• Editor

Jajal Peugeot 3008 Allure Plus (3): Advanced Grip Control dan HADC



Peugeot New 3008 Allure Plus memiliki fitur driving mode yang dinamai Advanced Grip Control. Next generation dari sistem kontrol traksi ini dapat mengatur daya cengkeram dengan mengontrol torsi dan sistem pengereman pada tiap roda penggerak.


Tujuannya untuk memastikan traksi roda terus maksimal pada semua kondisi, berdasarkan setelan yang dipilih pengemudi. Sistem ini membuat New 3008 memiliki kemampuan seperti kendaraan berpenggerak 4 roda, namun dengan penggerak dua roda.


Terdapat 5 pilihan mode. Pertama adalah Normal Mode, untuk kontrol yang mulus dan sempurna untuk penggunaan di jalan raya sehari-hari. ESP Off Mode yang akan memutuskan bantuan untuk kontrol pengemudi secara maksimum ke kendaraan.


Berikutnya adalah Sand Mode. Mode ini akan mengatur putaran roda secara ringan untuk menghindari roda berputar di tempat lantaran kehilangan traksi.


Mud Mode yang memungkinkan sistem penggerak mengatur putaran maksimum pada roda yang memiliki cengkeraman paling kuat.


Terakhir adalah Snow Mode. Di Indonesia, fitur ini bisa dimanfaatkan ketika jalanan basah dan licin saat hujan. ECU akan mengatur keluaran tenaga dan torsi agar setiap roda agar mencengkeram maksimal di atas permukaan jalan yang licin.

Hill Assist Descent Control (HADC)



Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat digunakan menuruni jalan perbukitan atau pegunungan, Peugeot New 3008 SUV Allure Plus dilengkapi fitur Hill Assist Descent Control. Fitur ini akan secara otomatis mengontrol gerakan throttle dan penggunaan rem untuk mengatur kecepatan yang ditentukan saat menuruni perbukitan, pengemudi bisa memfokuskan konsentrasinya secara penuh pada kontrol kemudi.


Kami mencoba fitur ini di jalur menurun pelataran parkir sebuah gedung perkantoran, tanpa perlu menyentuh pedal rem, kecepatan mobil terkontrol secara otomatis. Kita tinggal mengendalikan arah kemudi saja.


Menemani fitur HADC, Peugeot juga menanam fitur-fitur Dynamic Stability Control, Electronic Stability Programme, Anti-skid Regulation, Electronic Brake Distribution untuk meningkatkan tak hanya keamanan tapi juga pengendalian dan stabilitas berkendara yang optimum. Sehingga meski ground clearance-nya setinggi 219 mm, stabilitasnya di kecepatan tinggi saat kami coba melaju kencang di jalan tol, tetap terjaga baik. Melengkapi fitur keamanan, dibenamkan juga fitur Blind Spot Informative System.


Baca juga:

Jajal Peugeot 3008 Allure Plus (1): SUV Pertama Peraih Gelar Car of The Year

Jajal Peugeot 3008 Allure Plus (2): Begini Cara Kerja ALDWS


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.