• Editor

Kia Sonet 7, Compact SUV Korea Tujuh Penumpang Ini Dipasarkan Rp 200 Jutaan

Ada enam pilihan warna, Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold, dengan empat pilihan varian.

OTOPLUS-ONLINE I Varian terbaru compact SUV Kia yang diperkenalkan 8 April 2021 ini melengkapi varian Kia Sonet berkapasitas lima penumpang yang telah ada sebelumnya. Indonesia menjadi negara pertama yang mendapatkan kesempatan untuk memasarkannya.


“Permintaan konsumen terhadap mobil keluarga tujuh penumpang di Indonesia besar sehingga sangat tepat jika compact SUV ini melakukan debut dunianya di Indonesia,” ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha.

Tidak ada perbedaan dimensi panjang dengan varian 5-seater


Tidak ada perbedaan pada spesifikasi dimensi eksterior. Panjang, lebar, tinggi juga jarak sumbu roda dan jarak pijak roda sama. Perbedaan murni pada penambahan jok baris ketiga yang menambah keleluasaan konsumen dan mengakomodir kebutuhan konsumen Tanah Air.

Jok baris kedua bisa dilipat dengan komposisi 60:40 untuk memudahkan akses penumpang baris ketiga


Kursi baris ketiga didesain dapat menampung dua orang, kursi baris keduanya kini dapat dimaju-mundurkan untuk menambah ruang kaki penumpang di baris ketiga.

Tetap sodorkan ruang barang yang lega ketika bangku baris kedua dan ketiga dilipat rata lantai


Saat tidak digunakan, kursi baris ketiga dapat dilipat hingga menyuguhkan ruang bagasi yang rata untuk menyimpan barang.

Jok baris ketiga dapat dilipat bila tidak digunakan


Selain dapat dimaju-mundurkan, kursi baris kedua terbagi dengan komposisi 60:40 yang dapat dengan mudah dilipat ke depan untuk memberikan akses penumpang masuk ke baris ketiga.


Selain itu sandaran kursi baris kedua kini juga dapat diatur tingkat kemiringan sehingga menawarkan kenyamanan dalam berkendara.


Tak hanya itu, dengan melipat sandaran kursi baris kedua dan ketiga, ruang penyimpanan yang disuguhkan semakin lega.

Lubang ventilasi yang tidak dijumpai di varian 5-seater


Kia Sonet 7 mendapatkan tambahan fitur berupa penambahan ventilasi penyejuk udara (AC) pada ceiling kabin tengah untuk memberikan kesejukan merata hingga baris ketiga melengkapi fitur-fitur lain yang telah tersemat di varian 5 seater.


Seperti jok depan berventilasi, Remote Engine Start, Wireless Smartphone Charger, dan Tire Pressure Monitor System.


Khusus varian Premiere yang merupakan tipe tertinggi telah dibekali head unit LCD touch screen 10,25 inci, yang mampu terkoneksi dengan ponsel melalui multiple Bluetooth connection, Android Auto, Apple CarPlay, USB & AUX termasuk kemampuan beroperasi via voice recognition. Yang menarik salah satu fitur di dalamnya adalah kehadiran Qibla Direction untuk menunjukkan arah kiblat.

Fitur-fiturnya identik dengan versi 5 penumpangnya


Mesin yang digunakan juga sama, tipe Gamma II Smartstream Engine 4 silinder 1.493cc ini menghasilkan tenaga puncak 115 PS dan torsi maksimal 144 Nm dengan Drive Mode.


Pilihan transmisinya manual 6 percepatan atau CVT yang oleh iVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8-speed virtual gear.


Kia Sonet 7 Seater ini dilengkapi fitur keselamatan berupa 6 airbag, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Electronic Stability Control (ESC), Traction Control, Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal. Selain itu, masih ada rear camera dengan dynamic parking guide.


Sama dengan varian Kia Sonet sebelumnya, Kia Sonet 7 Seater yang dikawal garansi 7 tahun atau 200.000 km ini punya enam pilihan warna, Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold dengan empat pilihan varian.


Berikut daftar harga Kia Sonet 7 Seater (OTR Jakarta)

  • Kia Sonet Premiere 7 iVT; Rp 296.000.000

  • Kia Sonet Dynamic 7 iVT; Rp 272.000.000

  • Kia Sonet Smart 7 iVT; Rp 258.500.000

  • Kia Sonet Smart 7 MT: Rp 245.500.000

  • Kia Sonet Standard 7 MT: Rp 199.500.000


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Kia