• Editor

Driving Experience All New Toyota Veloz: Lebih Percaya Diri Bermanuver Pada Kecepatan Tinggi

Sasis lebih kaku, center of gravity lebih rendah, dengan fitur Traction Control System.

Veloz hanya mempunyai pilihan warna konservatif seperti Black Metallic, Silver Mica Metallic dan satu pilihan premium color, yaitu Platinum White Pearl seperti unit tes ini


OTOPLUS-ONLINE I Pada generasi terbaru All New Avanza,Toyota kini benar-benar secara tegas memisahkan kasta Avanza dan Veloz.


“Avanza diciptakan untuk mereka yang mengedepankan aspek fungsional, sementara Veloz dibuat lebih stylish dan nyaman,” kata Judianto, Area Manager Jatim Auto2000 saat press conference peluncuran The All New Avanza dan Veloz di Surabaya, 10 November 2021 lalu.


Sekilas tentang Veloz. Awalnya Veloz dikembangkan dari Avanza generasi pertama varian 1.5S (2006-2011). Di generasi kedua yang diluncurkan 2011, Toyota menghilangkan varian 1.5S dan menyematkan nama Veloz untuk varian tertinggi Avanza.

Window belt krom memberi kesan mewah


Sebagai varian tertinggi, sejak kelahirannya Veloz telah dibekali desain bodi dan fitur yang lebih advance dibandingkan Avanza.

Veloz dibekali dengan lingkar roda 17 inci. Bannya berukuran 205/50-17


Seperti bumper dengan airdam besar, headlights multireflector, touchscreen, steering audio switch dan lingkar roda lebih besar, 17 inci.

Ground clearance atau jarak terendah ke tanah kini naik jadi 205 mm


Pada tahun 2019 Toyota sebenarnya sudah memisahkan Veloz dengan meniadakan emblem Avanza di generasi Toyota New Veloz.


Mengadopsi Desain Global

Ada sentuhan desain Toyota RAV di moncong Veloz


All New Veloz terlihat mengadopsi desain dari model global yang dipasarkan Toyota, seperti sentuhan desain Toyota RAV terbaru di bagian depan serta Toyota Siena di bagian belakang.

Lebarnya kini mencapai 1,750 mm lebih lebar dari Suzuki All New Ertiga (1.735 mm) dan sama persis dengan Mitsubishi New Xpander


Dikembangkan dari Toyota New Global Architecture, dimensi generasi terbaru Veloz ini membesar di semua sisi. Paling signifikan terlihat dari dimensi panjang yang melar sampai 20,5 cm.

Ada sentuhan desain bodi Toyota Siena di bagian belakang


Dari sisi desain, kami yakin Veloz baru ini bakal membuat calon peminang LMPV bimbang lantaran modelnya yang menurut kami keren.

Headlights LED dengan logo Veloz yang membedakannya dari Avanza


Desain headlights, rear lights, bumper depan-belakang, fender depan-belakang yang berbeda dari All New Avanza menunjukkan niat Toyota untuk benar-benar memisahkan segmen keduanya.


Selain itu berbeda dengan All New Avanza yang dirakit di pabrik Astra Daihatsu Motor, All New Veloz dirakit di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).


Fitur Advance untuk Sebuah LMPV

Multi Information Display berupa layar TFT berukuran 7 inci dengan 3 pilihan tampilan


Untuk sebuah kendaraan Low Multipurpose Van (LMPV), fitur-fitur di All New Veloz khususnya varian Q CVT TSS tergolong advance dan berlimpah.

Head unit layar sentuh 9 inci dengan konektivitas smartphone


Beberapa fitur bahkan tidak dimiliki Toyota New Venturer seperti electric parking brake with brakehold, wireless charger, instrument meter digital TFT 7 inci.

Setir berbalut kulit, di Veloz selain bisa disetel naik-turun (tilt) juga sudah dibekali dengan fitur teleskopik (maju-mundur)


Begitu juga fitur-fitur canggih Toyota Safety Sense seperti Pre Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring.

Electric Parking Brake with Brakehold


Keunggulan ini jelas jadi poin keunggulan All New Veloz dibandingkan para kompetitornya. Bukan nggak mungkin, calon peminang Toyota New Innova varian 2.0 G juga akan melirik All New Veloz.

Seatbelt warning pada 5 bangku belakang


Selain karena dimensi hanya 260 mm lebih pendek, Veloz paling mahal (Q CVT TSS) ditawarkan sekitar Rp30 juta lebih terjangkau. Juga karena konsumsi BBM yang lebih efisien dengan fitur-fitur lebih unggul.


Fleksibilitas dan Kenyamanan Meningkat

Volume bagasi semakin besar dengan fleksibiitas bangku belakang yang dapat dilipat rata lantai


Secara teknis, dimensi All New Veloz membengkak di semua sisi. Panjangnya melar 275mm, lebar membengkak 90mm dan tingginya naik sedikit 5mm. Alhasil kabin penumpang dan volume bagasi bertambah signifikan.


Penumpang di semua baris mendapatkan ruang kaki yang memadai apalagi ruang kaki di baris kedua yang joknya bisa digeser maju mundur sangat jauh.

Kabin yang lega dengan jok belakang yang dapat dimodifikasi menjadi sofa besar


Tak hanya itu, seperti halnya di All New Avanza, desain jok di All New Veloz juga dibekali fitur sofa mode yang memungkinkan bangku baris pertama-kedua atau kedua-ketiga disulap jadi sofa besar. Cerdas!

Rear seat entertainment jadi kelengkapan standar di Veloz


Namun ketika kami coba, di mode sofa bagian sandaran jok yang menopang kaki terasa terlalu tinggi dan busanya kurang empuk, maklum sejatinya kan area yang menopang kaki didesain untuk menahan punggung. Cocoknya dipakai beristirahat ketika berhenti di rest area sembari menonton hiburan dari layar rear-seat entertainment.

Jok baris ketiga dengan legroom lebih luas terasa lebih lega


Melongok bagasi. Volumenya jelas membesar apalagi saat jok baris ketiga dilipat, bisa rata lantai sehingga memaksimalkan ruang bagasi.

Kalau ingin mengisi ulang smartphone, penumpang bangku belakang perlu menggunakan DC adapter


Soal kenyamanan, kabin All New Veloz menyuguhkan segala yang diperlukan untuk sebuah kendaraan multiguna. Head unit misalnya sudah memiliki konektivitas dengan smartphone sehingga pengguna leluasa memilih hiburan sesuai selera.

Seluruh varian Veloz dilengkapi dengan wireless charger


Buat yang perlu mengisi ulang daya baterai smartphone juga tak perlu berebut karena sudah bertebaran di kabin Veloz slot USB, DC slot bahkan wireless charger.

Smartphone pocket, detail kecil yang fungsional, juga tersedia sepasang slot USB untuk jok baris kedua


Detail lain seperti cup holder yang disematkan di depan air vent pada dasbor menurut kami menyenangkan karena membuat minuman tetap dingin sepanjang perjalanan.

Penyangga tangan di doortrim dibekali softpad tapi dengan kualitas kulit artificial yang terasa murah


Komplain kami, kualitas material plastik dan jok kurang baik. Plastik di dasbor dan doortrim terasa kurang solid, tipis dan terasa ringkih saat dipegang.


Sementara soal jok, material kain dan kulit artificial yang digunakan kurang premium, tidak sesuai dengan kasta Veloz sebagai upper version Avanza.


Saran kami jika meminang Veloz buruan upgrade material interior khususnya pembungkus jok di interior specialist agar lebih maksimal menikmatinya.


Impresi Berkendara

Pengendalian All New Veloz jadi lebih tajam dan presisi


All New Veloz dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), merupakan platform modular yang digunakan untuk berbagai model Toyota dan Lexus. TNGA mulai dikembangkan dan digunakan di generasi keempat Toyota Prius yang diproduksi pada akhir tahun 2015.

Mesin 2NR-FE dipadu transmisi CVT. Hanya berkitir 1.600 rpm saat melaju konstan di kecepatan 100kpj


Platform ini dikembangkan Toyota untuk menyederhanakan platform kendaraan-kendaraan yang diproduksi Toyota. Sebelumnya Toyota memiliki 100 varian platform berbeda. Nantinya 80% kendaraan yang diproduksi Toyota bakal menggunakan platform TNGA. Satu platform untuk hampir semua model.


Keuntungannya, selain membuat biaya produksi berkurang 20%, TNGA memiliki kelebihan teknis seperti sasis yang lebih kaku, center of gravity lebih rendah sehingga memperbaiki kemampuan pengendalian dan memungkinkan desain kap mesin dibuat lebih rendah untuk visibilitas yang lebih baik.

Transmisi CVT dengan opsi mode manual


Semua kelebihan itu OTOPLUS-ONLINE rasakan saat melakukan tes jalan secara singkat All New Veloz. Sasis yang kaku bukan berarti redaman suspensinya keras. Kakunya sasis membuat pengendalian All New Veloz jadi lebih tajam dan presisi.


Apalagi All New Veloz kini juga sudah dibekali fitur Traction Control System yang membuat semakin yakin saat harus bermanuver pada kecepatan tinggi. Keasyikan mengemudi bertambah berkat telah disematkannya fitur telescopic steering pada kemudi yang memungkinkan posisi setir disetel maju-mundur sesuai postur pengemudinya. Mantap!


Sementara karakter redaman suspensi lebih dominan ditentukan dari tipe dan setup suspensi juga jarak sumbu roda. All New Veloz menggunakan perpaduan suspensi tipe McPherson Strut di bagian depan dan torsion beam di bagian belakang.

Tidak limbung diajak manuver kencang


Dipadukan dengan sumbu roda yang lebih panjang hampir 10 cm dibandingkan Veloz 2019 karakter suspensi All New Veloz masuk kategori soft-medium tanpa harus membuatnya limbung saat diajak bermanuver kencang melewati jalan menikung panjang di ruas jalan kompleks perumahan elit di kawasan Surabaya Timur.


Tak hanya itu saja, level kepedean saat mengemudikannya meningkat lantaran rem belakangnya menggunakan cakram yang tentu saja sudah dilengkapi dengan sistem ABS dan EBD.

Sistem Lane Departure Assist akan bekerja mengoreksi arah kemudi pada kecepatan di atas 60 kpj


Penasaran dengan fitur Toyota Safety Sense, OTOPLUS-ONLINE kemudian melajukan Veloz ini melewati 60 kpj lalu secara sengaja melaju seolah-olah meleng dengan melintas di garis marka dan secara otomatis sistem akan mengintervensi kemudi untuk kemudian mengembalikan arah laju kendaraan ke jalur sebenarnya.

Sepasang kamera di kaca depan yang mendukung fitur Toyota Safety Sense seperti Pre-Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist


Untuk tes performa dan efisiensi bahan bakar akan jadi bahasan kami berikutnya.


Baca juga:


Harga Toyota Veloz OTR Surabaya

  • 1.5 Q MT: Rp261.683.000

  • 1.5 Q MT (Premium Color): Rp262.983.000

  • 1.5 Q CVT: Rp282.483.000

  • 1.5 Q CVT (Premium Color): Rp283.783.000

  • 1.5 Q CVT TSS: Rp301.883.000

  • 1.5 Q CVT TSS (Premium Color): Rp303.183.000


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto