top of page
  • Gambar penulisEditor

Jangan Asal Pasang Roof Box, Berikut Tips Pemasangannya

Roof box yang digunakan sebagai tempat menyimpan barang bawaan, tambahan bobotnya bisa sangat berat.

Peugeot 3008 dengan roof box OEM Peugeot


OTOPLUS-ONLINE I Saat liburan bersama keluarga umumnya kita akan membawa barang bawaan lebih banyak dari biasanya. Akibatnya ruang bagasi pun sesak dengan barang bawaan. Beruntung untuk mobil yang sudah dibekali peranti roof rail pasalnya dengan memasang roof rack dan roof box, akan tersedia tempat penyimpanan tambahan yang memadai untuk kebutuhan penyimpanan barang bawaan.


Tetapi harus diperhatikan, roof box tak bisa asal pasang. Tujuannya agar tidak membahayakan saat mobil melaju di jalan raya mengingat bobot roof box yang digunakan sebagai tempat menyimpan barang bawaan tambahan bobotnya lumayan berat.


Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter, Jakarta menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memasang roof box. “Penempatan roof box di atap mobil akan membuat perubahan dimensi dan titik keseimbangan yang akan karakter pengendalian ketika berkendara. Untuk mobil-mobil yang bawaan lahirnya sudah dibekali roof rail seperti Peugeot 5008, 3008 dan 2008. Tinggal gunakan roof rack dan roof box aksesori OEM Peugeot maka tak perlu khawatir karena perubahan dimensi dan distribusi bobot sudah diperhitungkan dengan cermat.”



Sebagai produsen mobil asal Eropa yang khas dengan kenyamanan, Peugeot menjalin kerjasama dengan Thule selaku produsen roof box dan roof rack ternama di dunia. Saat ini Peugeot menyediakan produk roof box dan roof rack yang didesain khusus agar mudah dan aman diaplikasi seluruh varian Peugeot.

Peugeot menyediakan dua versi roof box, berkapasitas 330 liter dan 420 liter


“Peugeot menyediakan roof box ukuran 330 liter (short) seharga Rp 10.386.000 dan 420 liter (long) yang dijual dengan harga Rp 13.242.000. Roof rack dijual terpisah mulai harga Rp 4.691.000 sampai Rp 5.338.000. Desain dan ergonomi produk dirancang khusus sehingga kompatibel di semua varian Peugeot, mulai dari 3008 dan 5008 Allure hingga 2008 yang terbaru,” papar Rafii.


Karena semua model Peugeot mulai dari 3008 dan 5008 Allure hingga 2008 sudah tersedia roof rail. Cara pasangnya bisa dibilang tak sulit. Pemilik kendaraan tinggal mengatur posisi roof rack, dan memastikan roof box full terpasang tanpa celah, aman deh.



Langkah pemasangannya, pertama menyusun roof rack yang terdiri dari cross bar (batang penyangga roof box), foot pack (kaki roof rack), fit kit (pengunci kaki ke roof rail). Agar tidak merusak atap, penyusunan sebaiknya dilakukan di bawah sebelum ditempatkan ke roof rail.


Kedua, pemasangan. “Tempatkan masing-masing foot pack di tanda titik ideal pada roof rail mobil agar center gravity tetap. Kemudian atur posisi jarak kanan-kiri crossbar sebelum fit kit dikunci pakai kunci L. Ketiga untuk menghindari pencurian, cover fit kit ditutup lalu putar mata kunci searah dengan jarum jam,” kiat Rafii.


Setelah roof rack terpasang dengan benar, langkah selanjutnya memasang roof box. Prosesnya pun tidak sulit, karena roof box menyediakan clamp roof box yang berfungsi sebagai pegangan sekaligus pengunci roof box ke roof rack. Perjalanan liburan pun jadi lebih menyenangkan.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page