• Editor

Fuel Pump Toyota Bermasalah, Ayo Periksa, Apakah Mobilmu Ada Dalam Daftar

Untuk mengetahui apakah kendaraan kalian termasuk dalam daftar, silakan mengakses link http://ssc.toyota.astra.co.id/ atau dengan menghubungi customer care Toyota di 1500315 dan dapat juga menghubungi langsung dealer resmi Toyota terdekat.

Ada 286.090 unit ditengarai bermasalah pada komponen fuel pump-nya


OTOPLUS-ONLINE I Toyota Astra Motor kembali menggelar Special Service Campaign (SSC) atau recall yang ditujukan untuk konsumen pemilik mobil Toyota di Indonesia. Komponen yang kali ini ditengarai bermasalah adalah fuel pump. Model-model yang tercakup dalam kampanye recall ini meliputi Alphard (2017-2019), CHR (2018-2019), Innova (2017-2019), Camry (2019), Fortuner (2017-2019), Avanza (2017-2019), Corolla (2018-2019), Rush (2017-2019), Voxy (2018) dan FJ Cruiser (2013-2014).

Untuk mengetahui apakah Toyotamu masuk dalam daftar dapat dicek melalui website


Sebagai catatan tidak semua kendaraan dalam rentang produksi tersebut mengalami masalah pada komponen fuel pump. Hanya kendaraan dengan VIN (Vehicle Identification Number) tertentu saja namun setidaknya dari data TAM ada 286.090 unit yang terlibat dalam kampanye ini.


Masalah yang terjadi yaitu adanya potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar yang mengalami perubahan bentuk seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan pompa bahan bakar macet sehingga tidak dapat beroperasi.


Baca juga: Waduh, Yamaha Indonesia Recall TMax-DX, Bro!


Akibatnya suplai bahan bakar terhenti, mesin pun mati dan tidak dapat dihidupkan kembali. Jika terjadi pada kecepatan tinggi, menimbulkan potensi risiko kecelakaan meski situasi ini jarang sekali terjadi.


“Sebelum mobil mogok akan diawali dengan menyalanya indikator check engine yang diikuti dengan tersendat-sendatnya mobil diiringi suara kasar akibat suplai bahan bakar yang terganggu yang lantas disusul dengan matinya mesin,” urai Ketut Sutena, Service Coordinator Auto2000 Jatim. Maka dari itu sebelum hal tersebut terjadi ayo buruan periksakan Toyotamu.

Atau langsung ke dealer Toyota terdekat


Untuk mengetahui apakah kendaraan kalian termasuk dalam daftar, silakan mengakses link http://ssc.toyota.astra.co.id/ atau dengan menghubungi customer care Toyota di 1500315 dan dapat juga menghubungi langsung dealer resmi Toyota terdekat.


Jika masuk dalam daftar segera lakukan booking service ke dealer resmi Toyota agar pihak dealer dapat menyiapkan part, teknisi dan lainnya pada waktu yang dijanjikan. Untuk kenyamanan dan keamanan sebaiknya segera lakukan penggantian jika mobil Toyota kalian termasuk dalam daftar recall.


Baca juga: Chevrolet Indonesia Umumkan Safety Recall Penggantian Airbag


Karena proses penggantiannya membutuhkan peralatan khusus (special tools) maka proses ini harus dilakukan di dealer. Sementara waktu yang diperlukan untuk penggantian fuel pump berkisar 2 - 4 jam, tergantung model kendaraannya.


Lalu bagaimana di masa PPKM Darurat seperti saat ini? “Penggantian dapat dilakukan setelah masa PPKM Darurat berakhir namun kami menyarankan agar pengguna kendaraan untuk selalu memperhatikan indikator check engine. Apabila indikator check engine menyala, itu menunjukkan terjadi malfungsi pada kendaraan. Segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Toyota, Nugroho Sakri Yunarto