• Editor

Andy Saputra-Sutarno dari Tim TEBOXS Dominasi Monster Road 2022 Seri 1 Surabaya

Andy Saputra-Sutarno mendominasi di dua kelas, yakni Under (1001-2500cc) dan Upper (2501- 4800cc).

OTOPLUS-ONLINE I Pasangan off-roader Jawa Tengah, Andy Saputra - Sutarno dari Tim TEBOXS berhasil mendominasi seri pertama Super Challenge Monster Road yang digelar Sabtu, 23 Juli 2022, di Parkir Timur Plaza Surabaya. Andy Saputra - Sutarno turun di dua kelas, yakni Under dan Upper.


Pada kelas Under yang melombakan kendaraan dengan kapasitas mesin 1001 - 2500cc, Andy Saputra – Sutarno berhasil melewati menorehkan catatan waktu terbaik (fastest lap) hampir di setiap SS (Special Stage).


Sebagai info, setiap peserta harus menyelesaikan 4 SS (Special Stage), dan Andy Saputra - Sutarno hanya sedikit kurang maksimal di SS 2. Alhasil total point yang didapatnya di kelas Under cukup mentereng, yakni 390 poin (dari maksimal 400 total poin).


Baca juga: Kejutan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022: Track Mini WRC, dan Mobil Terbaru!


Sementara itu di kelas Upper yang melombakan kendaraan dengan kapasitas mesin 2501- 4800cc, Andy Saputra mengaku sedikit kesulitan dengan layout trek yang patah-patah. Dari 4 SS, Andy Saputra - Sutarno hanya mampu mendapat poin maksimal di SS 3. Meski demikian total poin yang didapatnya cukup lumayan, yakni 345 poin (dari maksimal 400 total poin).

Trek di Parkir Timur Plaza Surabaya dengan halang rintang yang menantang


“Trek di Parkir Timur Plaza Surabaya ini masih okelah, meskipun saya pakai mobil besar (kelas Upper). Memang belokan patah-patah, tapi masih cukup lebar lah,” buka Andy pada OTOPLUS-ONLINE.


Diakui oleh Andy, dengan karakter trek yang pendek-pendek ini, agak susah buat mesin kapasitas gede.


“Tapi untung saja sekarang ini teknologi cutting brake sudah hampir dipakai di semua mobil offroad. Sehingga sekarang ini balapan di sirkuit dengan trek pendek bisa dilakukan,” kata Andy.


Baca juga: Ratusan Pembalap Ramaikan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022


Sebagai info, cut-off brake system atau juga disebut cutting brake adalah sistem pengereman yang memungkinkan rem belakang bisa disetel, roda mana yang mengunci, dan mana yang terus berputar.


Kalau belok kanan, ya roda belakang bagian kanan yang mengunci sementara roda bagian kiri terus berputar sehingga mobil bisa ‘nge-roll’ atau nge-drift, sehingga sangat membantu saat melahap trek pendek dan tikungan patah-patah, seperti di trek Parkir Timur Plaza Surabaya ini.

Andy Saputra dari Tim TEBOXS mendominasi seri pertama Super Challenge Monster Road 2022 di kelas Under dan Upper (Foto: Instagram @__andys5772)


Dan saat ditanya, soal catatan waktu impresif yang dibuatnya, Andy mengatakan hampir semua obstacle di trek Parkir Timur Plaza Surabaya ini susah. “Harus benar-benar fokus mana dan tahu kapan harus kencang, dan mana yang harus presisi,” senyum Andy.


Andy pun berharap pada Super Challenge Monster Road 2022 ini ia bisa mengulang sukses yang pernah dibuatnya tahun 2019 lalu ketika menjadi Juara Umum di kelas Under dan Upper.


Setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, event Monster Road atau balap adu kecepatan catatan waktu mobil-mobil buggy dalam melahap obstacle course atau track halang rintang kembali hadir tahun 2022 ini.


Baca juga: Tugu Muda Road Race Championship 2022 Putaran 2 Meriah dengan Penonton


Surabaya mendapat kehormatan untuk menggelar Monster Road 2022 seri 1 yang termasuk dalam kategori urban offroad atau balap offroad di tengah kota.


Digelar Sabtu, tanggal 23 Juli 2022, di Parkir Timur Plaza Surabaya, Monster Road 2022 yang dimulai jam 10.00 pagi hingga 21:00 malam hari diikuti 41 starter.

Ir. Jim Sudaryanto dari Genta Auto & Sport Jakarta selaku pimpinan lomba (Foto: David Affandi)


"Dengan jumlah 41 starter menurut kami sudah cukup bagus, karena sebelumnya kami pernah dengan 20-25 starter saja," buka Ir. Jim Sudaryanto dari Genta Auto & Sport Jakarta selaku pimpinan lomba.


Terkait dengan keterlibatan offroader Jawa Timur, Jim mengatakan memang pada putaran pertama ini belum terlalu banyak yang ikut.


Baca juga: Selamat Datang di MXGP of Indonesia 2022!


"Kebetulan Monster Road 2022 putaran 1 ini berbarengan dengan kejuaraan Sprint Rally di Malang, juga ada kejurnas IOF sehingga beberapa pembalap yang berlangganan Monster Road absen," tukas Jim sambil mengapresiasi beberapa privateer Jawa Timur yang sudah ikut hadir meramaikan, di tengah dominasi offroader Jawa Tengah.

Saksikan keseruan Super Challenge Monster Road seri pertama yang digelar Sabtu, 23 Juli 2022, di Parkir Timur Plaza Surabaya.


Sebut saja pasangan Oki-Draun dari Tim Kaporindo, Lima Jaya, Draun Bolang yang turun di kelas Rookie.

Juga hadirnya offroader wanita, Prasyamitha yang berduet dengan navigator Rafika dari Tim JBTRT di kelas 1000.

Acung jempol karena di kelas bergengsi, Upper, beberapa offroader Jatim turut berkompetisi.


Ada Wisnu Murti-Kiki dari Tim Grage Lestari Zebra, Retno Purbawaty-Supratikno dari Tim JOS (Jatim Offroad Surabaya), Afandi-M. Juindi dari Tim Gresik Kotrik Club, H. Silo-Sugeng dari Tim Silo Raja Bor, dan Arif Prasetya-Wanda dari Tim JBTRT.


Baca juga: Brio Slalom Challenge 2022 Seri 1: Catatan Waktu Leon HBC Dekati Pembalap HRI, Anandyo Dwiki!


Berikut ini hasil Super Challenge Monster Road seri pertama yang digelar Sabtu, 23 Juli 2022, di Parkir Timur Plaza Surabaya.


Teks: Indramawan

Foto & Video: Indramawan