top of page
  • Editor

Fitur New Peugeot 5008 Allure Ini Ampuh Buat Musim Hujan

Dari mulai Sensor Automatic Wiping, Automatic Headlamp, Advanced Grip Control & Electronic Stability Control, hingga Defrost Control.

OTOPLUS-ONLINE I New Peugeot 5008 Allure punya banyak fitur kenyamanan dan keselamatan yang di antaranya sangat berguna ketika difungsikan pada musim penghujan seperti saat ini. Apa saja fitur-fitur tersebut?


Sensor Automatic Wiping (SAW)

Selain dibekali SAW, wiper di New Peugeot 5008 juga dilengkapi washer yang terintegrasi dengan bilah wiper


Fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan wiper ketika kaca depan terkena tetesan air hujan. Fitur SAW diaktifkan dengan memosisikan switch wiper yang terletak di tuas sakelar di sisi kolom kemudi pada posisi AUTO.


Baca juga: Test Drive Peugeot New 2008 Allure Plus Pada Pemakaian Dalam Kota


Dengan mengaktifkan fitur ini pengemudi tak perlu lagi mengatur kecepatan wiper. SAW secara otomatis akan mengatur kecepatan sapuan wiper dengan intensitas tetes air hujan yang turun juga laju kecepatan kendaraan saat melaju di bawah rintikan hujan sehingga selalu memberikan visual ke depan tetap sempurna.


Automatic Headlamp (AH)

Desain Daytime Running Light terbaru di New 5008 terkesan futuristik


Saat akan atau turun hujan intensitas cahaya akan berkurang. Jika terlalu redup, fitur Automatic Headlamp yang diaktifkan melalui tuas sakelar di sisi kanan akan menyalakan headlamp secara otomatis ketika cahaya sekitar meredup.


Baca juga: Test Drive New Peugeot 2008 SUV: Tak Disangka Mesin 3 Silindernya Berperforma Hebat!


Selain membantu penerangan ke depan, menyalanya headlamp juga memberi tanda ke pengguna jalan lain tentang keberadaan kita di jalan.


Advanced Grip Control & Electronic Stability Control

AGC disetel melalui rotary switch ini


Fitur AGC akan memberikan pilihan kepada pengemudi untuk memilih setting mobil sesuai medan jalan yang akan dilalui. Sementara fitur ESP akan membantu mobil saat melalui medan jalanan berat. Dengan kata lain, meski berstatus two wheel drive namun diklaim memiliki kemampuan layaknya four wheel drive..


Baca juga: Peugeot 5008 SUV Bisa Makin Nyaman dan Aman dengan Maksimalkan Kursi Baris ke-3


“Fungsi ESP untuk menjaga kestabilan kendaraan ketika terjadi kondisi understeer/oversteer. Sedang Advanced Grip Control sebenarnya merupakan optimisasi dari traction control dengan 5 pilihan Grip Level yaitu Normal, Snow, Mud, Sand dan ESP OFF. Grip level dapat dipilih sesuai kebutuhan mengemudi melalui rotary switch yang diletakkan di konsol tengah berdekatan dengan tuas transmisi,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Peugeot.


Defrost Control

Defrost Control terbagi dua yaitu bagian depan dan belakang.


Fitur pengaman saat hujan yang tidak boleh dilupakan yaitu adanya Heated Windscreen serta Rear Screen Demist/Defrost Control. Fitur tambahan pada mobil yang berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca mobil, baik kaca depan maupun belakang.


Mayoritas mobil masa kini telah menjadikan fitur ini sebagai standar wajib. Perannya penting untuk mendukung visibilitas pengemudi, terutama ketika sedang melakukan perjalanan mudik saat cuaca hujan. Makanya Defrost Control terbagi dua yaitu bagian depan dan belakang.


Baca juga: Bedah Suspensi New Peugeot 3008 dan 5008 SUV Active


Defrost Control depan menggunakan ventilasi udara yang disalurkan dari AC melalui kisi-kisi dashboard atas yang menghadap ke kaca depan. Udara hangat yang dikeluarkan dari ventilasi akan menghilangkan embun yang muncul di kaca depan.


Untuk Defrost Control belakang yang sering dijumpai pada kaca mobil terdapat garis-garis berwarna oranye. Garis tersebut merupakan struktur tembaga yang disematkan dalam kaca belakang. Tembaga akan memanas ketika diaktifkan, sehingga permukaan kaca menjadi panas dan embun yang menempel akan menguap.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page