• Editor

Chopper Berjuluk Captain Larry Ini Dirakit dari Barang Dagangan Zodiac

Teks dan Foto: Onno 'Berserk' Wieringa (madnessphotography.nl)

OTOPLUS-ONLINE I Chopper keren ini dibangun Untuk memperingati tahun didirikannya Zodiac pada tahun 1969. Zodiac sendiri yang sekarang berusia 52 tahun adalah produsen dan penjual suku cadang Harley-Davidson dan motor-motor bermesin V-Twin di Amerika, sekaligus custom parts.


Selain itu, 1969 adalah tahun yang sama dengan dirilisnya film legendaris di kalangan bikers, yakni 'Easy Rider, yang dibintangi Peter Fonda, dan turut menampilkan chopper ikonik berjuluk Captain America.

“Selain itu, kami mendedikasikan chopper yang kami bangun ini untuk Indian Larry, pembuat chopper yang 100 persen berpegang teguh pada gaya chopper dan bobber di masa itu," jelas Vincent Pels, CEO Zodiac.

"Sejumlah elemen seperti tangki Mustang, mesin dengan kepala silinder dari tahun konstruksi yang berbeda adalah sesuatu yang menjadi ciri khasnya. Karena itu kami memberi nama motor ini 'Captain Larry'," jelas Vincent.


Baca juga: Mengenang Ton Pels, Drag Racer dan Orang Besar Di Balik Zodiac International


Captain Larry sepenuhnya dibangun menggunakan parts atau komponen dari gudang Zodiac. “Charles, mekanik kami di Zodiac, mendapat banyak pujian setelah membangun motor ini,” kata Vincent.

”Saya selalu datang membawa desain, gaya, dan bagian-bagian yang akan kami gunakan untuk kreasi yang akan kami buat, dan mendiskusikannya dengan pegawai kami. Tapi Charles-lah yang selalu harus mewujudkan semua ide itu menjadi kenyataan," lanjut Vincent.


Baca juga: Motor Custom Gaya Bagger Ini Bikinan Mantan Drag Racer Belanda, Bas Grondhuis


Oh ya, lokasi tempat kami mengobrol pada sesi pemotretan ini ada di Kota Dordrecht yang berada di Belanda bagian selatan.

Anda bisa melihat Dordrecht Traffic Bridge, atau juga disebut Jembatan Kota Dordrecht yang terdiri dari dua jembatan yang membentang di atas sungai Oude Maas.


Baca juga: RSD Wee Monkey: Mini Bike Custom Pesanan Aktor Jason WeeMan Acuna


Ini adalah kampung halaman Jacco Reniers, atau lebih dikenal sebagai Royal Jack. Dia yang membuat lukisan indah tentang Captain Larry pada motor. Kita sengaja bertemu di sini buat foto-foto, sembari ngobrol dengan Vincent tentang kreasi Zodiac yang terbaru.

Vincent segera menunjuk dengan antusias ke tangki bensin berbentuk seksi, “Tangki itu terbuat dari salah satu tangki Mustang kami, dan pada awalnya dirancang dan dimaksudkan hanya untuk dibuat satu biji saja," kata Vincent.

"Untuk itu, kami menggerinda salah satu sisi tangki hingga lebih cekung ke dalam. Hasilnya ternyata cukup bagus, sehingga akhirnya kami berencana bikin tangki kedua untuk kami kirimkan sebagai prototipe ke Zodiac Taiwan. Di sana tangki ini akan diproduksi massal, dan tangki ini sudah ada di katalog online kami, dan akan segera tiba,” jelentreh Vincent.

Selanjutnya Jacco 'Royal Jack' bercerita tentang konsep pengecatan pada motor. "Vincent datang dengan ide warna terang sebagai dasar dan memberikan sedikit sentuhan kartun," ujarnya.

"Kami juga ingin mencoba mempertahankan warna Zodiac, jadi saya memasukkannya ke dalam grafik yang dilukis dengan tangan dan garis-garis."

"Untuk warna dasarnya, telah dipilih Pearl White yang mengubah warna terang menjadi krem. Selanjutnya, semua grafik dilukis dengan tangan."


Baca juga: Selain CB Gibran Rakabuming, BMW 1150 Cafe Racer Ini Jadi Masterpiece RRRG


"Saya mendesain sisi tangki sebelumnya, sehingga kami bisa melihat apakah idenya akan berhasil. Ini telah menjadi sedikit tampilan 'Dias de los Muertos' ala Meksiko."

"Jika diperhatikan secara detail, terlihat pengendara sepeda motor membawa sebotol bir Corona di tangannya, untuk menegaskan bahwa motor tersebut dibuat di masa pandemi COVID-19."


Baca juga: Kromworks Indonesia Ekspor Cafe Racer Kinclong ke Inggris


"Saya juga sengaja menggambar ulang mesin untuk kedua sisi tangki, karena jika tidak, mesin dicerminkan di satu sisi, yang tidak benar. Secara keseluruhan itu ternyata menjadi motor keren jika Anda bertanya kepada saya.”

Mesin dengan dua kepala silinder yang berbeda, Panhead dan Shovelhead, tampak sangat mencolok, dan keseluruhannya adalah mesin S&S 1530cc gaya lama, tapi dengan teknologi modern dan tenaga mumpuni.

“Pada dasarnya ini adalah mesin bergaya Panhead dari S&S. Versi Alt-Gen, yang menyerupai mesin Generator lama, tetapi memiliki sistem pengisian (alternator) modern," tunjuk Vincent.

"Untuk ini kami telah menyiapkan kepala silinder bergaya S&S Shovelhead. Pola bautnya identik, hanya lekukan tepi silinder di kepala harus sedikit lebih besar. Selain itu, tinggal soal pemasangan pushrod saja yang lebih panjang,” jelas Vincent.

Semua berjalan dengan mudah karena semua suku cadang berasal dari gudang Zodiac. Betapa menyenangkannya bisa berjalan dengan kereta belanja Anda di antara ribuan dan ribuan suku cadang itu, dan Anda bisa merakit sepeda motor sendiri.

“Ya, sebenarnya siapa pun juga bisa melakukannya.” Vincent menjawab, “Anda dapat berbelanja dan memesan secara digital di website kami, dan mengumpulkan semua kebutuhan sepeda motor impian Anda, untuk dibangun atau diubah. Hanya dengan menekan sebuah tombol Anda dapat mengirim daftar spare parts yang diinginkan ke dealer Zodiac di wilayah Anda.”


DATA TEKNIS

(Menurut keterangan pemilik/builder)


GENERAL

Pemilik: Zodiac International B.V Builder: Zodiac International B.V Merek: Zodiac/Kraft Tech/S&S

Model: Hardtail Chopper Waktu pengerjaan: 12 bulan


MESIN

Tahun pembuatan: 2020 Builder: S&S Cycle / Zodiac Kapasitas: 93CI (1.530cc) Tipe: Pan/Shovel Altenator/Generator Karter: S&S Cycle P-Series Krukas: S&S Cycle 4 1/2" Stroke Piston: S&S Cycle Forged

Silinder: S&S Cycle 3 5/8" Bore Kepala silinder: Front S&S Cycle Shovelhead, Rear S&S Cycle Panhead

Valves: S&S Cycle Noken as (merek dan spesifikasi): S&S Cycle 585 Cam Followers: S&S Cycle

Pompa oli: S&S Cycle Sistem bahan bakar: S&S Super E Rumah filter udara: Kustom Tech

Pengapian: Dyna-S Knalpot: V-Twin Upswept headers dengan muffler Zodiac Trumpet


PRIMARY, TRANSMISSION & CLUTCH

Primary drive: BDL 1-1/2” Belt drive kit Primary cover: Zodiac Early style chrome plated

Secondary Drive: Tsubaki 530 Nickel Plated Chain Girboks: Zodiac 4-speed dengan Kustom Tech Hod Rod hand shifter Kopling: Zodiac 5-stud with Zodiac foot control


SASIS

Rangka: Kraft-Tech Hardtail Wishbone Garpu: Custom Springer Pelek depan: Zodiac 1.85x21 inci Rolled Edge rim dengan rem teromol mini Kustom Tech Roda belakang: pelek Zodiac 3.00x16 inci dengan rem teromol Kustom Tech hydraulic Rem teromol: Kustom Tech


LAIN-LAIN

Sepatbor belakang: Zodiac Bobbed flat, 6 inci Fender Stays: V-Twin 49” Sissybar Tangki bahan bakar: Zodiac Mustang Laredo dished Tangki oli: Zodiac Softail style Domed Setang kemudi: Zodiac 13-1/2” Ape

Risers: V-Twin Speedfreak 1” and Samwel Dog Bones 4” Grips: Müller Internal throttle with Carpenter Revolver style wooden grips Switch Housings/Brake Clutch Lever: Zodiac Prime Custom Switch Housings / Zodiac Custom Brake Lever Lampu depan: V-Twin Triangle Lampu belakang: V-Twin Finger with license plate bracket

Lampu sein: Kellermann Atto Sadel: Le Pera Baron II King & Queen style Sissy bar: V-Twin 49” Forward controls: Zodiac backing plate for hydraulic brake Pijakan kaki: Zodiac ribbed custom footpegs Pedal rem dan kopling: V-Twin hydraulic brake pedal and foot clutch


CAT

Warna: Mother of pearl white Tukang Cat: Jacco Special Paint dan logos: Jacco

Ide: Zodiac / Vincent Pels Desain: Jacco


Catatan: Semua parts yang terpasang pada motor ini bisa dipesan di: https://zodiac.nl/docs/documents/parts-lists/captain-larry-partslist.pdf


Terima kasih kepada: Charles dan Jacco


HUBUNGI

Zodiac International B.V. (Vincent Pels)

Industrieweg 44

3641 RM Mijdrecht

The Netherlands

Phone. +31(0)297-288621

Email: sales@zodiac.nl

www.zodiac.nl


Editor: Indramawan