• Editor

Gara-Gara Virus Corona, Kelas MotoGP Ditiadakan Di Seri Qatar


  • Seri pembuka MotoGP 2020 yang akan digelar di sirkuit Losail, Qatar (6-8 Maret) mendatang tidak melombakan kelas MotoGP.

Terkait ditemukannya kasus pertama Corona di Qatar beberapa hari ini, pihak Dorna selaku penyelenggara MotoGP dan FIM (federasi balap motor internasional) sepakat untuk meniadakan kelas MotoGP di seri perdana yang menurut rencana bakal digelar 6 – 8 Maret mendatang di sirkuit Losail, Qatar.


Keputusan ini diambil setelah melihat semakin merebaknya virus Corona ini di Jepang dan Italia beberapa minggu ini. Seperti kita ketahui, kebanyakan tim MotoGP berbasis di dua negara tersebut.


Ditambah lagi dengan dikeluarkannya peraturan karantina 14 hari untuk turis asal Italia yang tiba ke Qatar, maka Dorna Sports dan FIM pun tak punya alternatif lain selain meniadakan kelas MotoGP di seri pembuka nanti.


“Sebagai akibat dari pemberlakuan travel restrictions yang dikeluarkan pemerintah Qatar untuk penumpang dari Italia (dan juga negara lain), maka kami dari FIM, IRTA dan Dorna dengan sangat menyesal mengumumkan untuk meniadakan semua sesi untuk kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk race.” Demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan FIM.

  • Kelas Moto2 dan Moto3 masih akan tetap digelar di Losail, Qatar karena saat ini tim-tim sudah berada di Qatar untuk melakukan tes terakhir pra musim selama 3 hari.

Namun demikian, untuk kelas Moto2 dan Moto3 masih akan terus digelar dengan alasan, tim-tim yang berlaga di kelas tersebut saat ini sudah berada di Qatar untuk melakukan tes pra musim terakhir yang berlangsung selama 3 hari (28 Februari – 1 Maret).


Dari sumber yang sama juga didapat informasi bahwa hal yang sama juga diberlakukan untuk Asia Talent Cup, yang juga akan digelar sebanyak dua race selama Qatar Grand Prix berlangsung, sebagaimana rencana. Namun demikian sumber dari FIM tersebut menegaskan masih akan terus memantau perkembangannya.


Tak hanya MotoGP, kemungkinan besar putaran kejuaraan World Superbike (WSBK) yang juga akan digelar di Losail satu minggu setelah jadwal MotoGP, kemungkinan besar juga akan dibatalkan.

  • Seri kedua MotoGP di Thailand dikhawatirkan juga bakal mengalami penundaan.

Virus Corona yang dilaporkan telah menjangkiti lebih dari 80.000 orang di seluruh dunia, dan telah menyebabkan paling tidak 3.000 kematian sejak pertama kali berjangkit di Cina juga memicu kekhawatiran yang sama pada seri MotoGP berikutnya di seri kedua Thailand (22/3) dan seri ketiga Texas, Amerika Serikat (5/4). Meski belum dipastikan, namun banyak yang memprediksikan bakal ikut terdampak.


Teks: Indramawan

Foto: MotoGP.com

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online