• Editor

Kelebihan dan Kekurangan Mazda 2 Sedan Setelah Kami Lakukan Test Drive

Di Surabaya Mazda 2 Sedan dipasarkan dengan harga Rp 345,5 Juta, sama persis dengan model hatchback-nya.

OTOPLUS-ONLINE I Aturan pemerintah untuk penetapan PKB berdasarkan emisi dengan dasar hukum Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pasal 206 Ayat 2 (a). PKB kini dihitung dari emisi yang dihasilkan bukan tipe mobil.


Hal itu berdampak pada selain kian kompetitifnya harga mobil beremisi rendah, juga model-model sedan yang sebelumnya terkena besaran pajak yang kebangetan.


PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sekaligus distributor tunggal Mazda di Indonesia meluncurkan Mazda 2 Sedan pada 26 Juli 2022.


Baca juga: Mazda Perkenalkan New Mazda CX-8 dan New Mazda 2 Sedan


Di Surabaya Mazda 2 Sedan dipasarkan dengan harga Rp 345,5 Juta. Harganya sama persis dengan model hatchback-nya.


Setelah melakukan test drive singkat kami menyimpulkan beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Ini dia...


Kelebihan

Driver Oriented

Mobil terkoneksi dengan pengemudi


Mazda selalu menciptakan mobil yang terkoneksi dengan pengemudinya sesuai filosofi Mazda, Jinba-ittai. Begitu juga halnya dengan Mazda 2 Sedan.

Tuas rem tangan dibalut kulit


Seperti model hatchbacknya, jok pengemudi dibekali setelan manual 6 arah, setirnya berbalut kulit yang nyaman digenggam.


Setir itu dilengkapi kontrol audio, telefoni, bluetooth dan cruise control juga paddle shift untuk perpindahan gigi lebih instan dan sensasi mengemudi yang sporty. Semua terasa mengistimewakan driver.

Paddle shift untuk perpindahan gigi lebih instan


Untuk mengurangi distraksi pengemudi, Mazda membenamkan head up display yang dinamai Active Driving Display untuk menampilkan informasi penting berkendara dan Wireless Smartphone Integration yang dapat difungsikan untuk menjawab panggilan telepon tanpa harus memegang ponsel.


Driving mode

Mesin sama dengan versi hatchback-nya


Mesin yang dipakai sama dengan versi hatchbacknya. Unit SKYACTIV-G 4 silinder segaris DOHC 16 katup S-VT berkapasitas murni 1,496 cc.

Skyactiv G merupakan pengembangan dari Skyactiv


Mesin dengan perbandingan kompresi 13:1 ini diklaim aman mengonsumsi bensin tanpa timbal beroktan 90. Tenaganya menyentuh 111 ps atau 109,5 dk/6.000 rpm sementara torsinya 144 Nm/4.000 rpm.

Kompresi 13:1 tapi masih memungkinkan mengonsumsi bensin beroktan 90


Kekuatan mesin itu diteruskan ke roda melalui transmisi torque converter (TC) 6 percepatan. Tidak seperti Toyota Vios dan Honda City Sedan yang mengandalkan CVT.

Transmisi otomatis torque converter 6 percepatan


Mazda berprinsip kalau transmisi TC masih dapat dikembangkan sehingga lebih halus dan efisien seperti CVT dengan mempertahankan durabilitas transmisi tipe torque converter.


Baca juga: Test Drive New Mazda CX-5: Pilihan Lebih Baik dari Honda CR-V?


Saat sesi pengetesan, kami merasakan perpindahan giginya terasa sangat halus, kami bahkan merasakan karakternya sudah seperti CVT tapi lebih responsif khas transmisi TC.


Perbandingan giginya tergolong rapat, 3,529 (1), 2,025 (2), 1,345 (3), 1.000 (4), 0,742 (5) dan 0,594 (6). Sementara gigi mundurnya 2,994 dengan final gear ratio 4,319.

Dibekali driving mode


Kelebihannya Mazda 2 Sedan dilengkapi dengan Driving Mode Sport untuk sensasi berkendara lebih agresif.


Ketika OTOPLUS ONLINE mengaktifkannya, karakter mesin dan kemudi secara instan berubah jadi lebih sigap. Perpindahan gigi yang pada mode normal berlangsung di 2.000 rpm bergeser di 3.500-4.000-an rpm. Respon roda depan pada gerakan kemudi juga terasa lebih responsif.


Bagasi Lebih Besar

Ban serep model space saver untuk menghemat ruang bagasi


Dengan dimensi yang melar jadi 4.340 mm dari 4.065 mm (versi hatchbacknya) otomatis Mazda 2 Sedan punya kapasitas bagasi lebih besar.


Baca juga: New Mazda CX-3 Sport 1.5L, Varian Baru Penantang Honda HR-V


Tepatnya 440 liter, bandingkan dengan versi hatchback yang hanya 280 liter. Volume bagasi juga bisa ditambah dengan melipat sandaran jok belakang yang bisa dilipat dengan komposisi 60:40.


Fitur Keselamatan

Fitur i-stop dan traction control dapat dinon-aktifkan dari sini


Urusan keselamatan, Mazda membekali 2 Sedan dengan sistem keselamatan pasif. Utamanya pada struktur unibody construction SKYACTIV body.

Takometer mendominasi tampilan instrumen meter, wireless charger jadi standar, dan kontrol AC lengkap


Ditambah lagi dengan 6 airbag masing-masing 2 di depan, 2 di samping dan 2 di bingkai pintu. High mount stop lamp, side impact door beams, collapsible steering shaft, injury-minimizing brake pedal, neck injury mitigation front seats.

Sudah dilengkapi dengan cruise control, santai di perjalanan panjang melewati tol


Untuk keamanan aktif ada Anti-lock Brake System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Ada juga Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS) dan Hill Launch Assist (HLA).

Kunci sudah dilengkapi dengan tombol pembuka bagasi, dan wipernya punya fitur rain sensor


Lalu ada juga rear parking sensors (Corner & Center) dan back-up monitor (with static line). Masih ditambah lagi dengan sistem keamanan i-Activsense yakni Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).


Kekurangan

Legroom Belakang

Tarik kenop ini untuk merebahkan sandaran kursi belakang


Meski lebih panjang 275 mm dibandingkan versi hatchback tak lantas Mazda 2 Sedan punya kabin lebih lega pasalnya jarak sumbu rodanya sama saja dengan model hatchbacknya yakni 2.570 mm.

Desain pelek ukuran 16 x 5,5 kurang atraktif bannya berukuran 185/60-16


Imbasnya ruang kaki buat penumpang belakang tidak selega Toyota Vios apalagi Honda City Sedan. Untungnya rasa duduk di bangku belakang cukup nyaman meski ruang kepala terasa terbatas untuk mereka yang berpostur 170 cm ke atas.


Infotainment Display Kurang Besar

Layar floating 7 inci


Fitur yang disodorkan head unitnya termasuk lengkap, dibekali 6 spiker perangkat ini sudah punya fitur wireless AppleCarplay namun untuk Android Auto masih harus pakai kabel.


Kontrolnya dapat dilakukan melalui layar sentuh dan rotary controller atau tombol short cut di konsol tengah.

Selain layar sentuh, kontrol infotainment display bisa menggunakan rotate controller


Kekurangannya, ukuran layar yang 7 inci terasa kekecilan, seharusnya dengan fitur yang cukup banyak akan ideal kalau Mazda membekali 2 Sedan dengan layar berukuran 9 inci.


Cat Special Color

Mazda 2 Sedan hadir dengan 5 pilihan warna


Mazda 2 Sedan hadir dengan 5 pilihan warna, Soul Red Crystal Metallic, Machine Grey Metallic, Jet Black Mica, Snowflake White Pearl Mica dan warna baru yang dinamai Platinum Quartz Metallic.


Tapi untuk mendapatkan Mazda 2 Sedan berwarna Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic kalian harus menyiapkan tambahan anggaran sebesar Rp 4 juta.


Baca juga: The All-New Mazda3 Meluncur Di Surabaya Dalam 2 Model


Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah seandainya terjadi insiden kecelakaan yang membuat cat tergores atau lainnya, tidak semua bengkel cat punya kualifikasi melakukan perbaikan cat warna merah candy tersebut.


Pilih atau pastikan perusahaan asuransi yang menangani menyerahkan kepada bengkel cat yang direkomendasi oleh dealer Mazda langganan kalian.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto