top of page
  • Gambar penulisEditor

Kawasaki Ninja ZX-10R 2021: Bedah Fitur dan Teknologi

Kawasaki menyematkan emblem River Mark pada Ninja ZX-10R sebagai tanda bahwa sportbike yang dikembangkan dari Ninja ZX-10RR di ajang balap WSBK ini mengusung teknologi mutakhir, seperti halnya H2 yang fenomenal dengan teknologi supercharged.

OTOPLUS-ONLINE I Bersamaan dengan pengenalan Kawasaki Ninja ZX-25R 2022, PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi merilis produk flagship terbaru, Ninja ZX-10R Model Year 2021 melalui virtual launch yang digelar 11 Juni 2021.

Motor yang hadir dengan warna Lime Green kombinasi Ebony dan Pearl Blizzard White ini adalah hasil pengembangan Kawasaki dari Ninja ZX-10RR yang telah menjadi juara dunia 7 kali di ajang kejuaraan dunia WSBK.

Jonathan Rea, sang juara bertahan WSBK 6 kali berturut-turut masih mendominasi dua seri awal WSBK 2021 dan bertengger di puncak klasemen sementara.

“Kami menghadirkan Ninja ZX-10R dengan tampilan yang tentu saja berbeda dari yang sebelumnya. Kami berharap motor dengan keluaran all new varian ini dapat menjadikan para pecinta motor Kawasaki menjadi puas dan semakin percaya diri, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami,” ucap Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion KMI sambil infokan Ninja ZX-10R akan segera hadir di dealer-dealer resmi Kawasaki Indonesia di seluruh Indonesia.


Dibanderol dengan harga Rp520 juta (OTR Jakarta), Ninja ZX-10R Model Year 2021 mengusung teknologi dan fitur terbaru.

Terlihat untuk pertama kalinya Logo River Mark disematkan pada motor Kawasaki yang mengusung teknologi mutakhir, seperti pada Kawasaki H2 yang mengusung teknologi supercharged.

Itu karena Ninja ZX-10R 2021 menggunakan teknologi Kawasaki yang telah teruji di WSBK. Seperti New Horizontal Rear Suspension (Showa BFRC Lite Technology), New Front Fork Suspension (Showa BFRC Lite Technology), High Performance Brembo Brake System.

Ninja ZX-10R 2021 mengusung mesin baru New 998cm3 Euro5 Engine with Finger Followers yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 156.8 kW (213 PS) pada 13.200 rpm dengan Ram Air system, dan torsi maksimum 114.9 Nm (11.7 kgfm) pada 11.400 rpm. Untuk membantu proses pendinginan mesin, Ninja ZX-10R 2021 dilengkapi new air cooled oil cooler.

Selain itu, performa Ninja ZX-10R 2021 ini ditunjang dengan desain body dan fairing yang meningkatkan aerodinamika. Termasuk New Integrated Winglets untuk downforce dan aerodinamika lebih baik.

Sejalan dengan itu, Ninja ZX-10R 2021 dilengkapi empat settingan berkendara menyesuaikan kondisi jalan dan keinginan pengendara melalui 4 Integrated Riding Modes (Sport, Road, Rain, Rider (manual). Juga Electronic Cruise Control yang sangat membantu untuk kenyamanan berkendara jarak jauh.

Itupun masih ditambah sederet teknologi dan fitur yang membuat pengendara semakin percaya diri saat melaju.

Teknologi-teknologi tersebut di antaranya KCMF (Kawasaki Cornering Management Function), IMU (Inertial Measurement Unit), Enhanced Chassis Orientation Awareness, S-KTRC (Sport-Kawasaki TRaction Control), KLCM (Kawasaki Launch Control Mode), Auto Control Brake System, KQS (Kawasaki Quick Shifter), Electronic Throttle Valves, Economical Riding Indicator, KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System), dan lain-lain.

Berikutnya ada fitur New Small LED Headlamps yang meskipun kecil dan ringan tapi optimal untuk penerangan, dan New All LED Lighting.



Yang menarik adalah disematkannya fitur Smartphone Connectivity yang berkontribusi pada pengalaman berkendara yang ditingkatkan dengan memungkinkan pengendara untuk terhubung ke motor secara nirkabel (via Bluetooth).

Fitur ini ditunjang dengan fitur New TFT Color Meter Panel untuk visibiltas lebih baik, karena warna dasar bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Tak ketinggalan, ada juga fitur Internal Cut Key untuk keamanan lebih baik, dan aksesori penunjang seperti Grip Heater yang berfungsi untuk kenyamanan berkendara pada kondisi dingin. Serta knee pad, tank pad, pillion seat cover.


Spesifikasi Ninja ZX-10R MY 2021


POWER

Jenis Mesin: Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four

Sistem Pengapian: Digital

Power Maksimum: 156.8 kW {213 PS} / 13,200 rpm with Ram Air

Torsi Maksimum: 114.9 Nm {11.7 kgfm} / 11,400 rpm

Diameter x Langkah: 76.0 x 55.0 mm

Volume Silinder: 998 cc

Sistem Katup: DOHC, 16 valves

Perbandingan Kompresi: 13.0:1

Transmisi: 6-speed, return

Primary Reduction Ratio: 1.681 (79/47)

Final Reduction Ratio: 2.412 (41/17)


PERFORMANCE

Suspensi Depan: ø43 mm inverted fork (BFF) with external compression chamber, compression and rebound damping and spring preload adjustability, and top-out springs

Suspensi Belakang: Horizontal Back-link, BFRC lite gas-charged shock with piggyback reservoir, compression and rebound damping and spring preload adjustability, and top-out spring

Rem Depan: Dual semi-floating ø330 mm Brembo discs

Rem Belakang: ø220 mm disc


DETAILS

Jarak Poros Roda: 1,450 mm

Jarak ke Tanah: 135 mm

Berat: 207 kg

Kapasitas Bensin: 17 liter


Teks: Indramawan

Foto: Kawasaki Motor Indonesia

bottom of page