• Editor

Jack Miller Menangkan GP Prancis 2021 yang Digelar Penuh Drama Flag-To-Flag

Jack Miller sempat masuk ke dalam gravel bed dan terkena penalti sebelum berhasil merebut kemenangan di Le Mans.

Setelah memenangkan seri sebelumnya, GP Jerez, Jack Miller kembali naik podium pertama di Le Mans


OTOPLUS-ONLINE I Jack Miller (Ducati Lenovo Team) akhirnya berhasil menyamai Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) sebagai pembalap yang telah menang dua kali di MotoGP 2021, setelah berhasil memenangkan GP Prancis yang digelar dalam kondisi penuh drama akibat cuaca tak menentu (16 Mei 2021). Padahal pembalap Australia ini sempat terkena penalti dan bahkan keluar lintasan sebelumnya.


Seperti yang diprediksikan, bahwa duel skuad Ducati lawan Yamaha benar-benar terjadi di seri kelima MotoGP 2021 ini.

Jack Miller langsung menyodok ke depan melewati Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales


Begitu balap dimulai, Miller yang start dari posisi ketiga langsung berhasil menyalip dua pembalap tim pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP yang start di posisi 1 dan 2, yakni Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales.

Pembalap masuk pit untuk berganti motor dan ban


Kekacauan mulai terjadi ketika hujan mulai turun setelah beberapa lap kemudian. Balap pun dinyatakan digelar dalam kondisi flag-to-flag, yang memperbolehkan pembalap masuk pit untuk berganti motor yang sudah dilengkapi ban basah (wet tire).


Baca juga: Wawancara Eksklusif: Indonesia MotoGP Gresini Racing Dipastikan Siap Berlaga 2022

Akibatnya, Miller sempat melebar keluar lintasan dan masuk ke dalam gravel saat mencoba masuk ke jalur menuju pit, untuk berganti motor yang sudah dilengkapi ban basah.

Jack Miller harus jalani penalti karena melanggar batas kecepatan di pit lane


Tak cukup hanya di situ saja kekacauan yang dialami Miller di lap keenam ini. Saat masuk ke dalam pit ini, Miller tertangkap melebihi kecepatan yang diizinkan hingga harus menjalani hukuman.

Duel sengit Jack Miller dan Fabio Quartararo


"Untungnya, saya bisa keluar pit tanpa kehilangan banyak waktu dari dia (Quartararo), dan kemudian kembali berada di depan sendirian,” senyum Miller yang berhasil merebut kemenangannya yang kedua, dua kali berturut-turut, setelah GP Jerez.

Jack Miller lakukan Shoey, tradisi pembalap Australia minum champagne dari sepatu untuk rayakan kemenangan


Di posisi kedua ada pembalap Ducati yang lain, Johann Zarco (Pramac Racing) setelah berhasil menundukkan rekan senegaranya, Fabio Quartararo yang harus puas di posisi ketiga.

Johann Zarco justru tampil sangat cepat dengan ban basah


Meski sempat tertinggal 10 detik dari Quartararo, namun setelah masuk pit dan ganti motor yang dilengkapi ban basah, Zarco langsung melesat menyusul Quartararo, dan sekaligus melewatinya saat balap hanya tersisa lima putaran.

Zarco dan Quartararo merayakan raihan podium di home race mereka


Patut disayangkan adalah Marc Marquez (Repsol Honda Team). Sebelumnya, hasil Free Practice menunjukkan trek basah, memberi kemudahan bagi Marquez mengendalikan motor dengan keterbatasan fisiknya yang masih belum pulih benar dari cedera yang mengharuskannya istirahat selama 9 bulan pasca insiden di Jerez pada Juli 2020.

Marquez sempat memimpin balap sebelum terjatuh dua kali!


Bahkan pembalap penyandang gelar juara dunia MotoGP enam kali ini nyaris berhasil merebut pole position di sesi kualifikasi.


Baca juga: BOS Junior Motocross Championship Putaran Kedua Siap Digelar 17 - 18 Juli 2021 Mendatang


Terbukti, Marquez sempat memimpin jalannya balap selama tiga putaran, sebelum terjatuh di tikungan terakhir.

Meski mencoba untuk meneruskan balap, dari posisi 18 hingga naik ke 11, namun apes karena Marquez kembali terjatuh ketika balap tersisa 10 putaran. Marquez pun harus puas finish ke-17.





Teks: Indramawan

Foto: motogp.com