• Editor

Kenali Ciri-Ciri Aki Motor Perlu Diganti


  • Baterei atau aki punya peran vital di motor injeksi.

Motor-motor terbaru sekarang dibekali dengan fitur-fitur kekinian yang banyak mengandalkan aki sebagai sumber daya listrik untuk mendukung fungsinya. "Di motor tipe injeksi fungsi aki atau baterei sangat vital karena perangkat injeksi membutuhkan tenaga listrik DC dari baterei,” kata Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim.


Selain itu ada juga perangkat lain yang butuh pasokan listrik stabil seperti instrument meter LCD juga sistem immobilizer. Makin vital lantaran motor-motor sekarang sudah banyak yang tidak dibekali kick starter, jika aki drop akan mustahil untuk menghidupkan mesin.

  • Tanpa kick starter, kondisi aki harus selalu prima.

Tidak ada patokan berapa lama usia pakai aki motor. “Tahun pertama performa baterai biasanya masih prima, di atas 2 tahun performanya akan mulai menurun,” jelas Ilham.


Motor yang jarang dipakai, seperti selama masa pandemi Covid-19 ini juga berpotensi menyebabkan kondisi aki drop karena sirkulasi arus tidak normal seperti halnya bila motor dipakai sehari-hari. “Sebaiknya motor digunakan atau dinyalakan 2-3 hari sekali agar baterei bisa tercharging,” imbuh Ilham.


Namun sebagai acuan, normalnya usia pakai aki motor berkisar 2-3 tahun. Untuk aki motor tipe kering dan sealed MF biasanya lebih awet karena bebas perawatan sementara untuk aki tipe basah konvensional, sangat bergantung pada perawatan rutin yakni pengecekan untuk menjaga larutan air aki selalu pada batas normal. Umumnya sih aki di motor-motor keluaran terakhir menggunakan aki tipe sealed MF.


Kenali Ciri Aki Motor Waktunya Diganti

Lalu bagaimana ciri aki motor yang sudah waktunya diganti? Paling mudah dapat dikenali dari suara klakson yang tak lagi nyaring. Selain itu untuk motor yang instrument meternya tipe LCD, layar tampak redup atau berkedip. Jika sampai mesin tak lagi dapat dihidupkan menggunakan starter elektrik, itu petunjuk kalau aki sudah kehabisan daya.

  • Apabila layar instrumen meter tampak redup atau berkedip, itu tanda aki mulai drop.

Untuk memastikan ukur tegangan aki menggunakan avometer, pastikan tegangan standar ada pada 12,4 volt. Jika tegangan aki di bawah 12,4 volt artinya aki drop. Sebagai tindakan awal bawa ke bengkel stroom aki untuk coba mengisi ulang dayanya. Apabila sudah dilakukan pengisian ulang tetapi tegangan masih di bawah 12,4 volt itu artinya aki sudah harus diganti.


Ganti Aki Motor Sendiri

  • Bagi pemilik motor Yamaha, bisa memanfaatkan layanan Servis Kunjung Yamaha (SKY), jika tak ingin repot ganti aki di tempat, tanpa harus repot ke bengkel resmi.

Terkesan ribet, nyatanya mengganti aki motor itu mudah. Seperti yang dicontohkan tim servis PT Surya PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha Jatim) pada unit Yamaha Mio S. Pertama-tama siapkan dulu aki baru. Aki motor Yamaha kini bisa dibeli secara online di official store Yamaha Parts Tokopedia dan Blibli.com atau memanfaatkan layanan Servis Kunjung Yamaha (SKY).


“Tinggal menghubungi nomor 0822-8777-7898, tim kami akan langsung datang serta mengecek kondisi motor dan melakukan servis di tempat,” ungkap Ilham.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, STSJ

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.