• Editor

Gree Indonesia Buka Training Center di 4 Kota Secara Bersamaan, Terbuka Bagi Teknisi AC!

Berikan lebih dari 200 kelas kursus pelatihan AC untuk ribuan desainer HVAC dan teknisi AC setiap tahun.

Prosesi peresmian Training Center Gree Indonesia di Surabaya Branch Office dilakukan oleh Jimmy Xie, Branch Manager of East Java PT. Gree Electric Appliances Indonesia dan Mr James, Vice President PT. Gree Electric Appliances Indonesia


OTOPLUS-ONLINE I Sebagai produsen AC terbesar dan pemimpin industri HVAC (Heating Ventilation and Air-Conditioning), pada tanggal 29 Juni 2022 kemarin Gree Indonesia membuka empat pusat pelatihan utama dan pusat layanan teknis secara bersamaan di kota yang berbeda.


Empat Training Center dan Technical Service Center Gree Indonesia ini berada di Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan. Untuk Surabaya, peresmian Training Center Gree Indonesia dilakukan di Surabaya Branch Office, Jl. Klampis Jaya No. A22-23 Klampis Ngasem, Sukolilo.

Training Center Gree Indonesia berada di Surabaya Branch Office, Jl. Klampis Jaya No. A22-23 Klampis Ngasem, Sukolilo


Pembukaan Training Center dan Technical Service Center ini dinilai penting mengingat saat ini, industri HVAC di pasar Indonesia tumbuh dan berkembang pesat.


Hal ini dibarengi dengan peralatan HVAC yang diperkenalkan ke pasar juga lebih beragam dan kinerja peralatan teknis yang terus meningkat.


Terkait dengan hal ini, para insinyur sepenuhnya dituntut menguasai teknologi pra-penjualan dan purna jual peralatan HVAC, serta memiliki kemampuan untuk merancang sistem pendinginan sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Turut dihadiri mitra Gree Indonesia, antara lain HAEI (Himpunan Ahli Elektro Indonesia), APITU (Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia), serta ASISI (Asosiasi Teknisi Referigrasi dan Air Conditioner Nusantara)


Adapun tujuan dibukanya Training Center dan Technical Service Center Gree Indonesia ini adalah dalam rangka menumbuhkan bakat profesional yang dapat menciptakan nilai bagi mitra Gree Indonesia, antara lain HAEI (Himpunan Ahli Elektro Indonesia), APITU (Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia), serta ASISI (Asosiasi Teknisi Referigrasi dan Air Conditioner Nusantara).


Untuk meningkatkan tingkat teknis keseluruhan industri pendingin udara ini dapat dicapai melalui pelatihan praktis dan pembelajaran sistematis di Training Center.

Showroom Gree Indonesia menyediakan produk-produk AC terbaru yang paling andal, hemat energi, ramah lingkungan dan berkualitas.


Setelah selesainya empat pusat pelatihan tersebut, cakupan pelayanan akan mencakup seluruh pulau Jawa dan Sumatera, sehingga diharapkan dapat memberikan lebih dari 200 kelas kursus pelatihan AC untuk ribuan desainer HVAC dan teknisi AC setiap tahunnya.


Mr James, selaku Vice President PT. Gree Electric Appliances Indonesia mengatakan bahwa Gree Training Center dan Technical Service Center didasarkan pada konsep menerapkan apa yang telah Anda pelajari.


Baca juga: AC Penting Bagi Kesehatan dan Keselamatan Pengemudi


"Konsep ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan serangkaian kursus pelatihan dan pelatihan keterampilan teknis yang dapat dipahami, praktis, dipelajari, dan dapat digunakan, sehingga para peserta pelatihan yang datang untuk mengikuti pelatihan tersebut benar-benar dapat mempelajari keterampilan dan memadukan teori dengan praktek, sehingga dapat memberikan pelayanan yang profesional kepada konsumen AC Gree ke depannya secara efektif," beber James dalam keterangannya.


Pada saat yang sama, Gree juga berharap bahwa melalui platform training center Gree, berdasarkan perolehan pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri, Gree dapat secara positif menyebarkan informasi tentang kualitas yang luar biasa dan teknologi mutakhir AC Gree kepada masyarakat, serta mendorong konsumen Indonesia untuk menggunakan AC Gree yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.


Baca juga: AC Jadi Kurang Dingin? Hati-Hati, Ini Salah Satu Tanda Air Radiator Habis!


Adapun tiga hal utama pada sistem pelatihan yang lengkap di Gree Indonesia ini meliputi pengaturan kurikulum, konfigurasi ruang kelas, dan fasilitas perangkat keras.


Dalam hal pengaturan kurikulum, ini mencakup empat kategori utama kursus: teori pengetahuan produk, desain skema pendinginan, layanan instalasi, dan layanan pemeliharaan.

Setiap pusat pelatihan dapat menampung 40-60 orang peserta pelatihan di waktu bersamaan


Sementara untuk konfigurasi ruang kelas, empat training center yang tersedia mencakup area mulai dari 400 m2 hingga 1200 m2, dan dilengkapi dengan area display produk, ruang pelatihan teori, dan ruang operasi praktis. Setiap pusat pelatihan dapat menampung 40-60 orang peserta pelatihan di waktu bersamaan.


Dalam hal pengaturan perangkat keras, berbagai sistem pendingin udara seperti unit wall-mounted tipe split, floor standing, cassette, duct, GMV, heat pump, dan unit air cooled package dipasang.

Peserta dapat melakukan praktik langsung


Peserta dapat melakukan praktik langsung seperti pemasangan AC, commissioning, trouble-shooting, pembersihan, dan maintenance di lokasi.

Training Center akan mengeluarkan sertifikat kelulusan atas nama Gree dan memberikan hadiah sebagai penyemangat


Training Center AC Gree terbuka untuk peserta pelatihan sepanjang waktu (kecuali hari libur), materi kelas pelatihan akan dipublikasikan setiap minggu, dan peserta pelatihan bebas mendaftar untuk berpartisipasi dalam kursus pelatihan.


Bagi peserta pelatihan yang telah mengikuti semua kursus pelatihan dan lulus ujian, pusat pelatihan akan mengeluarkan sertifikat kelulusan atas nama Gree dan memberikan hadiah sebagai penyemangat.


Teks: D. Dewantoro

Foto: D. Dewantoro, Indramawan