• Editor

Driving Impression BMW 730Li M Sport (5): Sistem Multimedia Terbaru



Menjamin kenyamanan optimum dan keamanan maksimum, BMW membekali 730Li M Sport dengan sistem multimedia terbaru, BMW Operating System 7.0 dan  Driver Assistant System. 

BMW 730Li M Sport terbaru mendapatkan pembaharuan pada sistem operasi multimedia, yang saat ini menggunakan BMW Operating System 7.0. Sistem baru ini makin memudahkan pengemudi untuk mengoperasikan berbagai fungsi dari kendaraan. Baik melalui sentuhan seperti umumnya pada layar sentuh, gerakan (gesture control), atau perintah intuitif suara dengan kata kunci pembuka “Hello BMW” sebelum memulai komunikasi interaksi alami.


Dapat juga dilakukan dengan menyentuh touch pad di bagian atas swivel wheel i-Drive atau dengan menggerakkan swivel wheel i-Drive. Untuk mengakomodir kebutuhan ini, fungsionalitas dari Controller ditingkatkan. Sebagai contoh, layanan digital seperti apps kini dapat dipilih secara langsung.


Aspek kepraktisan didapat dari kemudahan mengatur posisi duduk dan mengemudi berkat electric adjuster di semua bangku dan electric steering wheel adjuster untuk mengatur naik-turun dan maju-mundur kemudi.


Terdapat pula kompartemen wireless charging di konsol tengah bagian depan, 4 colokan USB, yang di antaranya USB type C dan bottle holder di masing-masing sisi penumpang juga sepasang cup holder yang ditanam di konsol tengah.


BMW Driver Assistant System


  • Digital Driver System yang dapat dipersonalisasi tak hanya menampilkan informasi kendaraan tapi juga dapat menampilkan informasi sistem hiburan dan peta sebagai alat bantu navigasi.


Sistem ini berguna pada situasi berkendara yang kritikal atau pada kondisi monoton misalnya saat melaju di jalan tol. Teknologi yang tertanam di antaranya, Steering and Lane Control Assistant incl. narrow places, Emergency Stop Assistant, Local Hazard Warning, Lane Keeping Assistant with Active Side Collision Protection, Cruise Control, Road Sign Recognition, Distance Control, Speed Limit Assist dan Park Assist.


  • Dengan teknologi Steering & Lane Control Assistant, setirnya dapat melakukan koreksi sendiri apabila kita melanggar marka, sistem ini akan mulai bekerja di atas 70 km/jam.


Sistem ini memungkinkan pengemudi mengoperasikan fungsi individual dengan cepat dan nyaman lewat personalisasi yang diatur melalui layar BMW Live Cockpit Professional sampai membantu pengemudi dengan mengambil alih tugas-tugas tertentu.

Baca juga:

Driving Impression BMW 730Li M Sport (1): Antara Kemewahan dan Performa

Driving Impression BMW 730Li M Sport (2): Kelebihan Gril Raksasa

Driving Impression BMW 730Li M Sport (3): Headlight Berteknologi Laser

Driving Impression BMW 730Li M Sport (4): Kenyamanan Kasta Tertinggi


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto