• Editor

Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Gelar Service Motor Gratis untuk Banjir Serang

Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bersama Dompet Dhuafa Banten kerahkan alumni pelatihan mekanik yang sebelumnya sukses dilakukan.

OTOPLUS-ONLINE I Institut Kemandirian Dompet Dhuafa bersama Dompet Dhuafa Banten menggulirkan kegiatan service motor gratis bagi masyarakat di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten pada 7 dan 8 Maret 2022 kemarin. Kegiatan ini merupakan respon atas banjir yang melanda kota tersebut.


Dalam kegiatan ini Institut Kemandirian Dompet Dhuafa mengerahkan para alumni dari pelatihan mekanik yang sebelumnya sukses dilakukan. Ada enam orang alumni pelatihan dikerahkan untuk membantu memperbaiki sepeda motor warga yang rusak akibat banjir

"Kami dapat info dari Dompet Dhuafa Banten tentang kebutuhan service motor bagi penyintas banjir di Banten, kemudian kita siapkan alumni IK (Institut Kemandirian) untuk membantu menjadi mekanik," jelas Ahmad Zainuddin selaku Manager Program Reguler Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dalam keterangannya kepada OTOPLUS-ONLINE.

Ditambahkannya, tim yang dibentuk terdiri dari enam orang, terdiri dari empat mekanik dan dua supporting. "Sebagian besar kendaraan yang kita perbaiki adalah sepeda motor yang terendam banjir, rata-rata perbaikan pada karburator, ganti busi, ganti oli, dan filter udara," lanjut Ahmad Zainuddin.

Antusiasme tinggi terlihat dari banyaknya warga yang datang ke posko banjir Dompet Dhuafa Banten dengan membawa kendaraan mereka masing-masing. Menurut laporan di lokasi, sudah ada sekita 47 sepeda motor yang mendapatkan manfaat dari hadirnya kegiatan ini.


Baca juga: Dompet Dhuafa Jatim Obati Trauma Anak Korban Gempa Malang Lewat Psychological First Aid


Selain membantu masyarakat yang terdampak banjir, kegiatan ini menjadi ajang pembuktian bagi para alumni dari Institut Kemandirian Dompet Dhuafa. Di antara mereka bahkan sudah berhasil membuka bengkel sendiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

"Saat ini kami melibatkan alumni yang sudah buka usaha bengkel, mereka masih bisa ikut terlibat karena rata-rata sudah punya karyawan di bengkelnya," pungkas Zainuddin melalui pesan singkat.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini masyarakat mampu kembali beraktivitas untuk menghidupi keluarganya masing-masing. Tentunya ini adalah upaya pemulihan ekonomi pasca banjir yang melumpuhkan roda perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Serang.

Baca juga: Layanan Darling Federal Oil dan Dompet Dhuafa Untuk Korban Banjir Bandang Sukabumi


Sementara itu Mokhlas Pidono selaku Pimpinan Dompet Dhuafa Banten berharap layanan service motor gratis ini bisa meringankan beban masyarakat terdampak banjir Banten, yang motornya terendam banjir.


"Supaya motornya kembali bisa digunakan untuk mencari nafkah bagi keluarga setelah musibah banjir yang melanda beberapa hari yang lalu," pungkasnya.


Teks: Indramawan

Foto: Dompet Dhuafa Banten