• Editor

Kampas Rem Habis Dapat Diketahui Secara Kasat Mata, Ini Caranya!

Pemilik sepeda motor bisa mengenali kampas rem yang akan habis dari ciri-cirinya.

YAMAHA JATIM I Kampas rem yang sudah habis dapat diketahui dengan kasat mata. Dari sini, pemakai atau pemilik sepeda motor sebenarnya bisa mengenali kampas rem yang akan habis dari ciri-cirinya.


Hal itu disampaikan Ilham Wahyudi selaku General Manager Service & Sparepart PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara.


Menurut Ilham, kampas rem jadi salah satu komponen penting untuk diperhatikan dan dirawat rutin secara berkala. Kondisi kampas rem yang tidak baik, dapat mengakibatkan kejadian fatal hilangnya daya pengereman.


Baca juga: Tips Praktis Merawat Smart Key System (SKS) Pada Sepeda Motor Matik


Untuk itu, Ilham menganjurkan konsumen untuk jeli dalam memperhatikan kondisi kampas rem motornya. Di awali dengan penyebab cepat habisnya kampas rem.


“Pengendara yang sering memijak atau menarik tuas rem, tentu akan membuat rem lebih cepat habis. Bobot muatan yang semakin berat juga akan menambah beban kerja dari rem tersebut,” ujar Ilham.


“Perlu diperhatikan dengan betul kondisi kampas rem dari kendaraan konsumen, karena alat ini yang berfungsi untuk menunjang keselamatan pengendaranya,” imbuhnya.


Baca juga: Tips Merawat Power Socket Pada Sepeda Motor Yamaha


Lantas bagaimana mengetahui kampas rem habis secara kasat mata? Berikut ini ciri kampas rem habis pada motor menurut Ilham:


1. Tarikan yang dalam

Indikasi ini dapat dirasakan pada sistem rem tromol. Kampas yang menipis akan memperbesar jarak antara dinding muka kampas dengan dinding cakram atau drum sehingga membuat jarak tarik tuas rem semakin jauh.


2. Terdengar suara gesekan logam saat rem diinjak

Cara pertama mengetahui kampas rem sudah habis adalah lewat indera pendengaran. Biasanya akan muncul suara berdecit yang terjadi karena kampas sudah menipis.


3. Terlihat batas aus

Indikator keausan biasanya berupa lubang yang membentuk garis pada dinding kampas. Jika lubang garis tersebut sudah menipis atau tak terlihat, itu tandanya kampas harus diganti.


4. Minyak rem berkurang

Ketika kampas rem aus, penggunaan minyak rem akan lebih banyak. Ketika kampas rem tipis, minyak rem berkurang banyak sehingga berujung pada tidak maksimalnya sistem pengereman.


Ilham menyarankan konsumen untuk mengganti komponen sebaiknya menggunakan sparepart yang asli di bengkel resmi Yamaha. Komponen original dari pabrik tentu sudah terjamin kualitasnya.


Informasi terkait bengkel resmi Yamaha dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898. ***