• Editor

Keeway Lowrider Garapan Spawn Garage Ini Pesanan Prabowo, Anggota TNI

Customer tak ingin rangka asli diubah, sehingga diputuskan membangun motor ini dari nol!

Andi Tenggara, owner Spawn Garage Surabaya bersama Keeway Lowrider pesanan Prabowo di MOTOR-EX 2022, hasil kerjasama Adi Pro Indonesia dan OTOPLUS-ONLINE 26-27 Maret 2022 lalu di Tunjungan Convention Center, Tunjungan Plaza Surabaya


OTOPLUS-ONLINE I Benelli Keeway adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang pengin membesut motor custom ala Harley-Davidson dengan tanpa merogoh kocek terlalu dalam.


Seperti yang dilakukan salah seorang anggota TNI bernama Prabowo ini. Ia datang ke bengkel Spawn Garage dengan mengendarai Benelli Keeway 250cc yang baru keluar dari dealer. Malah belum keluar plat nomornya lagi.

Tampilan asli Keeway V250 FI


Sebagai informasi, Keeway sejatinya adalah merek Hungaria yang sejak tahun 2020 lalu beroperasional dan memasarkan produknya di Indonesia di bawah bendera PT. Benelli Motor Indonesia.


Baca juga: Spawn Garage Perkenalkan Bosozoku Style ala Geng Motor Jepang


Singkat cerita, Prabowo yang bukan Menteri Pertahanan alias Menhan itu pengin motornya dirombak menyerupai Harley custom.

Mesin V250cc jadi modal yang tepat untuk mendapat tongkrongan ala Harley custom


"Karena Benelli Keeway 250cc ini sudah mengusung mesin konfigurasi V dari pabriknya, maka ia ingin mengubah total motornya supaya tampak lebih garang sekaligus elegan menyerupai low rider keluaran pabrikan Amerika tersebut," buka Andi Tenggara, selaku owner Spawn Garage Surabaya.


Baca juga: Spawn Garage Tampilkan Sportster Iron 883 dalam Gaya Chicano Retropolis yang Mewah


Dilanjutkan oleh Andi, konsep motor yang diinginkan ini sebenarnya sudah sangat umum. "Karena itu kami tidak meniru modelnya 100% dari pabrikan tersebut. Sebab kami juga harus menyesuaikan dengan dimensi mesin motor Keeway," jelas Andi.


Apalagi customer tidak ingin rangka aslinya diubah. Dari sini akhirnya tim memutuskan membangun motor ini dari nol!

Monosok Ninja disembunyikan demi kejar tampilan ala Harley hardtail (rigid).


Diawali dengan membuat ulang desain motor agar tidak sama persis dengan contoh gambar yang diinginkan customer. "Di bagian rangka, kami mulai membuat base frame sampai swingarm," tunjuk Andi.


Baca juga: Satria Dimodifikasi Jadi Chopper, dan Dicat Pakai Taibantenk


Diakuinya, bagian paling sulit adalah pembuatan sasis ini. "Itu karena kami bikin semua dari awal, lalu menentukan posisi swing arm belakang biar makin padat dan terkesan tidak banyak ruang terbuka," tutur Andi.

Fork Byson dikondom agar terlihat makin besar


Untuk bagian kaki-kaki, dipilih fork depan punya Yamaha Byson yang punya diameter besar. Itupun di-cover lagi supaya keliatan makin besar dan garang.


Sementara untuk shockbreaker belakang, dipasanglah monoshock milik Kawasaki Ninja pada bagian tengah yang tertutup oleh box samping. "Jadi sekilas dari samping motor ini kelihatan seperti rigid atau tanpa shockbreaker belakang," jelas Andi.

Semua cover body dibuat dari pelat galvanis 1,2mm


Pada bagian bodi, semua dibuat secara handmade dari bahan plat galvanis dengan ketebalan 1,2mm. Mulai dari tangki, cover fork depan dan lampu, cover samping, spakbor depan dan belakang.

Penambahan raiser setang untuk kejar riding position nyaman


Setelah jadi, menurut Andi performa motor sangat nyaman dikendarai dalam maupun luar kota. "Itu karena riding position cukup nyaman dengan posisi duduk dan stang yang proposional, dan tidak terlalu panjang," pungkasnya.


Data modifikasi:

Basis: Benelli Keeway 250cc Frame: handamade Cover body: handmade Fork depan: Yamaha Byson (custom) Shockbreaker belakang: Kawasaki Ninja (monoshock ) Pelek depan: 19/300 Pelek belakang: 17/500 Ban depan: Metzeler 19 100/90 Ban belakang: Pirelli Diablo 17 200/55 Tromol: custom dengan jari-jari padat Sistem pengereman: orisinal Stang: handmade Raiser: aftermarket Cover lampu depan: handmade Lampu depan: aftermarket (Daymaker) 5 inci Lampu belakang: 3 in 1 LED running light Lampu sein : running day light LED Sadel: handmade Handgrip: RSD

Spion: aftermarket (model teardrop) Filter udara: RSD Handgrip: original


Bengkel modifikasi: Spawn Garage

Website: www.spawngarage.com

Instagram: @spawn garage


Teks: Indramawan

Foto: Nugroho Sakri Yunarto