• Editor

Jokowi Resmikan Ruas Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading Sebelum Umumkan Penurunan Level PPKM

Tol baru Kelapa Gading-Pulo Gebang ini terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Komisaris Utama PT Jakarta Tollroad Development Trisna Muliadi di lokasi acara peresmian yang dipusatkan di Gerbang Tol Cakung, Jakarta Timur (23 Agustus 2021).


OTOPLUS-ONLINE I Sebelum mengumumkan diturunkannya Level PPKM di sejumlah daerah mulai 24 hingga 30 Agustus 2021, pada hari yang sama, Senin, 23 Agustus 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan enam ruas jalan tol dalam kota segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang.


Sebagai informasi, enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta direncanakan dibangun sepanjang 69,78 kilometer.


Pembangunannya dibagi menjadi tiga tahap, di mana tahap pertama memiliki total panjang 31,1 kilometer, yang mencakup segmen Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer, dan Semanan-Kelapa Gading sepanjang 20,38 kilometer.


Baca juga: Sistem Pembayaran Tol Non Tunai Tanpa Stop Bisa Lewat HP, On Board Unit (OBU), atau Road Ticket

Presiden Jokowi berharap mobilitas di Jakarta akan makin baik


“Alhamdulillah pada pagi hari ini jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Presiden seperti dikutip dari website resmi Presiden Republik Indonesia.


Ruas tol Pulo Gebang-Kelapa Gading yang membentang sepanjang 9,3 kilometer ini menambah deretan tol baru di kawasan ibu kota.


Baca juga: Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021: Ada 4 Warna Dasar Plat Nomor

Menghubungkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus Marunda, dan menunjang akses Pelabuhan Tanjung Priok


Tol baru Kelapa Gading - Pulo Gebang siap terhubung dengan Jalan Tol JORR (Jakarta Outering Ring Road) Seksi E yang menghubungkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus Marunda dan menunjang akses Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.


Dengan telah selesainya jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading ini, Presiden berharap kecepatan distribusi logistik akan makin baik.

Mobilitas barang antara Kota Jakarta dengan sekitarnya diharapkan juga akan makin baik


Selain itu, daya saing komoditas-komoditas juga diharapkan makin baik karena jalan tol ini juga terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.


“Sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita, dan juga utamanya mobilitas orang di Jakarta akan makin baik, mobilitas barang antara Kota Jakarta dengan sekitarnya juga akan makin baik,” tutur Presiden Jokowi.


Teks: Indramawan

Foto: BPMI Setpres