• Editor

Kenapa Vapor Blasting Lebih Cocok Dipakai Untuk Membersihkan Mesin?


Kesalahan dalam pemilihan teknik blasting justru akan merusak permukaan material berbahan logam lunak seperti ini

Kita sudah banyak mengenal istilah Sand Blasting sebagai teknik untuk menghilangkan karat, cat, atau oli yang menempel pada logam atau metal, melalui proses penyemprotan material abrasif (biasanya berupa pasir silika) bertekanan tinggi. Namun demikian menurut Wawan Zulkarnain atau lebih akrab disapa Cak Jo dari CJ Coating, teknik Sand Blasting ini kurang cocok digunakan pada komponen otomotif yang berbahan logam 'lunak'.

Wawan Zulkarnain atau Cak Jo dari CJ Coating lebih menyarankan Vapor Blasting untuk logam lunak

"Sebab proses pembersihan dengan cara menembakkan partikel (pasir kwarsa) ke suatu permukaan material ini menimbulkan gesekan atau tumbukan, sehingga permukaan material tersebut akan ikut tergerus. Oleh karena itu, kami tidak merekomendasikan teknik Sand Blasting ini pada komponen otomotif yang lebih 'lunak', seperti kepala silinder blok atau crankcase," buka Cak Jo sambil menambahkan, sandblasting lebih cocok digunakan pada material metal atau besi yang tebal dan keras seperti tiang-tiang pancang, rangka dan bodi kapal laut, dan lain-lain.


Sebaliknya, untuk membersihkan atau mengembalikan komponen otomotif berbahan metal atau besi 'lunak' seperti kondisi awalnya, Cak Jo menyarankan untuk menggunakan teknik Vapor Blasting.


"Sebab Vapor Blasting ini melibatkan media cairan yang mengangkut bahan abrasif sehingga tidak terlalu korosif karena aksi pembilasan dilakukan oleh air," jelas Cak Jo.


Bahkan menurut Cak Jo Vapor Blasting ini juga ramah lho terhadap komponen plastik atau karet.


"Selain itu, Vapor Blasting ini lebih disukai karena tidak menghasilkan debu yang bisa mengontaminasi permukaan."


Untuk lebih mudahnya, Cak Jo mengilustrasikan pemakaian kertas gosok kasar dan halus. "Sand Blasting bisa diibaratkan seperti kertas gosok kasar, sementara Vapor Blasting bisa diibaratkan seperti kertas gosok halus. Kita harus tahu pemakaiannya, agar hasilnya maksimal, tidak malah merusak," kata Cak Jo yang mengaku saat ini banyak order terima orderan restorasi mesin motor lawas.


Namun demikian, Cak Jo menyarankan untuk konsultasi dulu sebelum menerapkan teknik blasting. "Sebab masing-masing teknik blasting ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kita harus lihat dulu material apa yang akan dikerjakan," wanti Cak Jo yang bisa dihubungi di alamat berikut ini.


CJ Coating

Jl. Ngelom Megare No. 617, Sepanjang, Taman - Sidoarjo,

Jawa Timur 61257 HP: 0857 3290 0888


Naskah & Foto: Indramawan








S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online