• Editor

Motor Custom Gaya Bagger Ini Bikinan Mantan Drag Racer Belanda, Bas Grondhuis

Bagger custom bernama Nasty Sin ini memakai H-D Street Glide 2018 sebagai basis dan dibangun sendiri selama 2 tahun.

OTOPLUS-ONLINE I Bas Grondhuis adalah mantan pembalap drag race berkebangsaan Belanda, yang secara tak disengaja menjadi builder motor custom dadakan.

Bagger custom dari basis H-D Street Glide 2018 ini adalah motor yang dibangunnya sendiri selama 2 tahun.

Kepada Onno Wieringa, kontributor Otoplus-Online, pria berusia 44 tahun yang kini menjalankan usaha di bidang instalasi ini mengisahkan, bagaimana pengalamannya menjadi builder dadakan.

"Ini adalah Harley kedua saya, sebelum Thunderbike chopper yang dibangun oleh seorang builder di Limburg," buka Bas.


Baca juga: Mengenang Ton Pels, Drag Racer dan Orang Besar Di Balik Zodiac International


Namun pada perjalanannya, Bas mengaku kurang puas dengan pekerjaan renovasi pada motornya itu. "Karena itu akhirnya saya putuskan jual motor itu. Meski agak menyesal, tapi dari sini kemudian muncul keinginan saya untuk membangun sendiri bagger. Saya melihat motor gaya bagger ini di internet beberapa beberapa tahun lalu, dan pengin sekali membikinnya," tutur Bas.


Baca juga: Liputan Eksklusif: Komparasi H-D FLSTF Fat Boy 1990 dan Fat Boy 114 2020


Saat itu Februari 2019, ketika Bas mendengar bahwa Mario, seorang builder dari bengkel spesialis bagger Dévé Baggers menjual H-D Street Glide yang sudah mengalami sedikit rombakan. "Saya pikir, motor ini tepat untuk dijadikan basis bagger yang saya inginkan," sergah Bas.

Setelah motor didapat, Bas sengaja mempertahankan rangkaian penggerak, mesin, transmisi, dan gigi primer orisinal motor karena menurutnya punya H-D Street Glide ini adalah yang paling bandel. Bagaimana dengan komponen lainnya?


Baca juga: Special Report: Jajal Langsung Triumph Rocket 3 R & GT Di Tenerife, Spanyol


"Hampir tidak ada yang standar, kecuali air-sus (suspensi udara), steering head, dan electric center position. Lainnya sudah saya modifikasi, sesuaikan, atau ubah sekalian," kata Bas.

Fairing depan, misalnya. Bas membuatnya sendiri, dengan penambahan rumah untuk lampu sein yang dibuat menyatu. Juga fairing bagian bawah, dan seluruh proses ubahan pada bagian depan agar pelek diameter ekstra lebar 30 inci bisa muat terpasang.

"Cover fork depan juga saya panjangkan, sehingga ketika motor ini dalam posisi riding, tidak akan terlihat 'kakinya'. Semua tampak menyatu dan terbungkus," tunjuk Bas.

Ubahan lain ada pada bagasi. "Saya bikin lebih lebar, agar bisa memuat spiker dan subwoofer," kata Bas yang juga menambahkan LED strips pada bagasi yang jadi ciri motor bergaya bagger. Dari kata 'bag' atau bagasi inilah istilah untuk motor turing bagger ini berasal.

Bas mengatakan banyak mendapat bantuan dari temannya, Eric yang bisa dibilang sebagai konsultan pada pengerjaan motor ini. "Ada begitu banyak bagian yang dibuat dan dipasangkan pada motor ini. Semuanya serba bikinan sendiri," bangga Bas.

Setelah semuanya selesai, motor pun siap memasuki proses pengecatan. Muncul kendala karena setelah waktu yang dijanjikan 2 bulan, pengecatan motor ini belum juga dikerjakan.


Baca juga: Proyek Iseng, Electric Chopper


"Padahal saya sudah pengin sekali mengendarai motor ini saat libur Paskah bersama teman, seperti yang sudah saya janjikan."


Baca juga: Karena Harga Miliaran, Pria Italia Ini Nekat Bikin Brough Superior 'KW'


Untungnya, Bas kemudian menemukan bengkel cat Schijndel yang ada di Lelystad. "Mereka tak hanya mengerjakan pengecataan, tapi juga menyempurnakan beberapa detail," girang Bas.

Pilihan warna adalah Tactic Green, yang adalah warna Audi dengan modifikasi pada pengulangan lapisan golden glow.

Bas kini benar-benar memiliki bagger sejati, setelah lama sebelumnya harus puas membesut bagger abal-abal. "Ya! Semua teman-teman ikut gembira saya bisa menyelesaikan bagger ini," pungkas Bas yang memberi nama bagger ini Nasty Sin.


Data Teknis:

UMUM

Pemilik: Bas Grondhuis Builder: H-D / Ground House Merek: Harley-Davidson Model: Street Glide Tahun pembuatan: 2018


MESIN

Tahun pembuatan: 2018 Builder: Harley-Davidson Kapasitas: 107 Tipe: M8 Sistem bahan bakar: H-D EFI

Rumah filter udara: orisinal Pengapian: orisinal Knalpot: orisinal Girboks: orisinal


SASIS

Rangka: 2018 Touring Fork depan: American Suspension air suspension Swingarm: standar Shockbreaker: American Suspension Pelek depan: 30 inci dibuat oleh Serge Bike Steroids, owners design Pelek belakang: standar H-D Rem: cakram racing dari Galfer


LAIN-LAIN

Spatbor depan: 30 inci dimodifikasi gaya short race Spatbor belakang: dipanjangkan kira-kira 5/5 inci dengan bahan polyester dan ditambahkan rumah plat nomor dan bagasi Penahan spatbor: dicat sesuai warna motor

Tangki bahan bakar: Dimodifikasi Dashboard/Counters: Sony radio dengan web link Netflix, YouTube dan lain-lain Tangki oli: standar Setang: 12 inci Paul Jaffe Spion: Arlen Ness Handgrips: Black Avon Rumah switch/tuas rem dan kopling: H-D Lampu depan: Daymaker Lampu belakang: Heinz Bikes plat nomor dan LED strip Indikator arah: Heinz Bikes plat nomor dan LED strip untuk Volkswagen T6 ditambahkan pada fairing depan Sadel: Crocodile Alcantera


PAINT WORK

Warna: Audi Tactic Green Tukang cat: Van Schijndel Lelystad Desain: Ground House Design


Terima kasih pada:

  • Eric Claro untuk nasihat dan idenya

  • Van Schijdel Spouterij. King Custom Coatingz

  • Ellermeyer saddles

  • Mikey (untuk pemasangan ban 30 inch)

Teks dan Foto: Onno 'Berserk' Wieringa (madnessphotography.nl)

Editor: Indramawan