• Editor

Harley-Davidson Perkenalkan LiveWire Sebagai Brand Baru Khusus Electric Vehicle

Ditandai dengan pengenalan produk pertama, LiveWire ONE.

OTOPLUS-ONLINE I Sebelumnya LiveWire dikenal sebagai salah satu produk Harley-Davidson untuk kendaraan listrik. Namun pada tanggal 8 Juli 2021 kemarin, Harley-Davidson secara resmi memperkenalkan LiveWire sebagai brand yang berdiri sendiri.


Baca juga: Misi Harley-Davidson 2021: Pasarkan Produk The-All-New untuk Segmen Baru


“Sebagai bagian dari strategi, kami membuat komitmen bahwa Harley-Davidson akan menuju kepada kendaraan elektrik,” ujar Jochen Zeitz, Chairman, President and CEO of Harley-Davidson.

Tak lagi ditemukan logo Bar and Shield Harley-Davidson pada tangki. Hanya brand LiveWIre.


“Kami percaya dengan semangat dan brand value dari LiveWire, sehingga kami mengambil keputusan untuk mengubah LiveWire menjadi sebuah brand untuk kendaraan listrik.”

Jarak sumbu roda 1490.98 mm dan rangka aluminium yang ringan didesain untuk menghasilkan handling yang lincah. Centre of gravity (CoG) yang rendah membuatnya terasa ringan baik pada kecepatan rendah maupun ketika berhenti.


Untuk menandai moment bersejarah tersebut, pada kesempatan ini pula turut diperkenalkan produk pertama dari LiveWire, yakni LiveWire ONE.

Suspensi kelas dunia Fork Showa SFF-BP dan shockbreaker belakang BFRC hasilkan handling yang presisi di segala medan jalanan, serta dapat disetel secara penuh.


“LiveWire ONE memiliki DNA Harley-Davidson, tapi fokus pada kendaraan listrik, dan membawa ambisi dari brand baru LiveWire,” lanjut Jochen Zeitz. “Harley-Davidson dan LiveWire akan terus menuliskan sejarah, dan kami sangat bersemangat dengan hal ini.”

Pengecasan baterai bertegangan tinggi 15,4 KWH bisa dilakukan dari atas tangki.


LiveWire ONE mempunyai tenaga sebesar 105 HP dan torsi sebesar 86 ft. lbs. Dari kondisi diam (0 Km/jam) ke 96,5 Km/jam ditempuh dalam waktu 3 detik. Sementara dari 96,5 Km/jam ke 129 Km/jam dalam waktu 1.9 detik. Top speed yang bisa diraih adalah 177 Km/jam.

Menggunakan electric motor produk Revelation, pengendara akan merasakan sensasi tenaga instan


Selain itu, LiveWire ONE mampu menempuh jarak sejauh 235 Km. Lama pengecasan ulang daya baterai dari 0 ke 100% membutuhkan waktu 60 menit, sementara dari 0 ke 80% butuh waktu 45 menit.

Mampu menempuh jarak cukup jauh sehingga ideal digunakan sehari-hari


Menurut rencana, LiveWire ONE akan beredar di pasar internasional mulai tahun 2022 mendatang. Harga yang ditetapkan saat launching perdana ini adalah $21,999 atau sekitar Rp319 juta.


Baca juga: Liputan Eksklusif: Komparasi H-D FLSTF Fat Boy 1990 dan Fat Boy 114 2020


Selain itu diinformasikan juga bahwa LiveWire ONE akan mengawali debut perdananya di event IMS North California pada 18 Juli 2021, dan membuka kesempatan kepada pengunjung untuk melakukan demo ride.


Teks: Indramawan

Foto: LiveWire