• Editor

Ivan Harry Jajal Monster Road Seri 1 Surabaya Usai Menangkan Trial Game Dirt Seri 1 Jember

Gunakan mobil besutan istri tercinta, Mariachi Gunawan, wanita jagoan offroad Tanah Air.

Ivan Harry Nugroho, crosser nasional yang akan mengikuti semua seri Super Challenge Monster Road 2022


OTOPLUS-ONLINE I Ada lagi yang menarik dari gelaran Super Challenge Monster Road seri pertama yang digelar Sabtu, 23 Juli 2022, di Parkir Timur Plaza Surabaya.


Ternyata balap adu kecepatan catatan waktu mobil-mobil buggy dalam melahap obstacle course atau track halang rintang ini juga diminati Ivan Harry Nugroho.


Dia adalah pembalap motocross yang baru saja memenangkan kelas utama Free For All (FFA) ajang Trial Game Dirt 2022 seri 1 yang digelar di sirkuit Lapangan Bangsalsari, Jember, 1-2 Juli sebelumnya.


Lantas, apa yang mendorong Ivan Harry untuk juga mengikuti Super Challenge Monster Road ini?


Baca juga: Andy Saputra-Sutarno dari Tim TEBOXS Dominasi Monster Road 2022 Seri 1 Surabaya


“Saya pengin coba tantangan baru. Kalau di motor kan sudah biasa. Jadi saya pengin tahu di mobil seperti gimana, karena pada dasarnya antara Trial Game dan Monster Road ini sama. Sama-sama mengejar catatan waktu di trek dengan obstacle menantang. Bedanya yang satu pakai motor, satunya lagi pakai mobil,” jelas Ivan Harry.


Nah justru di sinilah yang menjadi tantangan terbesar. Menurut Ivan Harry, kesulitan paling utama di Monster Road itu ada pada feeling yang tepat untuk mendapatkan jalur atau line yang presisi.

Pembalap harus tahu kapan buka gas, kapan harus ekstra hati-hati


“Feeling harus benar-benar tepat karena rintangan seperti di Monster Road ini membutuh jalur yang harus pas... presisi! Agak ke kanan atau ke kiri dikit pasti mengenai bendera sehingga terkena penalti. Atau kalau malah bablas, mobil bisa nyangkut,” tunjuk Ivan Harry.


Hal itu dialami Ivan Harry yang sempat gagal menyelesaikan salah satu Special Stage (SS) setelah mobilnya nyangkut saat melewati obstacle berupa titian berundak dari besi.


Baca juga: Kejutan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022: Track Mini WRC, dan Mobil Terbaru!


“Saya sih mengira titian itu sedikit bergeser setelah dilewati dan dihajar mobil peserta terus menerus. Akibatnya feeling saya jadi tidak pas dan mobil terperosok,” kata Ivan Harry yang harus puas menempati posisi 13 di kelas utama Upper yang diikuti mobil berkapasitas mesin 2501- 4800cc.


Sementara di kelas Under yang diikuti mobil berkapasitas mesin 1001 - 2500cc, Ivan Harry yang berpasangan dengan navigator M. Anwar ada di posisi ke 10.

Monster Road 2022 akan digelar sebanyak 6 seri


Meski demikian, Ivan Harry mengaku serius untuk mengikuti rangkaian seri Monster Road ini. “Saya rencana ikut di semua 6 seri yang dilombakan tahun ini,” senyum Ivan Harry yang sementara ini masih menggunakan mobil besutan istri tercintanya, Mariachi Gunawan, wanita jagoan offroad Tanah Air.


“Jujur saya belum pernah sama sekali pegang mobil itu. Baru coba mobil itu ya di sini, langsung dipakai mencoba obstacle dan hasilnya yang seperti tadi,” senyum Ivan Harry yang mengaku hanya sedikit melakukan perubahan pada mobil.


“Cuma menyesuaikan tempat duduk sih. Sedikit direndahkan supaya kepala saya nggak mentok ke roof,” tunjuk Ivan Harry yang mengaku masih pikir-pikir bikin mobil sendiri. “Habisnya gila... bisa milyaran,” pungkas Ivan Harry.

Andy Tebox dan Oki Tuban adalah beberapa crosser yang juga tertarik mencoba Monster Road (Foto: Dok. OTOPLUS-ONLINE)


Sebagai informasi, selain Ivan Harry ada beberapa pembalap motocross yang juga mengikuti Monster Road ini, Di antaranya adalah Andy Saputra atau lebih akrab disapa Andy Tebox, yang mendominasi Monster Road 2022 Seri 1 Surabaya ini dengan mendominasi dua kelas, yakni Under dan Upper.


"Selain itu ada juga Oki, pembalap motocross asal Tuban yang sudah sejak 2019 mengikuti Monster Road ini," info Jim Sudaryanto dari Genta Auto & Sport Jakarta selaku pimpinan lomba.


Teks: Indramawan

Foto dan Video: Indramawan