• Editor

Indian Chopper Ini Pantas Jawara Bigtwin Show, Detailnya Bikin Geleng Kepala

Teks dan Foto: Onno “Berserk” Wieringa (madnessphotography.nl)

OTOPLUS-ONLINE I Jan Glas membangun Indian Chopper ini dari rangka hardtail yang dibelinya sekitar 30 tahun lalu di O.I.T. (Overseas International Trading) di Breda, Belanda.


Dia memang gila motor 10 tahun ini, dan di usianya yang 59 tahun, Jan membangun Indian chopper yang fantastis ini sendirian.

Kerja keras ini membuahkan hasil ketika dia menyabet predikat Best of Show di Bigtwin Show tahun lalu.


Bagaimana tidak. Jan mengerjakannya selama bertahun-tahun di Indian Chopper di PB clubhouse yang ada di Kota Fryslân yang cantik, terkadang dengan bantuan dari teman dan sesama anggota klub.

Hasilnya, gila! Kreativitas, detail, dan desainnya sangat menakjubkan! Namun Jan tetap bersikap rendah hati saat berbicara tentang chopper-nya. Dia menceritakan dengan senyum lebar tentang kesulitan selama proses pembuatannya.


Baca juga: Motor Custom Gaya Bagger Ini Bikinan Mantan Drag Racer Belanda, Bas Grondhuis


"Ada masalah, banyak masalah, tapi masalah itu ada untuk dipecahkan!" buka Jan. Dia melanjutkan, “Ini adalah proses tanpa akhir. Dimulai dari mengumpulkan bagian-bagian komponennya, membuatnya, memodifikasinya sampai akhirnya didapat hasil yang saya pikirkan.”

Jan pun mengajak saya melihat-lihat detail chopper-nya, dan menunjuk bagian-bagian yang menurutnya istimewa. Lalu dia memberi tahu mengapa mereka begitu istimewa, sambil menjelaskan panjang lebar hingga saya mendengarkan dengan terengah-engah dan menyimak dengan penuh kekaguman saat dia menjelaskan.

"Sadel ini contohnya. Pertama saya tekuk-tekuk plat stainless steel sampai dapat bentuk yang saya inginkan. Saya tambahkan engsel di depan, dan di bagian samping, saya tambahkan plat stainless steel dengan lubang-lubang menyesuaikan bentuk sadel. Kemudian saya poles semuanya, sebelum saya lapis dengan kulit yang saya ambil dari mantel yang saya beli di pasar."

Sepatbor belakang juga punya kisah menarik menurut Jan. "Ini aslinya sepatbor aftermarket. Tapi kemudian saya tambahkan strip di bagian tengah, dan juga saya tambahkan bingkai di sekelilingnya. Kemudian untuk pegangan sepatbor itu saya bikin dari kawat baja perahu layar, yang saya las pada bushing dari stainless steel."

Berikutnya adalah tangki bahan bakar yang dibentuk dengan indah sehingga menjadi salah satu bagian yang menarik dari chopper berjuluk 'Another 45 Miles to Go'.

"Itu saya buat dari tangki bekas, yang saya modifikasi habis-habisan," kata Jan. "Saya rombak bagian bawahnya dan buatkan parit menyesuaikan rangka yang menjadi dudukan tangki sehingga bisa terpasang dengan baik. Kemudian saya bongkar lagi bagian atas tangki. Termasuk saya tambahkan pinggiran dengan tambahan lubang-lubang."

"Kemudian saya juga buatkan tutup tangki, dengan tuas pembuka yang saya bikin dari gagang garpu. Setelah semuanya terpasang, saya lakukan uji tekanan terhadap tangki ini untuk memastikan tidak ada kebocoran. Baru setelah itu bagian dalam tangki diberikan coating sehingga tahan karat," jelentreh Jan.

Fork depan juga tak luput dari kreativitas Jan. "Setelah saya beli garpu depan itu, pertama saya gerinda habis headset pin-nya dan ganti dengan yang baru, dengan sudut baru pula supaya mendapat trail yang benar."

"Setelah itu, saya buatkan lubang dengan cara dibor, sehingga kabel rem bisa masuk," tunjuk Jan. Pengerjaan tak berhenti di situ saja. Berikutnya springer (per) dibongkar dan diberikan powder coating dan kemudian dipoles, dan setelah itu beberapa bagian dikrom. Braket untuk kaliper rem juga dibuatkan dari stainless steel dan spacers dibuat dari kuningan.

Sementara itu, setang melengkung diambil dari sepeda Melle yang dipasang terbalik dan dibungkus hitam. Tuas dibuatkan dari kuningan. Untuk memfungsikan rem depan dan kopling dilakukan dengan cara memasang pompa hidrolik di bawah tangki.

Untuk mesin V-Twin Power Plus 100 Indian, Jan menambah daya dengan memasang camshaft produk Andrews, dan pengapian dari merek Crane.

Di bagian ini kita bisa melihat kreasi Jan yang lain berupa filter udara buatan sendiri dari aluminium, juga sayap pendingin kelistrikan dari kuningan. Tentu saja komponen seperti knalpot tak luput dari sentuhan tangan Jan.


Baca juga: Chopper Berjuluk Captain Larry Ini Dirakit dari Barang Dagangan Zodiac


Akhirnya untuk pengecatan, Jan menyerahkannya pada Jacco 'Royal Jack' Reniers, dengan pilihan warna Candy Apple Red.

Jadi wajar jika Jan butuh waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan Indian Chopper ini, dengan semua detailing hampir di setiap komponen. Wajar juga jika Jan memenangkan Best of Show tahun lalu untuk masterpiece roda dua yang menggambarkan craftsmanship, dan kreativitas!


Spesifikasi (sesuai keterangan pemilik / builder)

UMUM

Nama motor: Another 45 Miles to Go Pemilik: Jan Glas Builder: Jan Glas Merek: Indian Model: Long fork chopper Lama pengerjaan: sekitar 2.5 tahun


MESIN

Tahun: 2003 Builder: Black Hawk Kapasitas: 1600cc Tipe: Power Plus 100 Karter: Black Hawk

Kem: Andrews Karburator: HRS Mikuni 42mm Filter udara: Shuttle type Rumah filter udara: dibuat dari aluminum Pengapian: Crane fireball HI-4E Knalpot: ceramic coated, muffler dibuat ulang dengan ujung model fishtail (ekor ikan) Girboks: dikonversi ke 5-speed


LAIN-LAIN

Rangka: Jammer Fork depan: tipe springer Pelek depan: Big Spoke, 52 spokes, 21 inch x2.15 Ban: 80/90 – 21 inch Avon Pelek belakang: Big Spoke 52 spokes 18 inch x5.5 Ban: Bridgestone BT54 170/60 – 18 inch

Rem: (belakang) Harrison Billet Sprocket Brake (depan): double disc Brembo Sepatbor belakang: aftermarket rebuilt Tangki bahan bakar: beli seken dan kemudian dimodifikasi Dashboard/Counters: Motogadget dipasang di bawah setang Tangki oli: buatan sendiri Setang: Melle Peninggi setang: owner and Biltwell, stainless steel dengan kuningan Spion: dibuat sendiri stainless steel dan kuningan Pegangan tangan: Genuine Harley rubber

Rumah switch/Tuas rem dan kopling: K-Tech dimodel ulang Lampu depan: Crime Scene Lampu belakang: Crime Scene Jok: stainless steel dilapis kulit Forward controls: stainless steel dan dipoles Pijakan kaki: dibuat dari stainless steel Pedal rem dan persneling: dibuat dari stainless steel dan kuningan


CAT

Warna: red with gold leaf Tipe dan merek cat: Candy Apple Red with mini flakes / Gold Leaf

Painter: Royal Jack Customs, Jacco Reniers Special Paint / logos: Indian head pada tangki dengan matahari Jepang warna hitam sebagai background Ide: Jan Glas Desain: Jan Glas dan Jacco Reniers

Terima kasih kepada: Klaas Zwerver, Klaas BSA, Wessel, Leo dan semua anggota klub MCPB