top of page
  • Gambar penulisEditor

Jangan Remehkan Karat Agar Tidak Menjalar dan Merusak Bodi Mobil

Karat dapat menyebar dengan cepat, jika dibiarkan akan membuat struktur logam melemah.
  • Bengkel Body & Paint Auto2000 kini melayani reparasi bodi dan cat semua merek, juga memiliki layanan pelapisan ulang antikarat

OTOPLUS-ONLINE I Karat merupakan hasil reaksi kimia dari besi yang terekspose air dan oksigen. Oleh karena itu untuk mencegah karat, permukaan besi harus dilapis dengan cairan antikarat, epoksi dan cat. Meski mobil-mobil saat ini sudah melalui tahap Electro Deposition untuk mencegah munculnya karat, bukan berarti akan terbebas total dari serangan karat.


Insiden kecil seperti serempetan dengan kendaraan lain yang menyebabkan lapisan cat terkelupas berpotensi menjadi sumber munculnya karat apabila terpapar air hujan dan oksigen. Karat dapat menyebar dengan cepat, jika dibiarkan akan membuat struktur logam melemah. Bayangkan jika karat seperti itu menyerang area yang rawan seperti sasis yang menjadi tumpuan bodi mobil.

Pemicu Karat

  • Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini mempercepat tumbuhnya karat

Salah satu pemicu karat mudah tumbuh adalah kandungan mineral yang tinggi pada air laut. Makanya, pemilik mobil yang tinggal atau sering beraktivitas di wilayah dekat pantai seperti Surabaya harus lebih hati-hati merawat mobilnya karena sifat air laut yang korosif.


Berikutnya adalah air hujan yang juga mengandung mineral dan memiliki tingkat keasaman tinggi, terutama di wilayah perkotaan dengan level polusi tinggi.


Benturan atau tabrakan yang membuat cat mobil terkelupas bisa dimanfaatkan oleh karat untuk tumbuh lantaran hilangnya lapisan pelindung bodi mobil. Termasuk kotoran seperti lumpur atau kotoran binatang yang dapat mengikis permukaan cat. Atau yang sepele, penggunaan alat mencuci mobil seperti sikat kawat atau cairan pembersih yang terlalu kuat dapat mengikis lapisan cat atau anti karat.

Cara Mencegah Karat

Kunci dari pencegahan proses korosi di bodi mobil adalah menjaga kebersihan mobil seoptimal mungkin. Di tengah kondisi cuaca tidak menentu seperti sekarang, biasakan mencuci mobil sesering mungkin untuk memastikan sisa air hujan dan kotoran tidak menempel.

  • Area kolong merupakan bagian paling rawan terserang karat, rajin membersihkannya jadi tindakan preventif yang efektif

Pastikan mobil kering sempurna dan tidak lembab, terutama area kolong, celah dan sambungan di mobil yang merupakan bagian paling rawan karat.


Perhatikan jika ada bagian mobil yang terkikis lapisan cat atau anti karatnya dan segera perbaiki di fasilitas BP Auto2000. Termasuk untuk mobil yang pernah terlibat kecelakaan sehingga bodi baret atau penyok, segera diperbaiki dan jangan menunggu terlalu lama dengan alasan untuk menghemat biaya asuransi atau belum sempat.


Khusus untuk pemilik Toyota dapat memesan layanan body repair Auto2000 melalui menu Booking Servis di Auto2000 Digiroom termasuk layanan konsultasi dengan service advisor untuk memeriksa bodi mobil dari potensi karat.

  • Antikarat di kolong akan menipis seiring waktu

Seiring waktu dalam 3-4 tahun lapisan anti karat akan menipis. Bengkel Body & Paint Auto2000 yang kini melayani reparasi bodi dan cat semua merek memiliki layanan pelapisan ulang antikarat. Keuntungannya layanan antikarat Auto2000 akan digaransi 1 tahun atau 20.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.


“Jangan pernah remehkan karat karena begitu terdeteksi butuh tindakan segera agar tidak menjalar dan merusak bodi mobil. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan bodi mobil Toyota milik AutoFamily di bengkel BP Auto2000, termasuk melakukan pelapisan ulang anti karat di bagian yang membutuhkan, cukup dengan memesan via Auto2000 Digiroom,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Kamis (18/2/2021).

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page