (32,5HP)/7000 rpm

Torsi maksimum: 38,5 Nm/5000 rpm

Kopling: Kering, sentrifugal

Transmisi: CVT


Rem dan Roda

Rem depan: Cakram 240 mm dengan kaliper hidraulis

Rem belakang: Cakram 240mm dengan caliper hidraulis

Roda depan-belakang: 110/80 - 14 M/C 53P

Pelek depan-belakang: 2,75 x 14 inci


Naskah & foto: Ardhitya