• Editor

IIMS Virtual x Shopee 2021 dan Strategi Dyandra Promosindo untuk Survive

IIMS Virtual x Shopee merupakan fase pertama dalam rangkaian event IIMS pada tahun 2021 ini.

OTOPLUS-ONLINE I Beberapa waktu lalu, kami mendapat surat pemberitahuan resmi yang menginformasikan bahwa berkenaan dengan rencana penyelenggaraan GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW), dan GIIAS Surabaya 2021 yang sebelumnya direncanakan berlangsung pada Maret 2021, secara resmi ditunda. GAIKINDO memutuskan untuk memulai penyelenggaraan pameran otomotif pada paruh kedua tahun 2021.


Dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, kiranya keputusan postpone ini bisa dimaklumi. Dan bisa dimaklumi pula, jika beberapa Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor maupun main dealer kemudian memutuskan untuk membuat sendiri-sendiri pameran virtual.


Baca: Apa Sih Pameran Virtual Itu, dan Seberapa Signifikan Naikkan Penjualan?


Tentu kondisi seperti ini menjadi pukulan berat bagi perusahaan penyedia jasa event organizer. Sebab tanpa mereka pun siapa saja bisa membuat pameran virtual, dengan lebih fokus pada produk mereka sendiri, dan tentu saja, dengan harga dan kualitas sesuai keinginan mereka sendiri.


Meski demikian, Dyandra Promosindo tidak mau kibarkan white flag. Di tengah kondisi sulit seperti ini, Professional Exhibition/Event Organizer (PEO) ini bertekat untuk terus menggelar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021.

  • Untuk pertama kalinya dalam sejarah perjalanan IIMS, tahun 2020 Dyandra Promosindo batal melaksanakan pameran akbar ini sebagai akibat pandemi COVID-19.

Tentu ini akan menjadi showcase yang menarik, bagaimana salah satu perusahaan besar yang membawahi 11 anak perusahaan yang bergerak di bidang event/exhibition organizer, concert promotor dan juga digital agency ini berusaha menyelamatkan bisnis yang dirintis sejak berdirinya pada tahun 1994 silam.


Melalui Virtual Opening Ceremony IIMS Virtual x Shopee 2021 dan press release yang dikirimkan kepada redaksi OTOPLUS-ONLINE, kami bisa melihat, bagaimana Tim Dyandra Promosindo di bawah kendali Hendra Noor Saleh selaku Presiden Direktur bekerja keras dan smart dalam merumuskan strategi, untuk justru kembali menggelar IIMS tahun ini, setelah sempat terhenti tahun 2020 lalu sebagai akibat pandemi. Lantas strategi apa yang dimainkan Dyandra Promosindo?

  • Hendra Noor Saleh selaku Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo

"Setelah melihat bagaimana IIMS Motobike Show yang kami gelar secara hybrid pada bulan Desember 2020 lalu bisa berlangsung dengan mulus, kami selaku pioner dalam penyelenggaraan event otomotif hybrid di Indonesia akhirnya memutuskan untuk menyelenggarakan kembali IIMS di tahun 2021 ini," buka Hendra Noor Saleh atau lebih akrab disapa Kohen.


"Dengan berfokus pada sebuah konsep yang commit untuk mendukung secara penuh industri otomotif di Indonesia, maka telah menjadi keputusan kami di tahun ini, untuk menggelar IIMS secara continuity," lanjut pria yang sebelumnya telah lama malang melintang di dunia otomotif sebagai jurnalis ini.


Maksud dari kata 'continuity' atau berkesinambungan ini adalah menggelar IIMS 2021 melalui beberapa fase, sebagai wujud dari komitmen untuk mendukung secara penuh industri otomotif di Indonesia, sebagaimana dituturkan Kohen.

  • IIMS Motobike Show yang sukses digelar secara hybrid pada Desember 2020 lalu memberikan confidence bahwa gabungan event off-line dan on-line punya peluang positif untuk dijadikan platform gelaran

"IIMS Virtual 2021 X Shopee yang digelar secara virtual pada 18 - 28 Februari 2021 ini adalah fase pertama atau pre-event dari IIMS Hybrid yang akan digelar di JIExpo Kemayoran," jelas Kohen.

Digelar pada kuartal pertama tahun ini, IIMS Virtual 2021 X Shopee bertujuan mendukung program promosi dan penjualan industri otomotif dan diharapkan dapat melipatgandakan transaksi agar pemulihan industri otomotif akan berjalan lebih cepat. Untuk itu, ada berbagai program promo menarik selama sebelas hari kedepan, seperti online auction, online doorprize dan flash sale.


Dilanjut fase kedua masih akan digelar pada Maret 2021 mendatang, dan diikuti fase ketiga atau terakhir, yang diharapkan digelar dalam format IIMS Hybrid pada April 2021, setelah mengantongi izin berpameran dari Pemerintah, berupa pelaksanaan IIMS di JIExpo Kemayoran secara offline dan online secara bersamaan.

  • Virtual Talkshow sebagai salah satu konten acara IIMS Virtual x Shopee 2021

"IIMS Virtual 2021 ini adalah bentuk apresiasi dan kompensasi dari kami kepada para peserta pameran yang telah turut berpartisipasi meramaikan IIMS 2021."

Begitu penuturan Kohen selanjutnya. Kami melihat, apresiasi dan kompensasi ini sebagai additional value yang ingin diberikan Dyandra Promosindo kepada para 'kliennya' dalam hal ini adalah brand otomotif dan pendukungnya yang menjadi peserta IIMS 2021.


Sebut saja BMW, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi, Toyota, Prestige, Wuling Motors dan Brand X. Kendaraan roda dua sebanyak 7 brand ternama yaitu Benelli, BMW Motorrad, Italjet, Niu, Royal Alloy, Velocifero dan Vespa Sinergi, plus Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) serta puluhan brand aftermarket.

  • Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian saat memberikan sambutan

Keputusan ini mendapat sambutan positif dari Pemerintah. Dalam sambutannya, Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian berharap pameran Indonesia International Motor Show 2021 menjadi wadah untuk mendukung industri otomotif agar segera bangkit dan memberi semangat untuk menghadapi pemulihan ekonomi. Sekaligus dalam menghadapi pandemik Covid-19, diharapkan sektor otomotif yang mempunyai multiplier besar menciptakan lapangan kerja dan sangat penting untuk industri turunannya, termasuk di sektor perdagangan maupun di sektor perbengkelan.

  • Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian saat memberikan sambutan

Hal serupa turut diungkapkan Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian, yang mengungkapkan dengan dibukanya fase pertama rangkaian IIMS 2021 ini akan mampu membangkitkan kegairahan publik dan minat masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor yang pada akhirnya akan mempercepat pemulihan sektor otomotif di tengah pandemi Covid-19.

  • IIMS Virtual x Shopee 2021 diharapkan memberikan new level of experience bagi pengunjung tanpa batasan wilayah atau negara

Meski digelar secara virtual, namun Dyandra Promosindo bertekad untuk menghadirkan pengalaman baru. "Pengunjung tidak terbatas pada masyarakat yang tinggal di Indonesia saja, tapi juga di negara lain," semangat Kohen.


Sesuai namanya, pameran IIMS Virtual 2021 X Shopee dapat diakses seluruh kalangan melalui laman official website www.indonesianmotorshow.com tanpa dipungut biaya. Pengunjung hanya perlu membuat akun melalui official website dan segera bisa terhubung dengan pameran IIMS Virtual yang sedang berlangsung.


Karena bersifat virtual, pengunjung tidak perlu khawatir jika hendak melakukan interaksi digital dan transaksi belanja produk otomotif. Kerja sama dengan Shopee sebagai Official E-Commerce Partner guna memberi kemudahan bagi pengunjung untuk menemukan dan berbelanja produk otomotif yang diinginkan melalui aplikasi Shopee, serta menikmati penawaran spesial selama acara berlangsung.

  • IIMS 2021 mengajak para pelaku industri otomotif maupun stakeholders IIMS untuk bersama terus maju menerjang berbagai batasan

Di akhir sambutannya Kohen mengatakan, IIMS 2021 dan tujuannya akan berjalan dengan baik, bila dilakukan dengan niat yang ikhlas dan semangat kebersamaan bagi para pelaku industri otomotif maupun stakeholders IIMS. Pernyataan ini seolah menjadi ajakan untuk terus maju bersama, berkreasi memunculkan gagasan dan ide-ide baru di tengah keterbatasan selama pandemi ini.


Selamat kepada Dyandra Promosindo bersama gelaran akbarnya. IIMS 2021!


Teks: Indramawan

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.