top of page
  • Gambar penulisEditor

Java Grand Prix Putaran 1 Gelaran Balap Murah Namun Berkelas

“Kami ingin gelaran balap murah namun berkelas, dan berkualitas. Bukan hanya mengejar kuantitas.”

OTOPLUS-ONLINE | Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pengprov Jateng, sukses menggelar Java Grand Prix (JGP) di Sirkuit Go-Kart Boyolali, pada Hari Sabtu – Minggu (17-18/6) lalu untuk yang pertama kalinya.


Sebuah seri gelaran balap anyar yang digagas oleh pengurus IMI Pengprov Jateng yang dipandegani oleh Frits Yohanes selaku Ketua Umum IMI Pengprov Jateng.


Menarik karena ini adalah event balap yang melibatkan unik melibatkan tiga Pengrov IMI di Jawa yaitu Pengrov Jateng, Pengprov Jatim dan Pengprov Jabar. Dan Jateng menjadi tempat penyelenggaraan pertama dari total seri yang direncanakan.



Motivasinya dari penyelenggaraan event JGP ini sejatinya muncul karena beberapa waktu belakangan pamor gelaran road race yang agak menurun. Ini berbanding jauh apabila dibandingkan dengan gelaran drag bike yang nyaris setiap minggu digelar.


Namun bukan kuantitas penyelenggaraan gelaran road race seperti itu yang dikejar oleh Pengprov IMI Jateng.

"Yang pasti, kami ingin membuat sebuah gelaran balap yang murah namun berkualitas bukan hanya mengejar kuantitas saja”, ungkap Frits.


JGP memang sementara ini hanya digelar tiga seri saja, namun menyajikan sebuah gelaran balap yang murah jika dibandingkan dengan kejuaraan balap berlevel regional atau nasional. Baik itu ditinjau dari biaya pendaftaran maupun dari sisi kemasan penyelenggaraannya.



Untuk pendaftaran di JGP, panitia hanya mematok biaya 1,2 juta untuk kelas utama. Jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan kelas kejurnas yang biaya pendaftarannya ada di kisaran angka 1,850 juta.


Untuk Kelas 2Tak, biaya pendaftaran hanya 1 juta dan di Kelas Supporting peserta cukup membayar 600 ribu saja.


Sementara yang menarik lagi, untuk di JGP sendiri besaran hadiah yang disiapkan untuk para pemenang setara dengan Kejurnas.

“Untuk juara pertama kelas utama 10 juta, kelas novice juara pertama 8 juta, kelas rookie juara pertama 6 juta dan juara pertama kelas beginner diberikan 5 juta”, papar Danung Prasetyo, Kabid Roda Dua IMI Pengprov Jateng.


Berikutnya setelah Boyolali, JGP bakal digelar di Jawa Timur untuk seri kedua dan selanjutnya untuk seri ketiga akan diselenggarakan di Jawa Barat.


Untuk lokasi (kota) penyelenggaraannya sendiri masih akan ditentukan lebih lanjut.


Teks dan Foto: dJansen



Yorumlar


bottom of page