• Editor

Inikah Pembalap Yang Bakal Taklukkan Marc Marquez Di MotoGP 2020?


MotoGP 2020 akan mengawali musim perdananya minggu ini. Ya, tanggal 19 Juli mendatang, semua mata akan tertuju ke sirkuit Jerez, tempat berlangsungnya putaran perdana MotoGP yang sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.


Dari sini muncul pertanyaan, siapakah pembalap yang bakal hentikan dominasi Marc Marquez? Dari awal kariernya di MotoGP tahun 2013 sampai dengan sekarang. Pembalap Repsol Honda ini hanya gagal sekali saja menjadi juara dunia, yakni tahun 2015 lalu. Selebihnya, Marquez tak terkalahkan!

  • Pada debutnya di MotoGP 2019 lalu, Fabio dinobatkan sebagai Rookie of The Year dengan posisi ke-5 di klasemen akhir.

Dari sederet pembalap yang difavoritkan seperti Maverick Viñales (Yamaha), Andrea Dovizioso (Ducati), Valentino Rossi (Yamaha), dan Alex Rins (Suzuki), muncul satu nama di deretan paling atas versi Motogp.com sebagai official website. Dia adalah Fabio Quartararo, pembalap Petronas Yamaha SRT.


Tak seorang pun menyangka sebelumnya pembalap Prancis ini bakal membuat kejutan di debut perdanannya di MotoGP musim 2019 lalu. Pasalnya prestasi yang dibuat pemuda kelahiran Nice, 20 April 1999 ini datar-datar saja.


Mengawali karier di Moto3 tahun 2015 – 2016, dan selanjutnya naik ke kelas Moto2 tahun 2017 – 2018, prestasi terbaik yang pernah diukirnya tak pernah lebih baik dari peringkat 10 klasemen akhir.

Baru sejak berlaga di MotoGP tahun 2019 lalu, Fabio langsung mencengangkan dengan meraih 6 pole position (start terdepan), dan 7 podium, hingga menobatkannya sebagai Rookie of The Year dengan posisi ke-5 di klasemen akhir.


  • Duel sengit Fabio vs Marquez terjadi tahun lalu di Misano (atas) dan Buriram.

Bahkan pembalap usia 21 tahun ini juga sempat menantang Marc Marquez dalam duel sengit di Misano dan Buriram, meskipun akhirnya harus bertekuk lutut.


Namun perlu diingat, saat itu dia hanya membesut Yamaha M1 spek tim satelit. Jauh dari spek pabrikan yang dibesut Valentino Rossi dan Maverick Vinales.


Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi musim 2020 ini. Ketika Yamaha mempersenjatai El Diablo dengan motor factory full-spec seperti yang dibesut seniornya. Bukan tak mungkin Fabio akan kembali menantang Marquez dan bahkan mengalahkannya!


Bagaimana menurut pendapat Anda?


Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.